Suka Melakukan Transaksi Kartu kredit? Kenali Jenis dan Fungsinya dengan Baik

Melakukan transaksi kartu kredit sudah menjadi kebutuhan untuk sebagian orang, terutama mereka yang memiliki transaksi keuangan cukup tinggi setiap bulannya. Penggunaan kartu kredit bisa mempermudah dan membuat transaksi keuangan jadi lebih praktis.

Pada dasarnya, kartu kredit bisa memberikan banyak keuntungan bagi para penggunanya. Namun hal ini tentu harus dibarengi dengan pemilihan jenis kartu kredit yang tepat dan tentunya benar-benar sesuai dengan kebutuhan transaksi keuangan pengguna itu sendiri. 

Kartu Kredit Memiliki Banyak Jenis yang Berbeda 

Kartu kredit merupakan alat pembayaran yang diterbitkan oleh bank dan diberikan kepada nasabahnya untuk mempermudah transaksi keuangan mereka. Kartu kredit bisa digunakan untuk berbagai transaksi pembelanjaan, termasuk untuk menarikan dana tunai melalui mesin ATM, baik itu di dalam maupun di luar negeri. 

Di dalam perkembangannya, kartu kredit hadir dalam berbagai jenis yang berbeda. Masing-masing jenis ini tentu memiliki fitur dan menawarkan keuntungan tertentu kepada penggunanya. Beragam fitur inilah yang seharusnya dimanfaatkan oleh nasabah saat melakukan transaksi kartu kredit. 

  Jika ingin mendapatkan keuntungan maksimal dalam penggunaan kartu kredit, maka nasabah juga wajib mengenali dan memahami dengan baik fitur yang terdapat di dalam kartu kredit itu sendiri. Hal ini akan mempermudah untuk memilih jenis kartu kredit yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan. 

Bank penerbit bisanya mengeluarkan beberapa jenis kartu kredit yang berbeda, lengkap dengan sejumlah fitur unggulan di dalamnya. Bukan hanya itu saja, limit kredit yang diberikan juga akan sangat beragam, sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. 

Nikmati Transaksi Kartu Kredit dengan Kartu yang Tepat 

Penting untuk memilih jenis kartu yang tepat sejak awal, agar setiap transaksi kartu kredit yang dilakukan bisa berjalan dengan nyaman dan lancar. Selain itu, pemilihan kartu kredit yang tepat juga akan memungkinkan nasabah mendapatkan keuntungan maksimal dalam setiap transaksinya. 

Berikut ini adalah beberapa jenis kartu kredit yang diterbitkan oleh bank dan bisa dijadikan sebagai pilihan:  

Jenis Kartu Kredit Berdasarkan Limitnya

Berdasarkan limitnya, kartu kredit bisa dibedakan ke dalam beberapa jenis berikut ini: 

Jenis Kartu Kredit Deskripsi
Kartu Kredit Silver Kartu kredit silver merupakan jenis kartu kredit yang memiliki limit terendah, jika dibandingkan dengan jenis kartu kredit lainnya. Kartu ini juga seringkali menjadi kartu pertama yang dimiliki oleh pengguna kartu kredit, sebab syarat pengajuannya juga terbilang mudah. Limit kartu kredit ini biasanya sekitar Rp4 juta hingga Rp7 juta saja.  
Kartu Kredit Gold Kartu kredit gold biasa dimiliki oleh nasabah yang berpenghasilan sekitar Rp5 juta hingga Rp10 juta per bulannya. Limit yang  dimiliki kartu ini cukup besar, yakni mulai dari Rp10 juta hingga Rp40 juta.
Kartu Kredit Platinum Jenis kartu kredit yang satu ini biasanya dimiliki oleh nasabah yang berpenghasilan minimal Rp180 juta per bulannya. Limit yang terdapat pada kartu kredit platinum berkisar Rp40 juta hingga Rp1 miliar. 
Kartu Kredit Titanium Kartu kredit titanium termasuk jenis kartu kredit yang tidak bisa dimiliki oleh semua orang, sebab bank menerapkan syarat yang ketat, di mana nasabah harus memiliki penghasilan besar. Biasanya bank akan memberikan kartu kredit yang satu ini kepada nasabah prioritas pilihan mereka saja. 
Kartu Kredit Spesial

Selain keempat jenis kartu kredit di atas, bank juga menerbitkan kartu kredit khusus bagi nasabah-nasabah dengan penghasilan dan aset besar, seperti: pengusaha sukses, pimpinan perusahaan besar, dokter ternama, dan yang lainnya. 

Kartu kredit ini pada umumnya dikeluarkan langsung oleh perusahaan kartu kredit itu sendiri dan hanya diberikan kepada kalangan terbatas yang memenuhi kriteria mereka. Ada beberapa jenis kartu special seperti ini, antara lain: Visa Signature, Visa Infinite, MasterCard World. 

