ORI026, Pilihan Investasi Rendah Risiko yang Cocok untuk Segala Tujuan

Dalam berinvestasi, tidak semua orang mendambakan keuntungan semaksimal mungkin dan berani mengambil risiko yang cukup tinggi. Beberapa investor umumnya lebih tertarik untuk menanam modal di instrumen dengan potensi imbal hasil relatif stabil dan tergolong aman. Nah, jika kamu adalah salah satunya, investasi di produk ORI026 ini bisa dijadikan pilihan. 

Sebagai Surat Berharga Negara atau SBN Ritel, penawaran ORI026 tengah dibuka dari tanggal 30 September dan rencananya akan berlangsung sampai 24 Oktober 2024. Namun, sebelum memutuskan untuk berinvestasi di produk ini, kamu harus lebih dulu mencari tahu dulu informasi seputar ORI026. 

Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan tentang ORI026, kelebihan, dan risikonya. 

Apa Itu ORI026?

ORI026 (Sumber: www.idxchannel.com)

ORI026 adalah SBN Ritel seri keenam di tahun 2024 yang ditawarkan pada periode 30 September sampai 24 Oktober 2024. Melanjutkan seri SBN sebelumnya, penawaran ORI026 juga dilakukan dengan sistem dual tranches alias 2 pilihan tenor.

Maksudnya, investor bisa memilih investasi di produk dengan opsi tenor 3 tahun dengan membeli ORI026-T3 atau 6 tahun dengan ORI026-T6. Kedua produk tersebut menawarkan 2 kupon berbeda. 

Untuk ORI026-T3, investor akan mendapatkan kupon sebesar 6.3%. Sementara untuk ORI026-T6, kupon yang ditawarkan adalah sebesar 6.4%. Penawaran kupon yang cukup tinggi tersebut tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi investor.

Selama masa penawarannya sendiri, ORI026-T3 bisa dibeli dengan minimal investasi 1 juta rupiah dan maksimal 5 miliar rupiah. Sementara untuk ORI026-T6, minimal pembeliannya adalah 1 juta rupiah dan maksimal 10 miliar rupiah. 

Namun, meski telah ditetapkan jika masa penawaran produk ini adalah sampai tanggal 24 Oktober 2024 jam 10.00 WIB, tapi bukan tidak mungkin akan ditutup lebih cepat saat kuotanya terpenuhi. Oleh karena itu, agar tidak melewatkan kesempatan investasi dengan potensi imbal hasil menggiurkan dan risiko yang terbilang kecil, segera beli ORI026 untuk mengisi portofoliomu.

Keuntungan ORI026

Sebagai instrumen investasi yang diterbitkan oleh pemerintah, ORI026 menawarkan beragam keunggulan yang mampu menarik minat beli investor. Berikut 4 keuntungan utama berinvestasi di instrumen ORI026.

  1. Keamanan Terjamin dan Minim Risiko

    ORI026 adalah produk Obligasi Negara Ritel yang diterbitkan langsung oleh pemerintah Republik Indonesia. Hal ini menjadikan investasi di instrumen tersebut dijamin aman dan memiliki risiko yang sangat rendah. 

    Alasannya karena pembayaran kupon dan pokok investasinya dijamin negara di mana anggarannya telah disusun khusus sesuai peraturan Undang-Undang. Jadi, tak ada alasan lagi khawatir investasi berisiko tinggi saat membeli produk SBN ritel yang satu ini. 

  2. Kupon Menarik dan Kompetitif

    Meski berisiko rendah, tapi potensi imbal hasil yang dijanjikan oleh produk ini terbilang tinggi dan menarik. Bahkan, kupon yang bisa diperoleh investor ORI026 jauh melampaui rerata bunga deposito perbankan. Juga, beban pajak investasi di instrumen ini juga lebih rendah sehingga mampu mengoptimalkan potensi keuntungan yang diberikan kepada para investornya. 

  3. Sistem Bunga Tetap atau Flat

    Masih seputar kuponnya, ORI026 menawarkan sistem bunga tetap atau flat hingga jatuh tempo. Hal ini bisa memudahkan investor untuk mengetahui potensi imbal hasil yang bisa diperolehnya dari berinvestasi di produk ini hingga akhir masa berlakunya. 

  4. Minimal Pembelian Relatif Terjangkau

    Keuntungan yang terakhir, kamu bisa membeli produk investasi ini dengan minimal pembelian relatif terjangkau, yaitu mulai 1 juta rupiah saja. Dengan modal yang cukup rendah tersebut, semua masyarakat berkesempatan untuk menanam modal dan mendapatkan keuntungan berinvestasi di ORI026. 

Risiko ORI026

Walaupun menawarkan segudang keuntungan menarik, tapi tetap pahami jika investasi di produk obligasi seperti ORI026 tetap memiliki beberapa risiko yang perlu diperhatikan, antara lain:

  1. Risiko Gagal Bayar

    Risiko gagal bayar atau bisa juga disebut default risk adalah risiko ketika investor tak bisa mendapatkan pembayaran dana sesuai yang dijanjikan oleh penerbit obligasi saat jatuh tempo. Untungnya, risiko ini nyaris tidak mungkin terjadi bagi investor ORI026 karena pembayaran pokok bunga dan pinjamannya dijamin oleh negara sesuai aturan perundang-undangan. 

  2. Risiko Pasar

    Risiko ini mencakup kerugian atau capital loss yang bisa terjadi saat investor menjual produk ORI026 pada pasar sekunder di harga lebih rendah dibanding harga belinya. Untuk memitigasi risiko ini, kamu hanya perlu menahan ORI026 hingga jatuh tempo, atau menunggu harga jualnya di pasar sekunder normal maupun lebih tinggi dibanding harga belinya. 

    Namun, bagaimana jika kamu membutuhkan dana cepat tapi harga jual obligasi ini lebih rendah di pasar sekunder? Tenang saja, kamu bisa menyiasatinya dengan menjadikan ORI026 sebagai jaminan pinjaman di bank. Jadi, risiko pasar ini bisa dihindari dan kamu tetap bisa mengatasi masalah keuangan dengan lebih bijak. 

  3. Risiko Likuiditas

    Risiko yang terakhir adalah risiko likuiditas, yaitu investor tak dapat menjual ataupun mencairkan produk ini dalam waktu cepat di harga wajar ketika dibutuhkan. Seperti risiko pasar, kamu bisa memitigasi risiko likuiditas dengan menjadikannya sebagai jaminan pinjaman di bank. 

Cocok untuk Semua Investor, Tertarik Investasi ORI26?

Sebagai instrumen investasi yang diterbitkan pemerintah, ORI026 bisa menjadi opsi menanam modal rendah risiko yang bisa kamu pilih. Meskipun berisiko rendah, tapi potensi imbal hasil yang diberikan produk ini tak kalah menarik dengan instrumen lain. Jadi, tunggu apa lagi, segera beli ORI026 selama masa penawarannya masih berlaku hingga 24 Oktober 2024 nanti!