Mengenal Tabungan Emas Digital yang Semakin Diminati

Tabungan emas digital menjadi salah satu investasi yang belakangan ini semakin populer dan banyak diminati. Instrumen investasi yang satu ini dianggap cukup menjanjikan dan mampu memberikan imbal hasil yang menguntungkan di dalam keuangan. 

Selain itu, akses yang mudah juga menjadi alasan dibalik tingginya minat masyarakat untuk memiliki tabungan emas digital. Tidak harus mengeluarkan dana yang besar sekaligus, tabungan emas digital juga bisa dimulai dengan dana yang kecil dan sesuai dengan kemampuan keuangan. 

Perbedaan Tabungan Emas Digital dan Tabungan Emas Fisik

loader

Tabungan emas digital adalah tabungan dalam bentuk emas yang bisa diakses secara online, tanpa perlu mendatangi bank maupun lembaga keuangan lainnya secara langsung. Hal ini akan membuat para nasabah jadi lebih mudah dan leluasa untuk mengakses layanan tabungan tersebut. 

Dalam instrumen investasi ini, emas akan disimpan di dalam rekening nasabah, sebagaimana ketika nasabah memiliki simpanan emas dalam tabungan konvensional (offline). Selanjutnya, nasabah bisa menabung kembali untuk menambah saldo emas di dalam tabungannya. 

Jika dibutuhkan, tabungan emas digital ini juga bisa dicairkan/ ditarik dengan leluasa oleh nasabah. Pencairan ini akan dilakukan sesuai dengan harga pasaran emas yang berlaku, sehingga nasabah bisa mendapatkan keuntungan dari selisih harga beli dan harga jual emas yang dimilikinya. 

Meski sama-sama menguntungkan, terdapat beberapa perbedaan antara tabungan emas digital dan tabungan emas fisik (konvensional). Penting untuk memahami perbedaan ini dengan baik, sebelum akhirnya memilih jenis tabungan emas apa yang akan diadakan di dalam keuangan.

Berikut ini adalah beberapa perbedaan antara tabungan emas digital dengan tabungan emas fisik: 

Tabungan Emas Digital: 

  • Emas yang ditabung adalah emas 24 karat yang memiliki harga cenderung stabil dan menguntungkan. 
  • Tabungan bisa dibuka dengan nominal yang kecil, bahkan mulai dari puluhan ribu rupiah saja. Hal yang sama juga bisa dilakukan saat melakukan penyetoran/ penambahan saldo tabungan, dimana nasabah bisa melakukan setoran mulai dari Rp 10 ribuan saja. 
  • Emas ditabung dalam bentuk digital yang aman, sehingga tidak perlu melakukan penyimpanan secara fisik dan bisa menimbulkan risiko kerugian. 
  • Tabungan bisa dibuka secara online di bank, marketplace, maupun lembaga keuangan lainnya dengan mudah.
  • Tabungan aman dan nasabah hanya perlu membayarkan biaya penyimpanan emas yang sangat terjangkau, yakni Rp2.500,- saja per bulannya.
  • Pembelian dan penjualan emas bisa dilakukan secara online, kapan saja dan di mana saja dengan mudah. 

Tabungan Emas Fisik:

  • Tabungan emas dalam bentuk fisik bisa dilakukan dalam berbagai jenis kadar emas, mulai dari emas tua hingga emas muda yang memiliki kadar rendah. 
  • Pembelian emas fisik seperti ini akan membutuhkan dana yang besar sekaligus, apalagi jika akan melakukan pembelian emas batangan 24 karat. Hal ini biasanya akan menyulitkan untuk sebagian orang. Hal ini juga berlaku saat berniat untuk menambah tabungan emas fisik ini di kemudian hari, sebab pembelian emas fisik biasanya akan membutuhkan dana yang besar. 
  • Menabung dalam bentuk emas fisik juga akan membutuhkan perhatian khusus terkait penyimpanannya, dimana selalu ada risiko emas tersebut hilang atau dicuri orang. 
  • Jika ingin menggunakan layanan deposit box untuk menyimpan emas, maka hal ini akan membutuhkan sejumlah biaya tambahan yang nominalnya bisa saja cukup besar. 
  • Pembelian dan penjualan emas fisik biasanya dilakukan di toko emas terdekat dengan membawa serta surat atau sertifikat emasnya. Hal ini membuat penjualan emas tidak bisa dilakukan dengan leluasa, sebab toko emas akan memiliki jam operasional tertentu. 

Mulai Investasi Emas Sekarang!

Cara Menabung Emas Digital 

Jika ingin memiliki tabungan emas digital, maka nasabah harus membuka rekening tabungan emas terlebih dahulu. Hal ini tidak akan sulit, sebab ada banyak lembaga keuangan dan bank yang menyediakan tabungan emas digital yang bisa diakses dengan mudah secara online. 

