Daftar 20 Film Psikopat Terbaik, Mana Saja yang Paling Menegangkan?

Psikopat merupakan salah satu tema film yang tidak kalah banyak memiliki penikmatnya dan mencuri perhatian para penonton layar lebar. Pasalnya, film psikopat biasanya kebanyakan bakal menghadirkan cerita serta juga adegan yang menegangkan dan menakutkan sehingga bisa membuat penonton penasaran dengan alurnya hingga tamat.

Selain itu, film yang mengusung tema psikopat biasanya erat hubungannya dengan cerita berisikan tentang pembunuhan serta menampilkan tokoh-tokoh yang kejam dan sadis. Kendati demikian, ketegangan cerita dalam film psikopat biasanya akan jauh berbeda dengan genre horor.

Buat kalian yang penasaran apa saja film psikopat terbaik yang pernah ditayangkan, berikut ini adalah daftarnya yang telah dirangkum dari berbagai macam sumber berdasarkan tahun rilisnya;

Beli Voucher Streaming dengan Mudah Hanya di Cermati!

Beli Voucher Streaming di Sini!  

1. Se7en (1995)

loader

Se7en via facts.net

Film psikopat terbaik pertama datang dari judul Se7en yang dibintangi oleh aktor papan atas, yakni Brad Pitt, Morgan Freeman, Gwyneth Paltrow, dan John C. McGinley. Film ini mengisahkan dua orang detektif, William Somerset dan David Mills yang berusaha memburu seorang pembunuhan berantai berdasarkan tujuh dosa mematikan yang dilakukan dalam berbagai aksi.

2. Dahmer (2002)

loader

Dahmer 2002 via youtube.com

Dahmer merupakan sebuah film drama yang mengangkat tema psikopat dengan mengangkat kisah kejahatan dari seorang pembunuh berantai bernama Jeffrey Dahmer yang diperankan oleh Jeremy Renner. Ia diketahui membunuh 17 orang pria dan anak laki-laki yang diubahnya menjadi mainan seks di Bath, Ohio dan Milwaukee, Wisconsin antara 1978 dan 1991.

3. Memories of Murder (2003)

loader

Memories of Murder via criterion.com

Disutradarai oleh Bong Joon Ho, Memories of Murder menyuguhkan aksi dua orang detektif, yakni Park Doo Man (Song Kang Ho) dan Seo Tae Yoon (Kim Sang Kyung) yang memimpin penyelidikan serangkaian kasus pemerkosaan dan pembunuhan yang terjadi di Hwaseong pada akhir 1980 an. Karya layar lebar asal Korea Selatan ini merupakan film psikopat yang wajib menjadi rekomendasi tontonan kalian.

4. Voice of the Murderer (2007)

loader

Voice of the Murderer via viu.com

Satu lagi film psikopat dari Korea Selatan, yakni berjudul Voice of the Murderer yang diambil dari kisah nyata kasus penculikan seorang anak berusia 9 tahun yang terjadi pada 1991 silam. Korban penculikan tersebut adalah putra dari pembawa berita terkenal, Han Kyung Bae yang hilang tanpa jejak dan kemudian ditelepon oleh seorang tak dikenal yang ingin meminta 100 ribu dollar sebagai tebusan ganti nyawa anaknya.

5. The Chaser (2008)

loader

The Chaser via rottentomatoes.com

Film psikopat terbaik selanjutnya masih dari Korea Selatan yang disutradarai oleh Na Hong Jin dalam debut pertamanya. The Chaser mengangkat cerita nyata terkait kasus pembunuhan berantai para PSK yang dilakukan oleh Yoo Young Chul dengan nama peran Ji Young Min dalam film ini melalui mucikari yang merupakan seorang mantan detektif.

Baca Juga: Daftar Film Religi Indonesia yang Sangat Menginspirasi

6. Orphan (2009)

loader

Orphan via hollywoodreporter.com

Cerita pada Orphan berpusat pada satu pasangan yang memutuskan untuk mengadopsi anak setelah kematian bayi mereka yang belum lahir. Suami dan istri tersebut akhirnya mengadopsi seorang gadis psikopat berdarah Rusia yang berusia 9 tahun dari sebuah panti asuhan bernama Esther.

