Legal, Kredibel, dan Terpercaya, Ini Daftar Asuransi Terbaik di Indonesia 2023 dan Ulasan Produknya

Ketika ingin membeli barang atau jasa tertentu, sudah pasti kamu mengharapkan produk yang terbaik, bukan? Hal ini tentu berlaku pada segala jenis barang atau jasa, tak terkecuali asuransi. Sebenarnya, ada banyak faktor yang menjadi penentu dari asuransi terbaik di Indonesia, seperti kesehatan keuangan perusahaan asuransi berdasarkan laporan finansial tahunannya. 

Tapi, perlu diketahui jika di Indonesia setidaknya terdapat lebih dari 70 perusahaan asuransi yang aktif beroperasi. Karenanya, jika harus mengecek laporan keuangan dari masing-masing perusahaan untuk mengetahui daftar asuransi terbaik di Indonesia tentu membutuhkan waktu dan tenaga. 

Nah,  untuk itu, berikut telah Cermati rangkum daftar asuransi terbaik di Indonesia 2023 beserta ulasan singkat dari produknya. 

Baca Juga: Ingin Tahu Seputar Asuransi Konvensional? Ini Pengertian, Jenis, dan Keunggulannya

Daftar Asuransi Terbaik di Indonesia sesuai Jenisnya

loader

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ada banyak perusahaan asuransi yang beroperasi di Indonesia dengan fokus manfaat perlindungan yang berbeda. Karenanya, agar lebih mudah mengetahui layanan asuransi terbaik di Indonesia, berikut adalah beberapa rekomendasinya berdasarkan dari jenis proteksi yang diberikan. 

Asuransi Jiwa Terbaik Indonesia

Nama Produk Asuransi Keterangan

Simas Jiwa

Simas Jiwa menawarkan polis asuransi jiwa melalui SIJI Guard 4 yang termasuk sebagai produk asuransi murni.

Melalui produk asuransi tersebut, polis akan menanggung proteksi nasabah sampai usia 69 tahun, dimana umumnya asuransi lain hanya memberi proteksi hingga usia 50 tahunan.

Tak hanya meninggal dunia, risiko yang diproteksi asuransi ini juga terbilang lengkap, seperti kecelakaan dan santunan cacat permanen. 

Ciputra Life

Menggunakan polis dari Citra Jaminan Pasti 50, Ciputra Life memberi manfaat refund premi 160 persen pada tahun atau periode 20 nasabah.

Tidak hanya itu, nasabah bisa juga mendapat manfaat santunan kecelakaan hingga meninggal dunia sebesar 100 juta serta karena sakit sebesar 50 juta. 

Manulife

Produk asuransi jiwa dari Manulife memiliki keunggulan melalui polis Essential Assurance dengan pertanggungan hingga nasabah berusia 99 tahun.

Polis tersebut juga memberi manfaat berupa nilai tunai serta pengembalian sepenuhnya dari uang pertanggungan pada akhir polis.

Selain itu, santunan karena meninggal dunia dari produk Essential Assurance terbilang sangat masif, yakni mencapai 2,5 miliar rupiah.

Sequis Life

Asuransi terbaik di Indonesia lainnya di kategori asuransi jiwa adalah Sequis Life. Layanan asuransi jiwa yang ditawarkan perusahaan ini mempunyai manfaat pertanggungan seumur hidup, serta santunan mencapai 1 miliar rupiah. 

Prudential

Selanjutnya ada asuransi jiwa dari Prudential Indonesia pada produk PRULink Generasi Baru.

Produk ini memberi uang pertanggungan paling tidak 200 juta serta tambahan UP dasar sebesar 100 juta jika pihak tertanggung meninggal sebelum umur 70 tahun.

Keunggulan lainnya, produk ini juga membebaskan nasabah memilih instrumen investasinya sesuai keinginan dan tujuan keuangan.

CAR Life

Rekomendasi terakhir asuransi jiwa terbaik di Indonesia adalah CAR Life yang unggul karena memberi santunan mencapai 200 juta. Selain itu, produk ini juga memberi manfaat beasiswa pada anak mencapai 570 persen dari UP atau uang pertanggungan pada pihak tertanggung. 

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Jenis Perlindungan
Pilih Jenis Kelamin
Pilih Tanggal Lahir
Pilih Bulan Lahir
Pilih Tahun Lahir
Pilih Tipe Asuransi

Asuransi Kesehatan Terbaik Indonesia

Nama Produk Asuransi Keterangan
AXA Mandiri

Produk asuransi kesehatan unggulan dari AXA Mandiri ialah Smartcare Executive yang cocok jika ingin mendapat manfaat asuransi limit tahunan tinggi serta premi terjangkau.

Produk ini bisa didapatkan dengan premi mulai 170 ribuan tiap bulan, dengan sekaligus manfaat dari asuransi kesehatan serta asuransi jiwa. 

Lippo Insurance

Berikutnya ada Lippo Insurance yang cocok jika ingin mendapatkan asuransi kesehatan untuk keluarga sekaligus manfaat perawatan gigi.

Dengan mengajukan polis bernama HealthPlus Family, kamu bisa mendapat proteksi asuransi kesehatan untuk semua anggota keluarga dengan limit tahunan mencapai 300 juta. 

Prudential

Tidak sedikit orang yang menjadikan Prudential sebagai pilihan asuransi kesehatan karena keunggulan yang dimilikinya.

Melalui produk PRUPrime Healthcare, polis tersebut memberi pertanggungan sesuai dengan tagihan yang diberikan dan total pertanggungan sebesar 35 miliar tiap tahun. 

AIA Financial Rekomendasi asuransi kesehatan terakhir ada dari AIA Financial melalui produk Premier Hospital & Surgical Plus. Polis tersebut memberi manfaat pertanggungan pada biaya rawat jalan dan rawat inap sampai umur 80 tahun terhadap nasabahnya.

