Mengenal Halving Bitcoin dalam Dunia Investasi Kripto

Halving bitcoin atau bitcoin halving merupakan fenomena yang terjadi setiap empat tahun dan mengurangi imbalan blok hingga 50%. Hal ini pasti sudah familiar bagi mereka yang telah lama berkecimpung di pasar cryptocurrency. Namun, bagi yang baru memulai investasi kripto mungkin bertanya-tanya dengan hal itu.

Sebagai informasi, halving bitcoin atau pemotongan imbalan hasil tambang bitcoin untuk setiap blok yang berhasil diversifikasi. Peristiwa ini terprogram dan dirancang untuk mengurangi laju penciptaan bitcoin baru secara bertahap.

Lantas, bagaimana cara kerja pada halving bitcoin itu sendiri? Yuk, simak informasi lengkapnya pada artikel ini!

Bingung cari investasi Reksa Dana yang aman dan menguntungkan? Cermati solusinya!

Mulai Berinvestasi Sekarang!  

Pengertian Bitcoin Halving

loader

Secara umum, istilah Bitcoin halving bisa dipahami sebagai pemotongan hadiah atau imbalan dari blok Bitcoin. Dalam kata lain, saat fenomena ini terjadi, hadiah atau imbalan yang diterima oleh para penambang atau miner Bitcoin atas tiap blok yang berhasil diverifikasi akan dipotong setengahnya. 

Fenomena ini terjadi dan terprogram secara permanen pada kode sistem jaringan Bitcoin. Tujuan Bitcoin halving dirancang dan dilakukan adalah untuk secara bertahap menekan laju penciptaan Bitcoin yang baru. 

Cara Kerja Halving Bitcoin

Mata uang fiat biasanya dicetak oleh bank sentral tanpa batas. Hal ini berbeda dengan kripto, yakni bitcoin yang memiliki maksimum pasokan sebanyak 21 juta koin. Untuk mencapai batas pasokan, bitcoin menggunakan mekanisme penambangan menggunakan komputer. Penambangan berupa pemecahan teka-teki. 

Penambangan pertama yang berhasil akan mendapat hadiah berupa bitcoin baru. Setiap blok yang ditambang akan mendapat hadiah sebesar 50 bitcoin. Akan tetapi, setiap 210.000 blok yang ditambang, hadiah akan dipotong setengahnya. Peristiwa ini terjadi sekitar empat tahun sekali.

Melihat hal tersebut, kamu tentu berpikir bahwa halving bitcoin akan sangat merugikan. Lalu, apa sebenarnya tujuan dari halving bitcoin

Tujuan Halving Bitcoin

Pemotongan imbalan bitcoin ternyata memiliki beberapa tujuan. Selain menjaga pasokan bitcoin, ada pula beberapa tujuan lainnya sebagai berikut.

  1. Tujuan dari halving bitcoin utamanya adalah mempengaruhi laju penciptaan bitcoin baru, secara bertahap mengurangi pasokan hingga mencapai batas maksimum 21 juta koin.
  2. Halving bitcoin juga membantu menjaga kelangkaan bitcoin dan meningkatkan nilainya.
  3. Menjaga stabilitas nilai bitcoin dan mencegah inflasi.

Itulah beberapa tujuan halving bitcoin yang bermanfaat agar investasi kripto tetap stabil. Meskipun memiliki tujuan yang baik, hal tersebut tentunya tetap memiliki dampak tertentu. Terutama, terhadap harga bitcoin itu sendiri.

Dampak Halving Bitcoin

Perlu diketahui, bitcoin halving berdampak cukup signifikan terhadap bitcoin. Berikut adalah beberapa dampak yang perlu diketahui.

  1. Mengurangi Suplai Bitcoin Dunia

    Saat laju percepatan bitcoin berkurang, membuat pasokan yang beredar pun menjadi lebih sedikit. Hal itu menyebabkan peningkatan permintaan dan kenaikan harga bitcoin. Contohnya, setelah terjadinya halving ketiga pada tahun 2020 lalu. Harga bitcoin pada saat itu melesat mencapai rekor tertinggi sepanjang masa, yakni di atas $64.000.

  2. Meningkatkan Kelangkaan

    Halving pada bitcoin ternyata juga berdampak pada kelangkaan. Hal ini tentu membuat harga bitcoin juga semakin tinggi hingga menarik bagi investor baru, baik investor ritel maupun institusi.

  3. Meningkatkan Volatilitas

    Bitcoin halving ternyata juga seringkali menimbulkan spekulasi oleh para investor terkait kenaikan harganya. Hal ini menyebabkan peningkatan volatilitas harga bitcoin dalam jangka pendek serta menjadi celah bagi sebagian pelaku cryptocurrency yang berfokus pada trading jangka pendek.

    Itulah beberapa dampak bitcoin halving terhadap naiknya harga bitcoin. Namun, tidak ada jaminan bahwa bitcoin halving akan selalu menyebabkan kenaikan harga. Pasalnya, harga bitcoin dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor lain, seperti kondisi ekonomi global, sentimen pasar, dan regulasi dari pemerintah berbagai negara.