Sejak Esther diadopsi dan tinggal bersama pasangan suami istri tersebut banyak terjadi hal-hal aneh serta juga mengerikan. Dari itu, sang istri, yakni Kate merasa kalau perilaku Esther tidaklah biasa, namun perasaannya itu dibantah oleh sang suami yang hanya menilai kalau dirinya terkena paranoid semata.

7. Friday the 13th (2009)

loader

Friday the 13th via leavittheatre.com

Rekomendasi film psikopat selanjutnya yang mungkin jangan sampai kamu lewatkan adalah Friday the 13th yang mengisahkan tentang pembunuhan misterius dengan topeng dan parang yang dialami oleh sekelompok remaja. Peristiwa tersebut terjadi ketika mereka tengah melakukan kegiatan kemah di kawasan Camp Crystal Lake. 

8. We Need to Talk About Kevin (2011)

loader

We Need to Talk About Kevin via moma.org

Diadaptasi dari novel karya Lionel Shriver, We Need to Talk About Kevin merupakan film yang mengisahkan tentang seorang ibu bernama Eva Khatchadourian yang harus berjuang untuk menerima kehadiran putranya bernama Kevin yang psikopat dan kerap melakukan hal-hal yang berbahaya serta mengerikan.

9. Children (2011)

loader

Children via kotomono.co

Film psikopat berikutnya dari Korea Selatan yang digarap berdasarkan kisah nyata kasus hilangnya sejumlah anak yang terjadi pada 1991. Cerita berawal pada 26 Maret 1991 ketika diadakan pemilihan kepala daerah dan hari libur sekolah, kemudian kelima anak laki-laki berangkat ke gunung terdekat dan tidak pernah kembali.

Dikarenakan anak-anaknya hilang, para orang tua mereka pun berusaha meminta kepolisian untuk menyelidikinya. Kendati demikian, saat itu pihak berwenang lebih peduli untuk mengamankan jalannya pemilu.

10. Maniac  (2012)

loader

Maniac via imdb.com

Maniac merupakan film remake 1980 dengan judul sama yang bertemakan psikopat dan mengeksploitasi kekerasan dari seorang pembunuh berantai yang brutal. Cerita ini mengikuti Frank Zito yang mana adalah seorang pemuda penderita skizofrenia yang mengambil alih bisnis restorasi manekin milik keluarganya setelah sang ibunda meninggal.

Frank rupanya memiliki trauma saat kecil oleh ibunya yang merupakan seorang pelacur, dimana ia disuruh untuk menonton hubungan seks ibunya dengan lelaki hidung belang. Saat dewasa, Frank berubah menjadi pembunuh dan menguliti wanita serta menempelkan rambutnya di bonekanya guna menciptakan kembali kenangan masa kecilnya yang bahagia.

Baca Juga: Rekomendasi Film Animasi Terbaik yang Cocok Ditonton dengan Anak

11. Texas Chainsaw 3D (2013)

loader

Texas Chainsaw 3D via bloody-disgusting.com

Film yang merupakan bagian ketujuh dari serial The Texas Chainsaw Massacre ini mengisahkan tentang seorang wanita bernama Heather yang melakukan perjalanan ke Texas untuk mengambil warisannya sambal mengajak teman-temannya. Setibanya di sana, siapa sangka kalau Heather berjumpa dengan pembunuh berantai yang menggunakan gergaji mesin untuk melakukan aksinya.

12. Nightcrawler (2014)

loader

Nightcrawler djatinangor.com

Nightcrawler merupakan film psikopat yang mengisahkan seorang pria bernama Louis ‘Lou’ Bloom yang mengaku sebagai jurnalis lepas dengan mendokumentasikan sejumlah kejadian kriminal dan mengerikan yang terjadi pada malam hari. Kendati demikian, semakin berjalannya waktu, Lou yang semakin sukses mulai mengaburkan batas antara jurnalisme tidak etis dan permintaan konsumen.

13. Gone Girl (2014)

loader

Gone Girl via bahasa.newsbytesapp.com

Film bertemakan psikopat ini dibintangi oleh Ben Affleck, Rosamund Pike, Neil Patrick Harris dan Tyler Perry ini mengisahkan tentang Nick Dunne (Ben Affleck) yang menjadi tersangka utama atas hilangnya sang istri secara tiba-tiba. Gone Girl wajib menjadi rekomendasi tontonan kalian karena film ini mendapatkan ulasan positif serta menerima banyak nominasi penghargaan internasional.

