Asuransi Bayar Dimuka, Apa Saja Keuntungan dan Manfaatnya?

Melindungi diri dengan asuransi memang penting. Sebab, kamu tidak pernah tahu kapan musibah atau bencana akan terjadi dan membutuhkan dana yang tidak sedikit untuk menormalkan keadaan. 

Untuk itu, perusahaan menyediakan berbagai pilihan pembayaran asuransi untuk menyesuaikan kebutuhan penggunanya. Salah satunya adalah deferred charge atau asuransi bayar dimuka. 

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Jenis Perlindungan
Pilih Jenis Kelamin
Pilih Tanggal Lahir
Pilih Bulan Lahir
Pilih Tahun Lahir
Pilih Tipe Asuransi

Sekilas Mengenai Asuransi Dibayar Dimuka

loader

Asuransi dibayar dimuka merupakan pembayaran premi asuransi sebelum jatuh tempo. Pembayaran dimuka ini kerap dipakai oleh perusahaan, tapi belakangan juga diterapkan kepada pemilik asuransi perorangan. 

Pada asuransi bayar dimuka, pembayaran premi dapat dibayarkan sekaligus atau separuhnya dulu. Namun, sama seperti pembayaran asuransi lainnya, manfaat asuransi dapat digunakan ketika tertanggung mengalami risiko tertentu yang dapat ditanggung oleh perusahaan. 

Dalam penerapannya, asuransi dibayar dimuka dilakukan dengan dua metode, yaitu pendekatan neraca dan laba rugi. Pendekatan neraca fokus pada pencatatan premi asuransi sebagai aset. 

Pendekatan neraca mengasumsikan bahwa premi asuransi yang dibayarkan dimuka dapat mewakili manfaat ekonomi masa depan yang akan diterima tertanggung. Pendekatan neraca pada asuransi bayar dimuka dapat memberikan gambaran lebih jelas tentang nilai aset perusahaan atau perorangan. 

Sementara itu, pendekatan laba rugi melihat asuransi bayar dimuka sebagai beban pada saat pembayaran. Asumi yang dijalankan adalah bahwa manfaat ekonomi dari premi asuransi telah diterima tertanggung. 

Pendekatan laba rugi lebih mudah diterapkan dan memberikan gambaran yang lebih jelas tentang laba dan rugi. Namun, tidak memberikan gambaran yang jelas tentang nilai aset dan pola konsumsi manfaat asuransi yang sebenarnya. 

Manfaat Asuransi Bayar Dimuka 

Belum banyak yang mengetahui tentang manfaat yang bisa didapatkan ketika memilih asuransi dengan pembayaran dimuka. Dengan asuransi bayar dimuka, kamu lebih mudah mengatur kondisi keuangan, biaya asuransi lebih “murah”, dan terjaminnya perlindungan dari risiko.

Lantas, bagaimana penjelasan selanjutnya? Berikut ulasan manfaat asuransi bayar dimuka yang bisa dijadikan pertimbangan dalam memilih model pembayaran. 

  1. Kondisi Keuangan Lebih Aman

    Alasan kebanyakan perusahaan menggunakan asuransi bayar dimuka adalah demi kemudahan perhitungan akuntansi, khususnya saat menyusun neraca keuangan. Asuransi bayar dimuka dapat dihitung sebagai pengeluaran sehingga perusahaan dapat mengetahui keuntungan dan perusahaan untuk melihat apakah sudah seimbang.

    Sementara itu, pada perorangan, asuransi bayar dimuka membantu dalam perencanaan keuangan jangka panjang. Dengan membayar asuransi dimuka, keuangan kamu akan lebih stabil. 

    Ditambah lagi, dengan membayar dimuka, kamu tidak perlu khawatir lupa membayar premi dan terlambat membayar. Namun, sebaiknya sesuaikan dengan kondisi keuangan jika ingin menggunakan asuransi yang bayar dimuka karena lebih membutuhkan dana yang lebih besar. 

    Selain itu, dengan asuransi bayar dimuka, kamu akan lebih mudah mengetahui total biaya yang harus dikeluarkan untuk premi asuransi selama periode polis. Jadi, kamu termotivasi untuk menggunakan uang dengan lebih bijaksana dan teratur. 

  2. Lebih “Murah”

    Selain membantu menyeimbangkan kondisi keuangan, asuransi bayar dimuka juga memberikan manfaat lain kepada pemiliknya. Beberapa perusahaan asuransi menawarkan diskon premi bagi nasabah yang mau membayar dimuka, misalnya dengan memberikan potongan antara 5 hingga 10 persen. 

    Asuransi bayar dimuka juga membantu kamu terhindar dari biaya tambahan, seperti administrasi atau bunga yang masih dikenakan pada metode pembayaran asuransi lainnya. Kamu juga terhindar dari risiko kenaikan premi di masa depan.

    Selain itu, jika memilih asuransi bayar dimuka, risiko terkena denda karena telat membayar dapat dihindari. Untuk diketahui, besaran denda dari telat membayar asuransi adalah 2,5 persen dari total tunggakan. 

  3. Perlindungan Lebih Pasti

    Asuransi yang dibayar dimuka juga disebut memberikan perlindungan yang lebih baik. Hal ini karena tertanggung sudah memiliki simpanan dana sehingga ketika terjadi risiko, tidak perlu mengganggu kondisi keuangan. 

    Selain itu, asuransi bayar dimuka juga memberikan kepastian bahwa polis kamu aktif selama periode yang berlaku. Jadi, terjadi masalah keuangan, kamu bisa menggunakannya jika terjadi hal yang tidak terduga. 

    Oleh karena itu, jika memiliki dana yang cukup, sangat disarankan untuk mengambil model asuransi bayar dimuka. Sebab, asuransi bayar dimuka sama halnya dana darurat yang dapat digunakan ketika sangat diperlukan. 

Asuransi Bayar Dimuka: Bermanfaat Jika Dikelola dengan Tepat

loader

Itulah tiga manfaat dari asuransi bayar dimuka yang perlu diketahui. Kamu dapat mempertimbangkan manfaatnya sebelum menentukan model pembayaran asuransi yang sesuai dengan kondisi keuangan. 

Asuransi bayar dimuka dapat memberikan manfaat jika ingin mengelola uang dengan lebih mudah. Namun, perlu pertimbangan yang matang, termasuk melihat kekurangannya, sebelum memilih model asuransi bayar dimuka. 

Untuk itu, tanyakan informasi tentang asuransi bayar dimuka kepada perusahaan yang kamu pilih. Cari tahu juga soal keuntungan yang diberikan perusahaan jika kamu memilih asuransi bayar dimuka, seperti potongan harga atau promo lainnya.