Keuntungan Bekerja di Perusahaan Asuransi, Apa Saja?

Perusahaan asuransi sudah sangat familiar di berbagai negara, termasuk Indonesia. Berkembangnya dunia asuransi tentu membuka banyak lapangan pekerjaan. Perlu diketahui, bekerja di perusahaan asuransi menawarkan karier yang cukup menjanjikan, lho!

Di era globalisasi, masyarakat semakin sadar akan pentingnya proteksi yang ditawarkan perusahaan asuransi. Seiring pesatnya kesadaran ini, pekerjaan di bidang asuransi pun semakin bermunculan.

Perlu diketahui, bekerja di perusahaan asuransi tidak hanya untuk mendapatkan penghasilan tetapi juga tempat yang baik untuk pembelajaran. Ada beberapa manfaat atau keuntungan yang bisa didapatkan dari bekerja di perusahaan asuransi.

Keuntungan Bekerja di Perusahaan Asuransi

Di tengah banyaknya lulusan Sekolah Tinggi di setiap tahunnya. Bekerja di bidang asuransi dapat memberikan keuntungan signifikan sehingga bisa menjadikan pilihan menarik. Berikut beberapa keuntungan bekerja di perusahaan asuransi yang bisa jadi pertimbangan untuk kamu.

  1. Stabilitas Pekerjaan dan Potensi Bertumbuh

    Industri asuransi memiliki permintaan yang stabil akan tenaga profesional yang terampil dalam menilai dan mengelola risiko. Hal ini yang membuat bekerja di perusahaan asuransi memiliki stabilitas kerja. Meski demikian, industri asuransi tidak stagnan atau berkembang memenuhi kebutuhan bisnis dan konsumen yang terus berubah. 

    Keuntungan bekerja di bidang asuransi pun memberikan keamanan kerja jangka panjang, terlepas dari fluktuasi ekonomi. Pasalnya, asuransi menjadi kebutuhan individu dan bisnis. Oleh karena itu, pekerjaan di bidang asuransi cenderung tidak terpengaruh oleh kemerosotan ekonomi.

    Selain itu, industri tersebut terus mengalami pertumbuhan yang menawarkan peluang bagi para profesional. Seiring dengan perluasan jangkauan dan penawaran produk perusahaan asuransi, permintaan akan para profesional dengan keahlian yang beragam terus meningkat. Ini berarti akan selalu ada peluang untuk pertumbuhan dan pengembangan karier dalam industri ini.

  2. Gaji dan Tunjangan Kompetitif

    Bekerja di perusahaan asuransi cukup menjanjikan dari segi gaji dan tunjangan yang kompetitif. Profesional yang berpengalaman dapat memperoleh gaji di antara golongan teratas untuk semua industri. Selain itu, tidak sedikit perusahaan asuransi yang menawarkan paket tunjangan signifikan, seperti asuransi kesehatan, rencana pensiun, dan inisiatif pendidikan berkelanjutan untuk mempertahankan bakat terbaik.

    Tidak hanya itu, perusahaan asuransi juga kerap menawarkan bonus dan insentif berbasis komisi bagi karyawan yang memenuhi atau melampaui target kinerja. Hal ini menjadi motivasi bagi karyawan untuk mencapai target.

  3. Peluang Menjadi Profesional

    Di dalam industri asuransi, pekerja di dukung untuk mengembangkan karier, seperti pelatihan dan kesempatan memperoleh sertifikasi profesional. Contohnya, kualifikasi Aktuaris dan Chartered Property Casualty Underwriter yang sangat diminati.

    Selain itu, keuntungan bekerja di perusahaan asuransi oleh para profesional adalah dapat menghadiri konferensi dan seminar industri untuk mengikuti perkembangan terkini. Hal ini dapat mendorong pekerjanya lebih kompetitif di pasar kerja.

  4. Ada Berbagai Macam Peran Pekerjaan

    Besarnya industri asuransi diiringi dengan beragam peran pekerjaan yang tersedia. Lulusan dari berbagai jurusan, seperti bidang keuangan, matematika, bisnis, hukum, ilmu sosial, berpeluang bekerja di perusahaan asuransi. Selain itu, profesional asuransi dapat bekerja di berbagai sektor industri, seperti asuransi jiwa, asuransi properti dan kecelakaan, asuransi kesehatan, dan reasuransi. 

    Hal tersebut dapat memberikan paparan terhadap berbagai aspek industri dan membantu pekerja mengembangkan pemahaman yang lebih komprehensif tentang bidang tersebut.

    Itulah beberapa keuntungan bekerja di perusahaan asuransi. Dapat disimpulkan bahwa industri asuransi menawarkan karier yang stabil dan menguntungkan. Dengan gaji yang kompetitif, peluang untuk pengembangan profesional, beragam peran pekerjaan, dan stabilitas pekerjaan, bidang ini layak dipertimbangkan untuk mengejar karier.

    Adapun untuk bisa bekerja di perusahaan asuransi, skill apa saja yang perlu dimiliki? Yuk, simak penjelasannya!

Skill yang Dibutuhkan untuk Bekerja di Perusahaan Asuransi

Skill menjadi penunjang yang dibutuhkan seorang pekerja. Tak terkecuali dalam bekerja di perusahaan asuransi. Berikut beberapa skill yang perlu kamu kuasai jika tertarik bekerja di perusahaan asuransi.

  1. Komunikasi dan Negosiasi

    Untuk berkarier di industri asuransi, skill utama yang diperlukan adalah komunikasi dan negosiasi. Pasalnya, setiap hari kamu akan berhubungan langsung dengan calon nasabah dan nasabah, baik melalui telepon maupun secara langsung.

  2. Problem Solving

    Kemampuan yang tidak boleh dikesampingkan dalam bekerja di perusahaan asuransi adalah problem solving. Hal ini dibutuhkan karena industri asuransi memang bertugas memecahkan berbagai masalah konsumen.

  3. Analisis

    Analisis menjadi skill yang penting dalam bekerja di perusahaan asuransi. Sebab, kamu perlu pandai dalam menganalisa setiap risiko dari produk asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan sehingga dapat memaparkan dengan jelas kepada konsumen.

  4. Kerja Tim

    Bekerja tim menjadi kemampuan yang dibutuhkan dalam berbagai bidang kerja. Tak terkecuali untuk bekerja di perusahaan asuransi juga diperlukan skill kerja tim. Kemampuan ini akan membantu untuk berdiskusi dan menyelesaikan pekerjaan dengan cepat. Dibutuhkan tim yang kuat oleh perusahaan asuransi untuk melayani konsumen dengan baik.

    Itulah beberapa kemampuan atau skill yang perlu dikuasai saat memilih bekerja di perusahaan asuransi. Dengan skill tersebut kamu dapat lebih mudah menjalankan dan menyelesaikan pekerjaan yang dimiliki.

Pilihlah Posisi Bekerja di Perusahaan Asuransi

Jika sudah yakin untuk bekerja di perusahaan asuransi. Ada beberapa posisi yang bisa kamu pilih untuk berkarier. Berikut beberapa posisi pekerjaan di industri asuransi.

  • Business Development.
  • Senior Business Development.
  • Junior Business Development.
  • Digital Sales.
  • Sales.
  • Product Developer.
  • Aktuaris.

Itulah beberapa posisi yang bisa kamu pilih. Kamu bisa mengenali dan memilih posisi sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

Demikianlah informasi seputar bekerja di industri asuransi. Semoga informasi pada artikel ini membantu kamu yang berminat bekerja di perusahaan asuransi.