6 Hal Penting Website untuk Dorong Pertumbuhan Bisnis

KOMPAS.com - Pengguna internet di berbagai penjuru dunia termasuk Indonesia saat ini mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Hal ini kemudian turut mempengaruhi perkembangan bisnis yang semakin terdigitalisasi.

Ditambah lagi, banyak platform digital yang bisa digunakan untuk mendukung perkembangan bisnis, salah satunya adalah website. Bisa dibilang, website menjadi media yang sangat penting bagi bisnis untuk menjangkau audiens yang lebih luas.

Tak heran jika saat ini banyak bisnis yang berlomba-lomba membangun website bisnisnya seprofesional dan semenarik mungkin. Penasaran mengapa website cukup penting bagi sebuah bisnis? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Dengan website, pelaku usaha bisa lebih mudah me-manage branding bisnisnya sendiri. Dibandingkan dengan media sosial, segmen pasar website jauh lebih efisien. Selain itu, pelaku bisnis bisa mengatur pelayanan yang tersedia di website dengan lebih mudah.

Dilansir dari Cermati.com, simak pentingnya menggunakan website bagi perkembangan bisnis berikut ini :

1. Mendongkrak Kredibilitas Bisnis

Umumnya konsumen akan lebih yakin dan percaya jika tokonya memiliki identitas yang jelas. Dalam hal ini, website berperan sebagai identitas yang menunjukan kredibilitas bisnis tersebut.

Jika pelaku bisnis dan tempatnya jelas, maka konsumen juga akan merasa yakin untuk mulai berbelanja. Konsumen akan merasa yakin jika toko yang dipilih bisa dipercaya.

Maka dari itu, ada baiknya untuk membangun website dilengkapi dengan domain yang mencerminkan bisnis tersebut. Hal ini akan membantu mendongkrak kredibilitas bisnis tersebut.

Selain itu, tambahkan pula profil bisnis yang profesional, alamat lengkap, visi dan misi, hingga testimoni positif. Supaya bisa memperkuat kesan bahwa bisnis yang kredibel atau bisa dipercaya.

2. Langkah Promosi yang Lebih Efisien

Manfaat lainnya yang diperoleh bisnis dari website adalah sebagai media promosi yang efektif dan efisien. Pasalnya, website bisnis biasanya hanya akan menampilkan produk sendiri bukan yang lain.

Ketika potensial customer mengunjungi website, maka produk yang dilihat hanya dari bisnis Anda saja, bukan yang lain. Website bisa diibaratkan seperti toko personal yang hanya memajang dan menawarkan produk-produk milik satu produsen saja.

Sementara marketplace diibaratkan sebagai mal yang didalamnya memiliki banyak toko dan produk. Bisa dikatakan bahwa dengan memiliki website bisnis, maka akan membuat konsumen lebih fokus terhadap produk yang ditawarkan bisnis, bukan yang lain.

3. Menjangkau Pasar yang Lebih Luas

Biasanya, pelanggan toko offline datang dari masyarakat sekitar atau orang-orang yang dikenal saja. Mungkin satu lingkungan, pertemanan, tempat tinggal, sekolah , tempat kerja dan sebagainya. Itu pun sudah sangat maksimal dan sangat jarang ada pelanggan yang datang dari luar kota. 

Namun berbeda jika toko sudah memiliki website bisnis yang menjadi toko online-nya, maka pelanggan yang datang bisa dari kota mana saja. Bahkan bisa dari negara lain yang jaraknya ribuan hingga puluhan ribu kilometer. Inilah mengapa, penting untuk sebuah bisnis memiliki website secara khusus dengan tambahan bahasa asing agar lebih mudah dipahami.

Selain itu dengan website, produk lokal juga sangat berpeluang menjadi lebih populer dan dikenal berbagai penjuru dunia.

4. Biaya yang Jauh Lebih Terjangkau

Untuk memiliki sebuah website, Anda wajib menyewa hosting dan juga domain untuk membantu menjalankannya. Biayanya sendiri cukup terjangkau, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah untuk biaya per tahunnya.

Jika dibandingkan dengan menyewa toko fisik, tentu biaya yang dikeluarkan jauh lebih mahal. Apalagi jika lokasi toko berada di tempat yang strategis dan ramai, biaya sewanya bisa sampai puluhan juta rupiah per tahun.

Belum lagi biaya operasional lain-lain seperti gaji karyawan, listrik, dan lain sebagainya. Tentunya, memiliki website bisnis akan jauh lebih hemat tapi tetap efektif untuk mengembangkan bisnis.

Baca juga: Tips membuat website bisnis agar dilirik konsumen

5. Informasi Produk yang Disediakan Lebih Lengkap

Secara umum promosi melalui media televisi maupun radio jumlah kalimat iklannya cukup terbatas, sementara promosi di website bisa disesuaikan. Anda bisa menyajikan informasi produk secara lebih detail dan selengkap-lengkapnya sesuai deskripsi yang ada.

Selain itu, Anda juga bisa memberikan tambahan informasi produk dengan lebih menarik. Seperti membuat gambar yang unik, infografis yang menarik maupun video atraktif. Dengan begitu, calon pelanggan bisa mendapatkan banyak informasi yang jauh lebih lengkap.

6. Memudahkan Komunikasi dengan Para Pelanggan

Pentingnya sebuah website untuk bisnis selanjutnya adalah membuat bisnis lebih dekat dengan pelanggannya. Website umumnya bisa diakses selama 24 jam, sehingga pelanggan bisa mengaksesnya kapan saja. Berbeda dengan toko offline jam operasionalnya lebih terbatas, rata-rata dari jam 8 pagi hingga 9 malam.

Selain itu, biasanya website juga menyediakan layanan customer support yang memungkinkan pelanggan untuk bertanya tentang produk. Bahkan, ada pula yang menawarkan layanan chat, baik melalui aplikasi, email hingga telepon. Jadi pelanggan bisa memecahkan masalahnya hanya dari rumah, tak perlu ke manapun.

7. Pengelolaannya Jauh Lebih Fleksibel

Dengan keberadaan website, Anda bisa mengelola usaha kapanpun dan dari mana pun. Pengelolaannya juga bisa dilakukan melalui laptop dan dikerjakan dari mana saja, baik di rumah maupun tempat liburan. Jadi, Anda tak harus berada di satu tempat yang sama terus menerus ketika mengelola bisnis. 

Anda bahkan bisa menentukan sendiri tempat untuk bekerja dan mengelola bisnis yang dijalankan. Tak hanya itu, melalui website konsumen juga bisa lebih mudah untuk berbelanja apapun yang dibutuhkan maupun yang diinginkan. Kapanpun dan dari manapun mereka berada, semuanya bisa diakses dari smartphone.