Jenis Kartu Kredit Berdasarkan Wilayah Berlakunya

Berdasarkan wilayah berlakunya, kartu kredit bisa dibedakan menjadi 2 jenis berikut ini: 

Jenis Kartu Kredit Deskripsi
Kartu Kredit Internasional Ini merupakan jenis kartu kredit yang bisa dipakai untuk melakukan transaksi internasional di berbagai negara. Kartu kredit ini dikeluarkan oleh perusahaan kartu kredit global, seperti: Visa, MasterCard, Amex, dan yang lainnya. Transaksi kartu kredit ini akan diterima di hampir semua negara, sehingga kartu ini cocok untuk digunakan para traveller maupun pebisnis yang kerap bepergian ke luar negeri. 
Kartu Kredit Nasional Ini merupakan jenis kartu kredit yang diterbitkan oleh bank, tanpa menjalin kerjasama dengan perusahaan kartu kredit global, sehingga hanya bisa digunakan untuk transaksi di dalam negeri saja. Salah satu bank yang menerbitkan jenis kartu kredit ini adalah bank BCA dengan produk BCA Card mereka. 

Jenis Kartu Kredit Berdasarkan Fungsinya 

Berdasarkan fungsinya, kartu kredit bisa dibedakan ke dalam beberapa jenis berikut ini: 

Jenis Kartu Kredit Deskripsi
Kartu Debit Visa atau Master Kartu debit yang sudah bekerjasama dengan perusahaan layanan keuangan Visa maupun Master bisa digunakan untuk bertransaksi sebagaimana layaknya transaksi kartu kredit. Kartu debit yang dikeluarkan oleh kedua perusahaan tersebut dapat dipakai bertransaksi, baik itu di dalam negeri maupun di luar negeri, selama terdapat saldo yang memadai di dalamnya.
Credit Card Sebagaimana namanya, kartu kredit merupakan alat pembayaran non-tunai yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai transaksi keuangan sesuai dengan limit yang diberikan oleh bank. Pembayaran tagihan kartu kredit sendiri akan dilakukan pada bulan berikutnya, sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan oleh bank. 
Pembayaran tagihan ini juga bisa dilakukan dalam jumlah minimum, sesuai dengan kebijakan yang dikeluarkan bank. Selain itu, tagihan kartu kredit juga bisa dibayar dalam bentuk cicilan tetap selama beberapa bulan, sesuai dengan fitur yang disediakan oleh bank. 
Charge Card Charge card atau yang juga dikenal dengan nama kartu biaya/ pembayaran merupakan jenis kartu yang bisa digunakan untuk melakukan transaksi non-tunai. Pembayaran tagihan kartu ini akan dilakukan setiap akhir bulan atau di bulan berikutnya, sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan oleh bank. Namun berbeda dengan kartu kredit yang bisa dibayar sebagian, tagihan kartu ini harus dilakukan sekaligus atau langsung dilunasi dalam satu kali pembayaran. 
Cash Card Cash card atau yang juga dikenal dengan sebutan kartu tunai merupakan jenis kartu yang bisa dipakai untuk melakukan transaksi penarikan tunai, baik itu penarikan tunai melalui teller atau lewat mesin ATM yang lebih mudah ditemukan. 
Cheque Guarantee Card Jenis kartu yang satu ini juga dikenal dengan nama kartu jaminan. Ini merupakan jenis kartu yang bisa digunakan oleh nasabah sebagai jaminan, jika nasabah yang bersangkutan ingin melakukan pencairan/ penarikan dana dalam jumlah tertentu dari bank. Penarikan dana dengan kartu jaminan ini biasanya dilakukan langsung di teller bank.

Jenis Kartu Kredit Berdasarkan Afiliasi 

Berdasarkan afiliasinya, kartu kredit bisa dibedakan menjadi beberapa jenis berikut ini: 

Jenis Kartu Kredit Deskripsi
Co-Branding Credit Card Co-Branding Credit Card merupakan jenis kartu kredit yang penerbitannya dilakukan oleh bank dengan cara menjalin kerjasama dengan perusahaan pengelola kartu kredit global yang memiliki jangkauan luas, misalnya: Visa, Amex, MasterCard, dan yang lainnya. 
Affinity Card Affinity card juga dikenal sebagai kartu kredit instansi. Ini merupakan jenis kartu kredit yang dikeluarkan untuk kepentingan instansi-instansi tertentu, misalnya: perusahaan, universitas, dan yang lainnya. Ada banyak bank yang menjalin kerjasama untuk mengeluarkan jenis kartu kredit yang satu ini, seperti BNI dengan Pertamina, dan yang lainnya. 
Private Label Card Ini merupakan jenis kartu kredit yang dikeluarkan secara private oleh bank. Sebagaimana namanya, kartu kredit ini diterbitkan oleh bank tanpa melakukan kerja sama dengan perusahaan jaringan kartu kredit global, seperti Visa, MasterCard, dan yang lainnya. 

Pilih dan Gunakan Kartu Kredit yang Tepat 

Kartu kredit merupakan alat pembayaran yang dikeluarkan oleh bank untuk kebutuhan transaksi nasabahnya. Ada banyak kemudahan dan keuntungan yang bisa diberikan fasilitas yang satu ini. Pilih menggunakan jenis kartu kredit yang tepat sejak awal, sehingga alat pembayaran tersebut bisa memberikan manfaat yang maksimal di dalam penggunaannya.