Asuransi Mobil Terbaik Indonesia

Nama Produk Asuransi Keterangan
Simas Insurtech

Perusahaan Simas Insurtech dikenal sebagai layanan asuransi terbaik di Indonesia karena menawarkan berbagai fasilitas menarik pada produknya.

Contohnya, nasabahnya bisa mendapat kartu e-Toll gratis dari tiap pembelian polisnya serta kemudahan untuk perpanjangan polis.

Selain itu, ada berbagai manfaat proteksi yang diberikan oleh asuransi mobil ini, seperti proteksi kehilangan, kerusakan parsial, tabrakan, kecelakaan diri penumpang dan pengemudi, serta sebagainya.

Zurich

Menawarkan produk TLO dan komprehensif, Zurich juga bisa menjadi rekomendasi asuransi mobil pilihan. Kelebihan produknya adalah ganti rugi perbaikan, tabrakan, hingga kehilangan barang.

Pertanggungan maksimal juga berlaku sampai mobil berusia 8 tahun, serta ada layanan antar jemput mobil pada bengkel. 

MAGI

MAGI atau Mandiri AXA General Insurance juga menghadirkan produk asuransi mobil komprehensif dan TLO yang dilengkapi berbagai fitur menarik.

Misalnya, nasabah bisa klaim proteksi tanpa keharusan survei serta lokasi bengkel rekanan tersebar di seluruh kawasan Indonesia.

Pertanggungan yang diberikan mencakup kerusakan parsial, jaminan pihak ketiga, layanan derek, dan perluasan jaminan manfaat. 

Asuransi ACA

Selanjutnya ada asuransi mobil dari ACA dengan polis unggulan di produk ACA Otomate. Banyak diminati, manfaat dari produk ini terbagi menjadi 3, yaitu Otomate, Otomate Solitaire, dan Otomate Smart.

Contohnya, pada produk Otomate Solitaire, ada fitur penggantian mobil new for old sampai mobil berusia 12 bulan. Selain itu, semua polis dari ACA Otomate memberikan pula layanan mobil pengganti saat mobil diperbaiki.

Manfaat lain yang diberikan mencakup risiko kerusakan total dan parsial, kecelakaan diri, pencurian, sampai klaim manfaat di bengkel resmi atau non resmi. 

Asuransi Pendidikan Terbaik Indonesia

Nama Produk Asuransi Keterangan
AXA Mandir

Melalui polis Mandiri Sejahtera Cerdas, kamu bisa mendapatkan asuransi pendidikan dengan biaya premi mulai 200 ribu tiap bulan. Cakupan proteksi yang diberikan pun cukup lengkap, mulai dari santunan karena meninggal dunia, cacat total permanen, serta manfaat investasi.

Manulife

Dari Manulife juga ada Education Protector dengan manfaat investasi tabungan pendidikan anak mencapai 170 persen uang pertanggungan. Ada pula manfaat akhir dari polis sebesar 100% target dana pendidikan serta nilai polis. Seluruh keuntungan tersebut bisa didapatkan dengan membayar premi bulanan mulai dari 417 ribu.

BCA EduPlan

Pilihan asuransi pendidikan terbaik lainnya ada dari BCA EduPlan. Produk ini memberikan beragam opsi pembayaran premi, yaitu 3 tahun sampai 15 tahun. Keuntungan lainnya, produk ini juga memberikan bonus tahunan melalui polis yang dibeli.  

Baca Juga: Memahami Arti Underwriting dan Prosesnya di Dunia Asuransi, Investasi, dan Pinjaman

Kriteria Memilih Asuransi Terbaik di Indonesia

Setelah mengetahui daftar asuransi terbaik di Indonesia, kamu mungkin penasaran, apa saja kriteria yang menentukannya? Berikut penjelasannya.

Kriteria yang seharusnya diperhatikan ketika menentukan perusahaan asuransi.

  • Perkembangan aset
  • Perkembangan nilai investasi
  • Perkembangan ekuitas
  • Perkembangan premi neto
  • Perkembangan hasil underwriting
  • Perkembangan hasil investasi
  • Perkembangan laba bersih
  • Pangsa pasar dari premi
  • Rasio kecukupan investasi
  • Rasio underwriting
  • ROA
  • ROE
  • RBC
  • Rasio underwriting atas premi neto
  • Perkembangan hasil underwriting

Sementara itu, terkait hal yang harus dinilai pada perusahaan asuransi adalah sebagai berikut.

  • Laporan finansial teraudit
  • Laporan finansial tanpa opini disclaimer
  • RBC sebesar 120 persen
  • Aktif beroperasi ketika dilakukan penilaian
  • Tak berstatus PKU dari OJK
  • Tak dalam situasi tertentu, misalnya masa transisi atau run off
  • Punya ekuitas 100 miliar
  • Punya aset asuransi umum melebihi 100 miliar
  • Punya aset dari asuransi jiwa melebihi 1 triliun
  • Tak mengalami kerugian
  • Mempunyai kelengkapan data

Utamakan Kebutuhan dan Legalitas Produk saat Pilih Asuransi

Itulah daftar asuransi terbaik di Indonesia 2023 berdasarkan dari kategori produk yang ditawarkan. Terlepas dari opsi yang disebutkan di atas, pada dasarnya kamu tetap perlu menyesuaikan produk asuransi yang dipilih dengan kebutuhan agar bisa mendapatkan layanan terbaik. Selain itu, tetap perhatikan legalitas produk agar terhindar dari risiko penipuan saat memilih asuransi sesuai kebutuhan.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Asuransi Aswata, Produk yang Ditawarkan Hingga Cara Klaim