Mulai Dikenal, Apa Itu Investasi Metaverse?

Investasi cryptocurrency semakin banyak diminati masyarakat dunia, di antaranya Indonesia. Namun, yang tengah ramai diperbincangkan adalah metaverse yang dianggap sebagai cara cuan dalam dunia kripto.

Metaverse adalah dunia virtual yang menggabungkan beberapa elemen teknologi, seperti virtual reality dan augmented reality. Pengguna dapat berinteraksi layaknya di dunia nyata sehingga banyak yang mulai berinteraksi di dunia metaverse.

Mata uang kripto menjadi token utilitas di dunia baru tersebut. Sementara, token non-fungible (NFT) diperuntukkan untuk barang koleksi virtual. Investasi di dunia metaverse memiliki keuntungan besar, tetapi juga berisiko tinggi.

Langkah Investasi di Metaverse

Untuk berinvestasi di metaverse, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan. Bagi kamu yang tertarik, simak langkah berinvestasi di metaverse berikut.

  1. Memilih Platform Marketplace

    Sebelum berinvestasi, pilih platform yang akan dimasuki. Salah satu platform asal Indonesia adalah metaNesia yang memiliki marketplace sehingga terjamin keamanannya.

    Kamu juga bisa berinvestasi dari platform marketplace NFT sekunder, seperti OpenSea, Larva Labs, dan SuperRare. Beberapa platform tersebut populer untuk membeli aset digital.

  2. Membuat Dompet Kripto

    Crypto wallet atau dompet kripto merupakan suatu aplikasi yang menggunakan teknologi blockchain untuk menyimpan mata uang kripto. Setelah memilih platform, buatlah dompet kripto. Salah satu yang banyak digunakan di berbagai metaverse adalah MetaMask. Platform tersebut bisa digunakan sebagai akun utama untuk melakukan transaksi di berbagai metaverse, seperti Decentraland, Sandbox, dan metaNesia.

    Namun, jika kamu belum memiliki dompet kripto, market metaNesia menawarkan metode pembayaran quick response (QR), LinkAja, serta transfer dan virtual account bank.

  3. Pilih Jenis Investasi dan Tukarkan Koin

    Langkah selanjutnya adalah memilih aset digital yang akan diinvestasikan. 

    Kamu bisa membandingkan aset digital sebelum membeli untuk mendapat harga dan nilai terbaik.

    Kamu bisa menukar uang dengan koin metaverse melalui situs resmi maupun dompet digital untuk melakukan transaksi. 

  4. Mengajukan Penawaran Aset dan Menyelesaikan Transaksi

    Langkah berikutnya adalah membeli atau mengajukan penawaran harga. Jika penawaran diterima, kamu bisa membayarkan aset digital tersebut. Setelahnya, aset digital akan muncul di platform.

    Itulah empat langkah investasi di metaverse. Bagi pemula atau yang baru ingin mencoba investasi tersebut, bisa mengikuti langkah-langkah di atas. Dengan begitu, peluang metaverse investment dalam meraup untung mungkin akan lebih mudah. Meski demikian, akan selalu ada risiko investasi metaverse yang tidak boleh dilupakan. 

    Selain mengetahui langkah-langkah berinvestasi di metaverse. Kamu mungkin juga perlu mengetahui koin populer di pasar internasional untuk investasi dunia metaverse. Lalu, apa saja koin metaverse yang sudah dikenal pasar internasional?

Koin Metaverse di Pasar Internasional

Ada banyak jenis koin metaverse yang bisa kamu pilih. Namun, ada lima jenis koin yang populer di pasar kripto internasional sebagai berikut.

  1. Axie Infinity (AXS)

    AXS dasarnya merupakan game berbasis blockchain yang populer di tahun 2021. Axie adalah NFT yang dapat dibeli dan diperdagangkan oleh gamer. Koin ini memiliki salah satu kapitalisasi pasar terbesar dari semua kripto metaverse dengan nilai lebih dari 5 miliar USD.

  2. Sandbox (SAND) 

    Sandbox merupakan koin metaverse yang populer di tahun 2021. Koin yang diluncurkan oleh sebuah studio game, Pixowl pada 2011 itu berhasil mengalami lonjakan harga. Platform berbasis blockchain ini menggabungkan dua hal, yakni cryptocurrency dan game.

  3. Decentraland (MANA)

    Kemudian, Decentraland yang merupakan platform realitas virtual yang didukung blockchain Ethereum. Sekelompok pengembang dari Argentina meluncurkan koin ini pada tahun 2016. 

  4. Floki Inu (FLOKI)

    Floki Inu merupakan jenis koin baru yang yang memiliki harga murah. Meski begitu, Floki berani dalam menciptakan berbagai inovasi. Terakhir, Floki berhasil membangun platform Premier Crypto Educational Floki University setelah bermitra dengan perusahaan teknologi, TechTree.

  5. Highstreet (HIGH)

    Highstreet adalah metaverse yang terdesentralisasi. Oleh sebab itu, koin ini dapat memanfaatkan marketplace untuk mengintegrasikan dan membangun kehadirannya di dunia digital. Pemain membeli produk fisik untuk digunakan dalam game, tetapi memiliki kesempatan untuk menebus barang di kehidupan nyata.

    Itulah lima jenis koin metaverse yang populer di pasar internasional. Dengan memilih jenis koin tersebut mungkin membantu memberikan peluang metaverse investment yang lebih besar. Adapun untuk dalam investasi digital di metaverse juga dibutuhkan alat pendukung.

Alat  Pendukung Investasi di Metaverse

Untuk dapat merasakan pengalaman di dunia virtual dibutuhkan perangkat khusus. Berikut beberapa alat yang dapat membantu menjangkau pengalam virtual metaverse.

  1. VR Headset

    Salah satu alat yang populer untuk mengakses dunia metaverse adalah VR box atau lebih dikenal headset VR. Dengan alat ini, kamu dapat merasakan pengalaman dunia virtual lebih realistis. Alat ini juga membantu berinteraksi dengan avatar lain melalui penggunaan seluruh panca indera.

  2. Smart Glasses AR

    Alat lain yang juga digunakan untuk merasakan dunia metaverse adalah smart glasses AR. Alat yang menjadi perangkat favorit ini ternyata masih terdengar asing bagi sebagian besar orang. Kemudahan serta nyaman digunakan menjadi salah satu faktor smart glasses AR ini banyak disukai.

    Itulah dua jenis alat pendukung yang kerap digunakan untuk investasi di dunia virtual metaverse. Kedua alat tersebut bisa kamu beli secara online maupun offline.

Jajal Keuntungan Investasi di Metaverse

Demikian informasi seputar investasi di dunia virtual yang cukup populer di pasar kripto. Metaverse kini sudah mulai dikenal berbagai masyarakat dunia serta cukup ramai diikuti. Meski dapat meraup cuan besar dengan investasi satu ini, kamu tidak boleh lupa dengan prinsip investasi yang selalu memiliki risiko.

Maka dari itu, penting untuk mempelajari dan mengetahui berbagai informasi sebelum memulai berinvestasi. Tak terkecuali, pada investasi metaverse yang perlu dipelajari dengan cermat. Semoga melalui artikel ini dapat bermanfaat menambah informasi untuk kamu.