Perlukah Investasi Saat Halving Bitcoin

loader

Mengetahui informasi terkait halving bitcoin di atas, kamu mungkin bertanya-tanya apakah perlu berinvestasi kripto saat hal itu terjadi? Untuk diketahui, para investor bitcoin mungkin berekspektasi tinggi terhadap fenomena halving. Pasalnya, setelah momen itu, harga bitcoin umumnya cenderung naik.

Namun, tren tersebut ternyata bergerak lambat, selama berbulan-bulan dan tahunan hingga momen halving berikutnya. Selain itu, tidak ada pula jaminan bitcoin akan mengikuti lintasan yang sama. Oleh karena itu, investasi bitcoin sebelum, saat, bahkan setelah halving tidak menjamin besarnya keuntungan. Semua tergantung pada kondisi pasar kripto saat itu, tingkat toleransi risiko, serta pandanganmu.

Contoh, halving terbaru yang terjadi pada April 2024 cukup unik karena EFT Bitcoin Spot disetujui oleh SEC hanya selama beberapa bulan sebelum acara. Saat itu, Investor dan spekulator berbondong-bondong memindahkan modal adri bitcoin EFT Trust ke EFT tersebut. Namun, satu bulan setelah halving, pasar kembali bergeser dan harga justru turun.

Oleh karena itu, tidak ada jaminan halving dapat membuat harga bitcoin melambung. Investor tetap perlu cermat menebak dan mempertimbangkan risiko lainnya.

Alasan Bitcoin Halving Terjadi

Sebagai fenomena yang terjadi secara rutin dan pasti diantisipasi oleh para pemain crypto, ada beberapa alasan atau tujuan kenapa Bitcoin halving dilakukan. Berikut 3 alasan pemotongan hadiah mining Bitcoin dilakukan.

  • Mempengaruhi laju dari penciptaan Bitcoin baru di mana secara bertahap menekan pasokan sampai mencapai batas maksimal 21 juta BTC.
  • Menjaga kelangkaan dari Bitcoin serta meningkatkan nilainya.
  • Menghindari inflasi serta memastikan stabilitas dari nilai Bitcoin

Tips Sukses Investasi Cryptocurrency

Setelah mengetahui tentang Bitcoin halving, kamu tentu penasaran tentang bagaimana cara bijak menyikapinya ketika berinvestasi di mata uang crypto. Agar bisa memaksimalkan keuntungan dan meminimalkan risikonya, berikut beberapa tips sukses investasi cryptocurrency yang penting untuk kamu ketahui. 

1. Terus Tambah Wawasan Seputar Cryptocurrency

Selayaknya saat investasi di instrumen saham atau obligasi, kamu wajib memahami dulu cara kerja dan karakteristiknya. Hal ini juga berlaku pada mata uang crypto di mana kamu perlu mencari tahu tentang risiko serta potensinya sebagai instrumen investasi. 

2. Pastikan Kredibilitas Platform Investasi Crypto

Tips selanjutnya, pastikan untuk memilih platform investasi crypto yang terpercaya dan terjamin kredibilitasnya. Salah satu bukti keamanan dan legalitas layanan investasi online terpercaya di Indonesia adalah terdaftar BAPPEBTI dan OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Jika terdaftar dan diawasi oleh kedua lembaga tersebut, artinya sistem keamanan dan regulasi yang berlaku di platform investasi sesuai dengan aturan yang berlaku.

3. Jangan Lupa Diversifikasi Portofolio

Selain itu, tingginya risiko investasi crypto harus diantisipasi dengan melakukan diversifikasi. Diversifikasi sendiri adalah strategi investasi yang menyebar modal ke sejumlah instrumen investasi berbeda guna menekan risiko kerugian seluruh aset dengan waktu singkat. 

4. Awali dengan Modal Kecil

Jika masih awam dan belum berpengalaman dengan dunia crypto, awali investasi di instrumen ini dengan modal kecil lebih dulu. Dengan begitu, risiko kerugian yang kamu hadapi masih terukur dan aman bagi kondisi keuangan. Baru ketika sudah mulai memahami strategi dan cara mengambil keputusan, kamu bisa menambah modal investasi secara bertahap. 

Momen Halving Bitcoin jadi Peristiwa Penting Pasar Kripto

Halving adalah peristiwa penting untuk bitcoin yang selalu memberikan dampak signifikan terhadap nilainya. Bagi kamu yang aktif menjadi investor bitcoin, memahami bitcoin halving dan cara kerjanya dapat membantu kamu membuat keputusan investasi yang lebih tepat. Hanya saja, bagi kamu yang merupakan pemula pasar kripto, sebaiknya pelajari dan kenali terkait momen halving tersebut.

Dari sana, kamu bisa dapat mempelajari banyak hal terkait investasi dan penambangan bitcoin sehingga memberi peluang keuntungan. Demikianlah informasi terkait momen bitcoin halving yang menjadi momen penting dunia kripto yang terjadi setiap empat tahun sekali.