Apa Itu Crypto Shill? Simak Penjelasan, Contoh, hingga Cara Kerjanya

Bicara tentang cryptocurrency tentu sudah tidak asing lagi di mata dunia. Investasi penambangan koin kripto tersebut memiliki beragam hal baru yang sebelumnya tidak dikenal, salah satunya adalah crypto shill. Dalam pasar kripto yang dinamis, konsep shill berperan penting membentuk sentimen pasar, memengaruhi keputusan investasi, serta mendorong keterlibatan komunitas.

Crypto shill adalah bentuk promosi pasar kripto yang umumnya disertai dengan klaim berlebihan atau informasi bias sehingga menimbulkan sensasi dan menarik investor. Biasanya, cara yang dilakukan adalah mengiklankan berbagai token dengan janji berlebihan terkait kegunaan dan potensi apresiasi harga. Kegiatan shill berawal dari pemasaran dan periklanan tradisional. Di mana, individu maupun entitas mempromosikan produk serta layanan untuk mendorong popularitas merek sehingga berdampak pada penjualan.

Adapun, crypto shill sendiri mempromosikan token atau proyek tertentu melalui platform, seperti media sosial, forum, serta saluran online lainnya. Hal tersebut dilakukan oleh para shiller yang kerap menggunakan bahasa persuasif, testimonial, dan janji keuntungan tinggi untuk menarik calon investor dan menciptakan fear of missing out (FOMO).

Contoh Crypto Shill

Contoh kegiatan crypto shill sedikit sulit untuk diutarakan. Melansir laman Coin Market Cap, dijelaskan skema terkait contoh yang mudah dipahamis sebagai berikut. Asumsikan ada mata uang kripto bernama SHILL dengan harga token $1. Sebagai pendiri, kamu menerima 20% dari total pasokan SHILL dan memiliki 20% untuk tujuan pemasaran.

Kemudian, kamu menemukan beberapa akun di Twitter dan YouTube yang memiliki audiens berfokus pada pasar kripto. Kamu menawarkan kerjasama pada masing-masing akun dengan biaya tetap ditambah 2% dari total pasokan SHILL. Sebagai gantinya, mereka harus mempromosikan dengan cara membuat konten seputar token, membicarakan manfaatnya, dan melibatkan audiens untuk bergabung dengan komunitas milikmu hingga memutuskan membeli.

Dari sana, jika kerjasama promosi berjalan lancar dan akun tersebut memiliki intensitas positif maka maka harga token akan naik. Misalnya, harga SHILL menjadi $1,50 sehingga kamu dan mata uang yang dimiliki mendapatkan keuntungan 50% yang belum direalisasikan dari kepemilikan token. Terakhir, kamu hanya perlu mulai menjual kepemilikan token secara perlahan dan hati-hati agar tidak menurunkan harga dan tidak menarik perhatian pada skema.

Salah satu kasus dunia nyata dari crypto shilling adalah cuitan Elon Musk tahun 2022 di bawah ini.

Dari cuitan media sosial Elon Musk ini, koin DOGE mengalami peningkatan sebesar 6% dari harga $0,1362 menjadi $0,1445 dalam 5 menit.


Penelitian mendalam yang dilakukan oleh Fabian Dablander, Ph.D., di Departemen Metode Psikologis Universitas Amsterdam, menunjukkan adanya korelasi antara aktivitas Twitter Elon Musk dan perubahan harga Dogecoin. Elon Musk bahkan dituduh memanipulasi harga Dogecoin dengan gugatan bahwa ia mengakibatkan kerugian miliaran dolar bagi para investor.

Itulah contoh gambaran cara kerja crypto shill yang bisa dilakukan oleh para shiller. Lalu, untuk cara kerjanya sendiri terdapat beberapa cara yang bisa kamu ketahui.

Cara Kerja Crypto Shill

Perlu diketahui, crypto shill memiliki akun media sosial populer, seperti YouTube dan Twitter pada dunia cryptocurrency untuk menarik perhatian. Para shiller sering mengiklankan atau menjual sebuah token karena potensial untuk mencapai harga tinggi. Untuk cara kerja crypto shill yang lebih detail, simak informasi berikut.

