5 Fakta Menarik Tentang Sayurbox yang Sukses Saat Pandemi

Sayurbox merupakan salah satu startup populer yang bisa mendapatkan kesuksesan di masa pandemi lalu. Meski baru berumur beberapa tahun saja, perusahaan ini bisa mendapatkan pasar yang luas dan menjalankan bisnis mereka menjadi jauh lebih besar. 

Fokus menjual sayuran online, Sayurbox memang mengusung konsep bisnis yang benar-benar baru di tanah air. Meski sudah familiar dengan aktivitas belanja online, namun kebanyakan masyarakat tentu tidak pernah membayangkan bisa membeli berbagai sayur online dengan begitu mudah dan cepat.

Respon yang baik dari masyarakat inilah yang pada akhirnya membuat perusahaan yang satu ini bisa meraih kesuksesan. Bukan hanya itu saja, selama masa pandemi lalu Sayurbox juga mampu menciptakan banyak angka penjualan, dan hal ini tentu berbanding lurus dengan keuntungan yang didapatkannya.

Sayurbox Manfaatkan Momen Pandemi dengan Baik

Pandemi membawa banyak sekali perubahan di dalam kehidupan kita, termasuk dalam pola makan dan juga konsumsi. Mengkonsumsi sayuran dan buah segar merupakan salah satu cara terbaik untuk menjaga imun tubuh tetap prima selama masa pandemi tersebut. 

Kenyataan tersebut juga sekaligus membawa perubahan dalam gaya hidup, termasuk dalam berbelanja berbagai kebutuhan sehari-hari. Jika selama ini membeli sayuran merupakan hal yang biasa dilakukan secara langsung dengan mendatangi pasar atau supermarket, maka setelah pandemi berbagai belanja sayuran ini juga lebih sering dilakukan secara online. 

Belanja sayuran online menjadi pilihan sebagian besar masyarakat, terutama mereka yang tinggal di kawasan perkotaan. Akses keluar rumah yang terbatas menjadi alasan banyak orang untuk lebih memilih belanja sayur online, begitu juga dengan berbagai kebutuhan lainnya. 

Di lain sisi, kondisi pandemi yang seperti ini justru menjadi momen baik bagi bisnis Sayurbox yang sejak awal memang fokus untuk jual sayur online dan juga buah-buahan. Meski sudah berdiri sejak tahun 2017 silam, namun perusahaan ini mulai mendapatkan banyak angka penjualan di masa pandemi 2020 lalu. 

Nama Sayurbox tentu sudah tidak asing lagi untuk kebanyakan orang, terutama setelah perusahaan ini sukses melakukan ekspansi bisnis ke berbagai kota. Banyak hal menarik yang sudah dilalui bisnis ini sejak kemunculannya beberapa tahun lalu dalam bisnis sayuran online.

Berikut ini adalah beberapa fakta unik tentang Sayurbox yang sukses jual sayur online: 

1. Menggunakan Konsep Farm to Table 

Amanda Susanti  Cole adalah pendiri Sayurbox dan memulai bisnis ini di tahun 2017 lalu. Meski pada masa tersebut belanja sayur online bukanlah sesuatu yang menarik, namun wanita ini bisa membawa bisnis sayur online tersebut mendapatkan kesuksesan. 

Amanda mengusung konsep bisnis farm to table dalam Sayurbox, di mana konsumen dimungkinkan untuk mendapatkan beragam sayuran dan juga buah-buahan segar dengan kualitas baik secara langsung dari para petani serta para produsen lokal. 

Ide bisnis tersebut pertama kali muncul saat Amanda mendengar keluhan seorang petani tentang sulitnya akses konsumen bagi hasil tani yang mereka produksi. Hal ini menyebabkan berbagai hasil panen seringkali tidak terjual dn justru terbuang dengan sia-sia. 

Melalui Sayurbox, Amanda berhasil menjalankan bisnis sayur online dan sekaligus mempertemukan petani dan konsumen yang akan belanja sayuran online. Hal ini menyelesaikan dua masalah sekaligus, yakni: petani bisa dengan mudah menjual hasil panennya, sementara konsumen bisa belanja sayuran online yang berkualitas dengan mudah. 

Konsep bisnis yang unik ini berhasil membawa Amanda ke dalam daftar Forbes 30 Under 30 di tahun 2019 lalu. Wanita ini juga berharap agar bisnis sayuran online yang dijalankannya bisa mempertemukan para konsumen dan juga petani yang lebih banyak lagi. 

Baca Juga:  Jadi Perusahaan Gas Paling Besar di Indonesia, Inilah Profil Samator dan Sejarah Perkembangannya

2. Mendapatkan Kesuksesan dari Pandemi 

Jika pandemi menjadi hal yang menyusahkan untuk sebagian besar orang, maka berbeda halnya dengan Sayurbox. Pandemi justru membawa bisnis  sayuran online ini mendapatkan banyak keuntungan. Akses keluar rumah yang terbatas, membuat permintaan akan sayuran dan buah online meningkat dengan tajam. 

Sebagian besar orang lebih memilih untuk diam di rumah dan belanja sayuran online sejak pandemi merebak. Pada April 2020 lalu, tingkat permintaan Sayurbox bahkan bisa mengalami kenaikan hingga 5 kali lipat. 

