Pasang Iklan di Instagram? Begini Cara Cek Evaluasinya

loader

KOMPAS.com - Saat ini media sosial sudah jadi bagian penting dalam menerapkan strategi pemasaran bisnis. Langkah yang lebih mudah, budget terjangkau dan jangkauan yang luas menjadi pilihan banyak pelaku bisnis untuk pasang iklan di media sosial.

Dari sekian banyak, salah satu media sosial yang cukup populer untuk memasang iklan adalah Instagram. Di tahun 2015, Instagram membuka slot iklan untuk hampir bisnis dengan fitur iklan.

Pengelolaan iklan Instagram sendiri bisa dilakukan melalui laman Facebook ads manager. Dengan begitu pengiklan dapat lebih mudah mengakses berbagai opsi penargetan. Termasuk memungkinkan untuk membuat iklan yang sama di dua platform tersebut secara bersamaan.

Di balik kemudahan yang ada, nyatanya masih banyak pelaku usaha yang belum paham bagaimana caranya mengevaluasi iklan yang tayang di Instagram. Padahal, kampanye media sosial yang dilakukan harus selalu dipantau. Hal ini agar tujuan yang sudah ditargetkan dapat tercapai sesuai rencana.

Untuk itu, Anda perlu mempelajari cara mengevaluasi iklan di Instagram agar bisa melakukan tindakan yang tepat. Simak cara mengevaluasi iklan yang tayang di Instagram seperti dilansir Cermati.com berikut ini:

1. Buat Iklan di Halaman FB Ads Manager

Sebelum melakukan evaluasi iklan Instagram, pastikan untuk membuat iklannya lebih dulu.

Untuk memasang iklan di Instagram, Anda akan diarahkan untuk masuk ke halaman FB Ads Manager. Ini merupakan halaman yang secara khusus digunakan untuk mengelola iklan, baik di Facebook maupun Instagram, sehingga Anda tak hanya bisa mengelola iklan di Facebook saja tapi juga di platform Instagram.

Cara ini akan makin memudahkan dalam mengelola iklan promosi di dua platform berbeda sekaligus. Jadi ketika menayangkan iklan promosi di Facebook, maka Anda bisa dengan mudah menayangkan iklan serupa di Instagram dalam satu waktu.

Adapun caranya yaitu buka halaman FB Ads Manager, masuk ke akun Facebook bisnis Anda, masuk ke halaman “Fanpage”, temukan tab “AdCenter” yang ada pada bagian atas di halaman tersebut, klik tab tersebut untuk masuk, dan kemudian lanjut dengan membuat postingan iklan yang sebelumnya sudah dibuat sesuai dengan target market.

2. Tentukan Tujuan Iklan

Setelah membuat kampanye pemasaran yang baru melalui halaman FB Ads Manager, selanjutnya perlu menentukan tujuan pemasangan iklan, misalnya seperti, meningkatkan awareness, meningkatkan interaksi dengan audiens, meningkatkan jangkauan audiens agar iklan semakin banyak dilihat, dan meningkatkan trafik menuju situs web bisnis, serta lain sebagainya.

Dengan tujuan yang jelas, maka Anda akan bisa lebih mudah menerapkan strategi marketing yang tepat untuk mencapai tujuan tersebut. Untuk itu, sebelum mulai memasang iklan di Instagram, maka penting untuk mengetahui apa tujuan utamanya terlebih dahulu.

3. Berikan Nama untuk Kampanye Iklan yang Dibuat

Jangan lupa berikan nama pada campaign/kampanye iklan yang telah diselenggarakan. Hal ini agar bisa lebih mudah memantau atau mengevaluasi hasil pemasangan iklan yang telah dilakukan sebelumnya.

Baca juga: Jualan laris - manis pakai 5 tips sukses promosi lewat Instagram Ini 

4. Lakukan Analisis Iklan

Selanjutnya lakukan analisis pada setiap iklan yang sudah selesai diterbitkan. Hal ini dilakukan agar bisnis Anda dapat memberikan hasil yang memuaskan.

Ada beberapa pertanyaan yang perlu dilakukan sebagai bagian dari analisis, di antaranya seperti; Apakah iklan promosi yang sudah dibuat berhasil mencapai target atau tujuan yang telah ditetapkan?

Apakah budget iklan yang telah dialokasikan mampu menghasilkan tingkat konversi dan juga transaksi yang lebih besar daripada biaya iklan yang sudah dikeluarkan sebelumnya? Apakah pemasangan iklan di Instagram sudah berhasil menjangkau target pasar yang dibidik?

Apakah terjadi interaksi pada iklan yang sudah dibuat? Serta bagaimana tanggapan dari audiens terkait iklan tersebut?

Dari pertanyaan-pertanyaan tersebut, nantinya akan diperoleh kesimpulan yang bisa dijadikan sebagai bahan evaluasi. Apakah perlu perbaikan atau bagian mana saja yang ditingkatkan terkait pemasangan iklan di Instagram.