Altseason Ungguli Pasar Kripto, Simak Penyebab dan Proses Terjadinya

Mata uang kripto mulai dikenal sejak tahun 2008 dan terus bertumbuh hingga saat ini. Adapun eksistensi penggunaan kripto semakin meluas, di antaranya fenomena Altseason yang tengah ramai di pasar kripto. Altseason sendiri merupakan singkatan dari Altcoin Season yang merupakan fenomena ketika harga Altcoin tengah naik dan mengungguli harga Bitcoin.

Sebagai informasi, Altcoin merupakan gabungan kata dari alternative dan coin yang mencakup semua alternatif selain Bitcoin. Altcoin merupakan aset kripto lainnya yang muncul setelah kehadiran Bitcoin. Beberapa jenis Altcoin, seperti ETH, DOT, LINK, ADA, XRP, SOL, dan lainnya. 

Trader Tokocrypto Fyqieh Fachrur mengatakan bahwa pasar kripto berada pada periode Altseason karena kenaikan beberapa Altcoin yang signifikan dibandingkan Bitcoin. Ia pun menyebut bahwa Bitcoin melemah sebesar 3,8%. Sementara, menurut data TradingView, kapitalisasi pasar Altcoin justru mencapai sekitar $1,16 trilius dollar Amerika atau meningkat 15% selama dua minggu terakhir.  

Perlu diketahui, Altseason menjadi peristiwa penting bagi berjalannya dunia kripto. Untuk itu, pada artikel ini akan dijelaskan seputar Altseason. Beberapa informasi penting, seperti penyebab Altcoin season, proses terjadinya, hingga cara memanfaatkan fenomena tersebut.

Bingung cari investasi Reksa Dana yang aman dan menguntungkan? Cermati solusinya!

Mulai Berinvestasi Sekarang!  

Penyebab Altseason

loader

Terjadinya fenomena Altcoin season tentu bukan tanpa sebab. Salah satu penyebab umum terjadinya fenomena tersebut adalah dominan Bitcoin menurun sehingga meningkatkan kapitalisasi pasar Altcoin. Penyebabnya bisa karena naiknya Bitcoin yang terlalu tinggi sehingga mahal dibeli membuat investor mengalihkan modalnya ke Altcoin.

Mengingat besarnya investor dunia kripto yang terus meningkat. Alasan di atas tentu membuat Altcoin meningkat pesat hingga menyebabkan fenomena Altcoin season tersebut. Hal ini pun sejalan dengan proses terjadinya fenomena tersebut.

Proses Terjadinya Altseason

Seperti telah dijelaskan, dominan Bitcoin yang menurun ternyata sangat berdampak dan bersamaan dengan fenomena Altseason. Sebagai informasi, Altseason sendiri terjadi saat dominasi Bitcoin berada pada angka 50%. Hal tersebut pun diikuti oleh tren investor yang menjual Bitcoin dan menukarnya dengan fiat atau stablecoin, seperti USDT atau USDC.

Penjualan dan penukaran tersebut pun kemudian dibelikan ke Altcoin oleh para investor. Tidak berhenti disitu, tren ini terus berlanjut sehingga menyebabkan kapitalisasi pasar Altcoin melonjak dan menyebabkan musim Altcoin.

Bisa dibayangkan tentunya, ketika banyaknya investor kripto pemilik Bitcoin ramai-ramai menjual dan menukarkan milik mereka untuk kemudian dibelikan Altcoin. Hal ini pastinya membuat Altcoin sangat melonjak hingga menciptakan musim Altcoin di pasar kripto.

Lalu, bicara tentang musim Altcoin sendiri. Kapan sebenarnya Altseason tersebut terjadi? Yuk, simak informasi lebih detailnya.

Terjadinya Fenomena Altseason

loader

Meski menjadi fenomena yang populer di kalangan investor kripto, akan tetapi tidak ada yang tahu pasti kapan terjadinya fenomena ini. Namun, ada beberapa indikator yang dapat membantu memprediksi musim Altcoin itu. 

Salah satunya, melihat terjadinya Dominan Bitcoin yang mengalami penurunan dan membuat kenaikan pasar Altcoin. Hal ini bisa menimbulkan terjadinya musim Altcoin. Kemudian, fenomena Altseason juga bisa dilihat dari index yang dikeluarkan blockchaincenter.

Itulah beberapa waktu untuk mengetahui terjadinya Altseason di dunia pasar kripto. Adapun, saat fenomena musim Altcoin terjadi, kamu bisa memanfaatkannya dengan beberapa cara.

Cara Memanfaatkan Altseason

Saat Altcoin meningkat, investor pasar kripto bisa segera mengikuti tren dan memanfaatkannya. Berikut adalah cara memanfaatkan Altcoin season.

  1. Membeli Altcoin

    Cara memanfaatkan Altcoin season yang pertama adalah membelinya. Altcoin saat bullish bisa dibeli dengan metode DCA untuk visi misi jangka panjang yang baik. Kamu pun bisa mempertimbangkan Altcoin saat kapitalisasi pasarnya belum besar dan berpotensi melonjak di pasar.

  2. Trading

    Memanfaatkan momen Altcoin lainnya adalah dengan trading karena perubahan harga aset yang masih besar dan bisa menjadi peluang meraih keuntungan. Akan tetapi, trading tidak sembarang dilakukan. Perlu analisa teknikal agar trading bisa menguntungkan.

    Itulah dua cara memanfaatkan musim Altcoin yang terjadi di pasar kripto. Para investor mungkin bisa memanfaatkan dengan dua cara tersebut agar bisa meraih keuntungan.

Kenali dan Manfaatkan Altseason

Dari informasi di atas, dapat disimpulkan bahwa Altseason merupakan musim naiknya minat atau pembelian Altcoin secara serentak. Periode tersebut biasanya terjadi saat transaksi Altcoin meningkat daripada Bitcoin sehingga mendominasi pasar kripto. Selain itu, mungkin juga ada beberapa faktor lain yang mendorong terjadinya musim tersebut.

Musim Altcoin atau Altseason menjadi kesempatan yang bagus bagi para investor kripto untuk membelinya. Bagi yang sudah terjun ke dalam dunia kripto sangat memungkikan untuk bisa mengenali dan memanfaatkan fenomena musim Altcoin tersebut.

Melalui Altseason, para investor dan trader sangat mungkin meraih keuntungan dan mendiversifikasikan portofolio kripto yang dimiliki. Fenomena ini pun tidak menutup kemungkinan bagi para pemula kripto untuk mempelajarinya.Berikut informasi terkait Altseason, mulai dari pengertian, penyebab, hingga cara memanfaatkannya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pelaku dunia kripto dan yang tengah mempelajarinya.