14. The Classified File (2015)

loader

The Classified File via viki.com

Film psikopat dari Korea Selatan ini digarap berdasarkan kisah nyata tentang kasus penculikan selama 33 hari yang terjadi di Busan pada 1978 silam, yakni ketika seorang gadis bernama Eun Joo hilang tanpa jejak. Kemudian dua minggu setelahnya, polisi berasumsi kalau dia sudah meninggal, kendati demikian, ibu Eun Joo tidak percaya dan memutuskan untuk beralih ke seorang peramal terkenal, Kim Joon San.

15. Pet (2016)

loader

Pet via primevideo.com

Pet merupakan film psikopat yang mengisahkan tentang seorang pria bernama Seth yang bekerja di sebuah penampungan hewan dan terobsesi dengan seorang wanita bernama Holly. Suatu ketika, Seth yang ditolak terus menerus perasaannya membangun kandang baja di bawah tanah tempatnya bekerja untuk menahan Holly dan melakukan aksi kejamnya.

Baca Juga: 12 Daftar Film Drama Indonesia Terbaik, Siap-siap Baper!

16. Hush (2016)

loader

Hush via tvinsider.com

Film ini mengisahkan tentang seorang penulis bernama Maddie yang tulis dan bisu yang memutuskan untuk mengasingkan dirinya di sebuah tempat terpencil bersama kucingnya. Sampai suatu saat, ia dihadapkan oleh seorang pembunuh bertopeng misterius yang menyerang kediamannya serta membunuh temannya, Sarah.

17. Split (2016)

loader

Split via wall.alphacoders.com

Buat kalian yang menyukai film bertemakan psikopat, Split bisa menjadi rekomendasi film yang masuk ke dalam daftar tontonan. Split mengisahkan tentang seorang pria dengan gangguan identitas disosiatif yang menculik dan memenjarakan tiga orang gadis remaja di fasilitas bawah tanah yang terisolasi.

18. Halloween (2018)

loader

Halloween via youtube.com

Sekuel dari film tahun 1978 dengan judul yang sama ini menceritakan tentang Laurie Strode yang Bersiap menghadapi Michael Myers dalam pertarungan terakhir pada malam Halloween, yakni 40 tahun setelah dirinya selamat dari pembunuhan massal besar-besaran. Kalian sudah pernah menonton film bertemakan psikopat ini?

19. Happy Death Day 2U (2019)

loader

Happy Death Day 2U via youtube.com

Film yang merupakan sekuel dari Happy Death Day (2017) ini mengikuti kembali kisah seorang mahasiswa bernama Tree Gelbman (Rothe) yang kini tejebak dalam kejadian serupa berulang kali dan dikejar oleh sosok misterius. Pasalnya, ia selalu kembali ke waktu dimana ia diburu pembunuh bertopeng bayi dengan pisau dapur besar yang mencoba membunuhnya.

20. Joker (2019)

loader

Joker via kompasiana.com

Film bertemakan psikopat terakhir adalah dari salah satu karakter DC Comics, yakni Joker. Berlatar 1981, seorang badut gagal dan calon komedian bernama Arthur Fleck mengalami penyakit mental serta selalu diabaikan oleh masyarakat. Hal yang dialami itu membuatnya menjalani hidup dengan kriminal dan menjadi tokoh kejahatan psikopat terkenal di Kota Gotham.

Mana Saja Film Psikopat yang Paling Menegangkan Kalian?

Jika menonton film psikopat yang dirasakan oleh penontonnya pasti adalah rasa tidak nyaman hingga menegangkan, baik itu dari segi cerita, tokoh dan bahkan sinematografi yang disuguhkan. Seperti yang disuguhkan dalam daftar-daftar film psikopat di atas yang telah diulas secara singkat, dan dari semuanya itu, judul mana saja yang menurut kalian paling menegangkan ketika ditonton?

Baca Juga: Deretan Rekomendasi Film Indonesia di Netflix, Terbaik hingga yang Paling Baru