Lakukan Tips Ini Agar Tidak Mengalami Boarding Pass Hilang

Boarding pass adalah dokumen penting yang tidak boleh dilewatkan saat hendak naik pesawat. Bahkan, dokumen tersebut bisa dibilang menjadi syarat wajib penumpang pesawat menuju keberangkatan. Lalu, bagaimana jika boarding pass hilang? 

Sebagai informasi, boarding pass berisi informasi seputar keberangkatan penumpang, seperti nomor penerbangan, nomor pintu keberangkatan, waktu keberangkatan, dan lain sebagainya. Dokumen ini didapatkan saat check-in di bandara keberangkatan. 

Saat kehilangan boarding pass itu artinya kamu kehilangan dokumen penting sebagai penumpang pesawat. Kamu tentu akan merasa khawatir dan panik. Pasalnya, tanpa boarding pass kamu mungkin bisa dibatalkan sebagai penumpang pesawat atau tidak boleh ikut dalam penerbangan.

Bingung cari asuransi perjalanan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Jenis Perjalanan
Pilih Tujuan
Pilih Jenis Perlindungan
Pilih Jenis Polis
-

Bisakah Cetak Ulang Jika Boarding Pass Hilang?

loader

Sebagaimana diketahui, tidak semua orang mungkin terbiasa bepergian dengan transportasi pesawat. Nah, bagi mereka yang jarang atau pertama kali menggunakan moda transportasi penerbangan mungkin beranggapan bisa mencetak ulang boarding pass.

Perlu diketahui, cetak ulang boarding pass tidak dapat dilakukan meskipun rusak atau hilang. Pada beberapa maskapai, seperti Garuda Indonesia melalui unggahan Twitter yang menanggapi pertanyaan seseorang bahwa boarding pass hilang bukanlah tanggung jawab maskapai.

Kemudian, maskapai Citilink melalui website resminya juga menyebutkan bahwa boarding pass tidak dapat dicetak ulang. Hal ini pun juga diterapkan oleh hampir semua maskapai penerbangan. Untuk itu, kamu perlu menjaga boarding pass dengan baik seperti kamu menjaga paspor. Simpan dengan aman dan teliti untuk menghindari situasi kehilangan boarding pass.

Selain menyimpan cetakan boarding pass dengan baik, kamu juga bisa melakukan cara lain yang menjadi tips agar tidak kehilangan boarding pass. Yuk, simak informasi tips menghindari boarding pass hilang!

Tips Terhindar dari Boarding Pass Hilang atau Rusak

Saat boarding pass hilang kamu memang tidak bisa meminta petugas maskapai untuk cetak ulang. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan antisipasi sebelum mengalami musibah tersebut. Ada beberapa tips untuk menghindari terjadinya boarding pass hilang yang bisa dilakukan agar bisa mencapai tujuan perjalanan dengan lancar:

1. Simpan Boarding Pass Bersamaan dengan Paspor

Saat melakukan perjalanan internasional, penumpang pasti membawa paspor sebagai salah satu syarat. Nah, salah satu tips yang bisa dilakukan adalah menyimpan boarding pass bersamaan dengan paspor.

Dengan begitu dokumen boarding bisa lebih aman, tidak rusak maupun hilang. Sebab, kamu tentunya juga akan menjaga dengan baik dan aman paspor yang dimiliki.

2. Simpan Boarding Pass di Dompet

Menaruh atau menyimpan boarding pass di dompet juga bisa jadi solusi cerdas agar tidak hilang maupun rusak. Biasanya, penumpang akan menyimpan dompet di saku pakaian ataupun tas kecil yang terus dibawa-bawa kemana pun. Hal ini lebih aman daripada menyimpan boarding pass di saku secara langsung.

3. Melakukan Check-in Online

Tips terakhir adalah melakukan check-in online menggunakan handphone atau smartphone. Cara ini merupakan pilihan paling aman saat ini. Untuk diketahui, setiap maskapai menyediakan layanan check-in online melalui situs resminya. Dengan demikian, kamu hanya cukup melakukan check in dengan ponsel pintar di bandara keberangkatan dan menerima boarding pass elektronik.

Selain aman, cara ini juga lebih praktis sehingga kamu bisa mendapatkan boarding pass elektronik yang tersimpan di handphone serta dapat dicetak ulang kapan saja. Ketahui langkah check-in online berikut.

Langkah Check-in Online Tiket Pesawat

loader

  1. Pertama buka situs resmi maskapai penerbangan sesuai tiket pesawat yang dimiliki.
  2. Kemudian, masukkan kode booking dan nama penumpang. 
  3. Pilih nomor kursi dan proses check-in sampai selesai. 
  4. Lalu, masukkan alamat email.
  5. Setelah berhasil check-in lalu download atau print boarding pass agar tersimpan di handphone.

Itulah langkah check-in online yang bisa dilakukan dengan praktis dan aman. Dengan demikian, kamu tidak perlu repot dan khawatir kehilangan boarding pass. Dokumen elektronik yang tersimpan dalam di ponsel bisa ditunjukkan bahkan dicetak kapan pun.

Tetap Tenang Saat Boarding Pass Hilang

Kehilangan boarding pass pasti membuat kamu merasa sangat panik ketinggalan pesawat atau bahkan tidak bisa ikut keberangkatan penerbangan. Oleh karena itu, sebaiknya pahami dengan baik kebijakan maskapai penerbangan yang dipilih, termasuk hal yang harus dilakukan jika boarding pass hilang. 

Jika memang mendapatkan kondisi kehilangan boarding pass,  hindari panik berlebihan saat situasi tersebut. Sebab, hal itu akan membuat semakin rumit dan sulit menemukan solusi.

Langkah check-in secara online juga lebih disarankan agar lebih praktis serta dapat menyimpan boarding pass lebih aman di ponsel. Kamu pun tidak lagi khawatir dengan masalah boarding pass yang hilang atau rusak. Kamu pun sebaiknya melakukan check-in lebih awal agar tidak terburu-buru dan kehilangan fokus pada banyak hal.

Itulah beberapa informasi penting seputar boarding pass hilang dan cara tepat untuk mengatasinya. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!