Berikut ini adalah beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk menabung emas digital

1. Pilih Tempat Menabung yang Tepat 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tabungan emas digital ini bisa ditemukan dengan mudah secara online. Ada banyak bank, marketplace, dan juga lembaga keuangan lainnya yang menyediakan layanan yang satu ini. Pilihlah tempat menabung yang tepat sejak awal, lalu pahami syarat dan ketentuan yang diterapkan di sana. 

2. Siapkan Persyaratan yang Diminta 

Jika sudah melakukan poin di atas, maka siapkan semua persyaratan yang dibutuhkan untuk membuka tabungan emas digital ini. Masing-masing bank maupun marketplace tentu akan menerapkan persyaratan yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. 

Berikut ini adalah beberapa syarat yang harus dipenuhi saat mambuka tabungan emas digital: 

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Nomor Pajak Wajib Pajak (NPWP).
  • Dana yang akan digunakan untuk membeli emas (jumlahnya sesuai dengan ketentuan tempat menabung).
  • Biaya pemeliharaan rekening yang biasanya akan ditagih di awal (jika ada).

3. Download Aplikasi dan Buka Rekening Tabungan Emas Digital 

  • Download aplikasi tempat menabung yang dipilih, misalnya: Pegadaian Digital, Tokopedia, atau yang lainnya. 
  • Jika aplikasi sudah terinstal, maka buka rekening tabungan emas dengan cara mengisi formulir pembukaan rekening secara lengkap.
  • Unggah semua dokumen yang dibutuhkan untuk membuka rekening ini.
  • Lakukan pembelian emas sesuai dengan ketentuan minimal pembelian yang ditetapkan. Namun jika dana memadai, tidak ada salahnya untuk membeli emas lebih banyak dari ketentuan minimal tersebut.
  • Setorkan pembayaran emas, termasuk biaya pemeliharaan rekening tabungan tersebut kedepannya (jika ada).
  • Tabungan emas digital sudah aktif dan bisa digunakan.

4. Menabunglah dengan Konsisten 

Jika sudah memiliki tabungan emas digital, maka mulailah menabung dengan konsisten, agar aktivitas investasi ini bisa mencapai tujuan pengadaannya. 

Tips Menabung Emas Digital 

loader

Berikut ini adalah beberapa tips penting yang perlu dicermati saat akan membuka tabungan emas digital: 

1. Tentukan Tujuan Menabung

Hal pertama yang perlu dilakukan saat ingin menabung emas secara digital adalah menentukan tujuan menabung itu sendiri. Menabung merupakan salah satu bentuk investasi, di mana dibutuhkan perencanaan dan juga tujuan yang jelas terlebih dahulu, sehingga aktivitas keuangan ini bisa memberikan manfaat maksimal. Tentukan berapa target yang akan dicapai dan kapan target tersebut akan tercapai. 

2. Survei dan Pilih Platform atau Aplikasi yang Tepat 

Penting untuk memilih platform maupun aplikasi yang akan digunakan untuk menabung emas. Cek dan pilihlah aplikasi/platform yang paling tepat dan terpercaya, sehingga tabungan ini bisa aman. Selain itu, cek juga penawaran apa saja yang diberikan oleh masing-masing platform tersebut dan pilih yang paling menguntungkan. 

3. Lakukan Perbandingan Harga 

Emas memang memiliki harga pasaran global, namun bukan tidak mungkin harga yang ditawarkan masing-masing aplikasi akan berbeda-beda. Lakukan perbandingan harga beli emas ini terlebih dahulu, termasuk biaya-biaya yang mungkin diterapkan bagi nasabahnya. Pilihlah platform yang memberikan harga terbaik dengan biaya paling minim, agar investasi ini bisa menguntungkan. 

4. Kelola Keuangan dan Alokasikan Dana dengan Tepat 

Biasakan untuk mengelola keuangan dengan ketat, jika perlu buatlah anggaran keuangan yang baru. Pangkas berbagai pengeluaran yang tidak begitu penting, agar ada lebih banyak uang yang bisa dialokasikan ke dalam tabungan emas digital. Lakukan juga evaluasi keuangan secara berkala. Jika sudah begini, maka tujuan menabung emas ini tentu akan lebih mudah untuk dicapai. 

5. Lakukan Secara Konsisten 

Sama seperti aktivitas menabung pada umumnya, menabung emas juga membutuhkan konsistensi, agar tujuannya bisa tercapai dengan maksimal. Teruslah menabung secara rutin dan alokasikan lebih banyak uang untuk investasi yang satu ini. Jangan ditunda-tunda, segera tabungkan dana yang bisa dialokasikan untuk tabungan emas ini dengan disiplin. 

Miliki Tabungan Emas Digital di dalam Keuangan

Menabung emas secara digital bisa menjadi pilihan bagi nasabah yang menginginkan investasi praktis dan mudah. Ada banyak platform atau aplikasi yang menyediakan layanan ini, lengkap dengan beragam penawaran menarik. Mulailah menabung emas digital di dalam keuangan, agar berbagai tujuan keuangan bisa tercapai dengan baik.