  1. Hype Media Sosial

    Platform media sosial, seperti Twitter, Reddit, dan Telegram adalah saluran populer untuk proyek cryptocurrency shilling. Para shiller kerap memanfaatkan platform ini untuk berbagi pernyataan bullish, prediksi harga, dan kisah sukses terkait proyek yang mereka promosikan. Untuk menarik perhatian di kalangan pengikut, mereka juga menggunakan hashtag, emoji, dan meme.

  2. Dukungan Influencer

    Influencer, seperti YouTuber, blogger, dan tokoh media sosial, memainkan peran penting dalam mendanai proyek crypto shill. Dengan memiliki banyak pengikut, para influencer memengaruhi sentimen pasar kripto serta keputusan berinvestasi melalui konten sponsor, ulasan, dan dukungan pada proyek kripto tertentu.

  3. Skema Pump-and-Dump

    Skema pump-and-dump kerap dikaitkan dengan shill, yaitu individu atau kelompok secara artifisial menaikkan harga mata uang crypto melalui upaya pembelian dan promosi yang terkoordinasi. Nah, setelah harga mencapai tingkat tertentu, pelaku menjual kepemilikannya untuk mendapat keuntungan, menyebabkan harga jatuh, dan menyebabkan kerugian bagi investor yang tidak menaruh curiga.

    Begitulah beberapa cara kerja crypto shill yang bisa kamu ketahui. Perlu diketahui bahwa setiap kegiatan tentu memiliki dampak tertentu. Adapun pada kegiatan crypto shill juga berdampak pada beberapa hal.

Dampak Crypto Shill

Shill memiliki dampak, baik positif maupun negatif terhadap ekosistem crypto. Berikut adalah beberapa dampak yang ditimbulkan dari crypto shill.

  1. Manipulasi Pasar

    Seperti diketahui pasar kripto berkapitalisasi rendah dan diperdagangkan secara terbatas. Dengan adanya shill berkontribusi terhadap manipulasi dan volatilitas pasar kripto. Cara atau skema pump-and-dump yang diatur melalui shill akan menaikan harga dan menciptakan persepsi nilai yang salah. Dengan begitu akhirnya dapat merugikan investor dan melemahkan integritas pasar.

  2. Keterlibatan Komunitas

    Meski bersifat kontroversial, shilling dapat mendorong keterlibatan komunitas, kesadaran, dan adopsi proyek crypto yang sah. Kegiatan tersebut dapat mendorong proyek lebih diminati, menarik pengembang maupun investor, dan menciptakan inovasi dalam ruang kripto. Hal ini disebabkan antusiasme dan advokasi tulus dari para anggota komunitas.

  3. Peluang Pendidikan

    Dampak lain dari shill adalah pengingat akan pentingnya melakukan penelitian menyeluruh, uji tuntas, dan pemikiran kritis sebelum membuat keputusan investasi di pasar kripto. Adanya shilling dapat mendidik investor akan risiko dan kerugian sehingga mereka membuat pilihan yang tepat dan menghindari menjadi korban skema penipuan.

  4. Pengawasan Peraturan

    Terakhir, praktik shill telah menarik pengawasan peraturan dari otoritas yang berupaya melindungi investor dan menjaga integritas pasar. Para regulator telah menindak tegas aktivitas shilling yang menipu, menjatuhkan hukuman, serta sanksi kepada individu dan entitas yang terbukti melanggar Undang-Undang atau peraturan sekuritas.

    Nah, itulah beberapa dampak yang ditimbulkan oleh crypto shill yang tidak boleh kamu lewatkan untuk diketahui.

Tetap Cermat Terhadap Crypto Shill

Demikian informasi terkait crypto shill yang memiliki tujuan meningkatkan pasar kripto. Adapun, sebagai investor pastikan kamu tetap cermat dalam segala bentuk kegiatan berinvestasi. Pasalnya, dunia investasi tidak terlepas dari risiko sekecil apapun.

Oleh karena itu, jangan sampai kamu mengikuti atau bekerjasama dengan kegiatan crypto shill yang tidak kredibilitas atau bahkan menipu. Semoga informasi ini bermanfaat untukmu yang berkecimpung di pasar kripto.