Pesanan yang meningkat tajam ini membuat kondisi keuangan Sayurbox mengalami peningkatan juga. Perusahaan ini mulai menambah mitra petani di dalam bisnis mereka. Selama tahun 2020, Sayurbox menambah setidaknya 1000 mitra petani baru untuk bekerjasama. 

Kondisi ini juga sekaligus memberi kesempatan Sayurbox untuk memperbaiki kualitas produk sayur online yang mereka jual. Setiap produk mulai dikelompokkan berdasarkan kualitas, yakni: grade A, grade B, dan juga grade C. 

3. Dapat Suntikan Dana Investasi dari Astra International

Kesuksesan Sayurbox membawanya menjadi salah satu perusahaan startup yang mendapatkan suntikan dana dari PT. Astra International Tbk (ASII) melalui anak usahanya, PT. Astra Digital pada Maret 2021 lalu. Hal ini sesuai dengan fokus Astra yang sudah mulai mengelola bisnis anorganik selama beberapa waktu belakangan. 

Tidak tanggung-tanggung, pada kesempatan tersebut Sayurbox mendapatkan suntikan dana segar senilai US$ 5 juta atau setara dengan Rp 72 miliar. Dana yang besar ini tentu bisa dimanfaatkan oleh Sayurbox untuk mengembangkan bisnis mereka menjadi lebih besar lagi kedepannya. 

Suntikan dana dari Astra tersebut tentu dilakukan dengan pertimbangan yang sangat matang. Sayurbox menjadi startup yang fokus jual sayur online dan mengalami perkembangan bisnis pesat selama pandemi. Permintaan layanan mereka bahkan meningkat dengan sangat tajam selama bulan Ramadhan hingga lebaran 2021 lalu. 

Selain dari Astra, Sayurbox juga mendapatkan suntikan dana dari Syngenta Group Ventures, ini merupakan modal bisnis yang dikucurkan oleh Syngenta Grup, perusahaan penyedia teknologi dan ilmu pertanian ternama. 

4. Melakukan Ekspansi ke Luar Jawa

Banyak hal yang dilakukan Sayurbox untuk meningkatkan bisnis jual sayur online yang mereka jalankan. Hal ini penting, mengingat jumlah pelanggan yang belanja sayur online juga sudah meningkat tajam selama beberapa waktu belakangan. 

Selain menambah jumlah mitra petani yang bisa menambah pasokan untuk sayuran online, perusahaan ini juga mulai melakukan ekspansi bisnis menjadi lebih luas lagi. Jika selama ini Sayurbox hanya fokus pada bisnis sayur online mereka di beberapa kota besar di Jawa saja, maka saat ini mereka sudah mulai memperluasnya. 

Sayurbox mulai meningkatkan bisnis mereka di berbagai kota, seperti: Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) dan juga Surabaya. Selain itu, perusahaan ini juga mulai melakukan ekspansi bisnis ke luar Jawa, salah satunya Bali. 

Proses ekspansi ini tentu akan menjadi lebih mudah dilakukan saat ini, sebab Sayurbox memiliki modal yang memadai untuk kebutuhan tersebut. Suntikan dana besar yang didapatkan beberapa waktu lalu, memungkinkan perusahaan ini lebih cepat mengembangkan bisnis dan mendapatkan lebih banyak pelanggan yang belanja sayur online. 

Baca Juga:  Daftar Perusahaan Terbesar di Indonesia

5. Menawarkan Lebih Dari 1.000 Produk 

Pada dasarnya, Sayurbox memang fokus untuk memenuhi permintaan pelanggan yang ingin belanja sayuran online. Selain menyediakan sayuran, perusahaan ini juga menyediakan buah-buahan segar yang cukup banyak dicari, terutama selama masa pandemi lalu.

Namun di dalam perkembangannya, Sayurbox tidak hanya sekedar jual sayur online dan buah saja, namun juga menawarkan bahan makanan lainnya. Ada banyak bahan makanan yang disediakan, seperti: ikan, daging, aneka bumbu dapur, ayam, dan yang lainnya. 

Selain memperluas bisnis, Sayurbox juga mempermudah pelanggan untuk memenuhi kebutuhan mereka dengan cepat. Saat belanja sayur online di Sayurbox, pelanggan juga bisa menemukan berbagai kebutuhan dapur lainnya dengan mudah. Hal ini tentu akan membuat aktivitas belanja menjadi lebih praktis. 

Hingga saat ini, Sayurbox sudah mampu menyediakan lebih dari 1000 produk makanan di platform mereka. Kedepannya, jumlah ini mungkin saja akan bertambah banyak, mengingat bisnis sayuran online ini masih terus berkembang dengan sangat pesat. 

Sayurbox Mempermudah Aktivitas Belanja Sayuran Online

Pandemi membawa banyak cerita, termasuk untuk Sayurbox, perusahaan startup yang bisa mendapatkan kesuksesan di masa tersebut. Bisnis sayuran online yang dijalankan Sayurbox mengalami peningkatan yang tajam selama pandemi. Konsep baru di startup ini memungkinkan pelanggan untuk membeli sayuran dengan mudah dan cepat secara online.

Baca Juga:  Perusahaan Manufaktur: Definisi, Ruang Lingkup, Ciri, dan Kiat Mengembangkannya