Penyebab dan Waktu Terjadinya Momen Bull Run dalam Pasar Kripto

Dunia kripto memiliki berbagai momen dengan istilah khusus, salah satunya adalah Bull Run. Momen atau fenomena tersebut merupakan istilah bagi kenaikan harga di pasar kripto dalam jangka waktu tertentu. Pastinya, momen ini banyak investor yang membeli aset sehingga menimbulkan permintaan yang melebihi penawaran, harga aset naik, serta kepercayaan publik meningkat terhadap pasar kripto.

Umumnya, momen Bull Run bisa terjadi untuk kripto jenis apapun. Namun, salah satu contohnya terjadi pada Bitcoin. Sejak dibuat pertama kali pada tahun 2009, Bitcoin telah mengalami Bull Run beberapa kali, yaitu pada tahun 2013 dan 2017.

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab terjadinya momen Bull Run pada pasar kripto. Yuk, simak informasi lengkapnya!

Bingung cari investasi Reksa Dana yang aman dan menguntungkan? Cermati solusinya!

Mulai Berinvestasi Sekarang!  

Penyebab Bull Run pada Pasar Kripto

loader

Momen atau fenomena Bull Run dalam pasar kripto ternyata disebabkan oleh beberapa hal. Penyebab tersebut perlu diketahui, terutama bagi pegiat kripto pemula. Berikut lima penyebab terjadinya Bull Run dalam pasar kripto.

  1. Berita Positif

    Penyebab pertama terjadinya Bull Run adalah berita positif. Hal ini meliputi adanya proyek kripto yang signifikan, integrasi teknologi blockchain oleh perusahaan terkemuka, serta perkembangan teknologi yang mendapat sorotan positif dari media.

  2. Peningkatan Adopsi

    Saat pedagang, perusahaan, dan individu yang mengadopsi kripto sebagai alat pembayaran dan investasi semakin meningkat, maka mendorong tingginya permintaan dan kenaikan harga. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab Bull Run pada pasar kripto.

  3. Minat Institusi

    Penyebab lain terjadinya Bull Run adalah ketertarikan perusahaan terkemuka terhadap kripto dan mulai mengalokasikan investasi aset digital. Hal ini tentunya membangun kepercayaan serta menumbuhkan minat di kalangan investor kripto.

  4. Pasokan dan Permintaan

    Saat pasokan kripto terbatas dan peminatnya meningkat, maka harga cenderung turut naik. Prinsip ini pun berlaku sebaliknya, dimana saat permintaan menurun dan pasokan meningkat membuat harga menurun. Dinamika tersebut menjadi faktor yang mempengaruhi fluktuasi harga pasar kripto, di antaranya Bull Run.

  5. Perubahan dalam Kebijakan Regulasi

    Penyebab terakhir dari terjadinya momen Bull Run adalah perubahan regulasi yang mendukung atau memberikan klarifikasi mengenai status hukum kripto. Hal ini memberikan keyakinan pada investor bahwa aset digital tersebut diakui atau sah dan aman untuk digunakan.

    Itulah lima penyebab terjadinya momen Bull Run pada pasar kripto. Kamu mungkin bisa mengenali beberapa hal-hal tersebut, untuk dapat mengetahui sedang terjadinya fenomena ini.

Waktu Terjadinya Bull Run

Terjadinya Bull Run sebenarnya sulit untuk diprediksi. Akan tetapi, beberapa trader mencatat pola historis dimana Bull Run cenderung terjadi setelah periode bear market yang terjadi berkepanjangan. Masih secara historis, momen ini juga kerap terlihat kaitannya dengan periode halving.

Contohnya, Bull Run siklus pertama yang terjadi bersamaan dengan halving di tahun 2012. Hal serupa juga terjadi sejalan dengan halving tahun 2016 dan 2020. Meski demikian, tidak ada jaminan bahwa Bull Run akan terjadi setelah periode halving.

Kamu bisa mengamati pola historis terjadinya Bull Run untuk mengetahui kapan momen tersebut berlangsung. Nah, saat tengah terjadi kamu perlu memperhatikan beberapa hal.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Bull Run

loader

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam momen Bull Run di pasar kripto. 

  1. Volatilitas tinggi 

    Periode Bull Run seringkali diiringi dengan tingginya tingkat volatilitas sehingga harga mengalami kenaikan dan penurunan yang signifikan dalam waktu singkat. 

  2. Manajemen risiko

     Pastikan kamu sudah memiliki strategi manajemen risiko yang baik sebelum terlibat dalam investasi. Langkah ini dilakukan dengan tidak mengalokasikan dana melebihi batas rugi yang dapat ditanggung.

  3. Pencegahan penipuan

    Pilih aset yang kredibilitas dan lakukan pemeriksaan latar belakang agar aman saat berinvestasi. Sebab, seringkali muncul skema penipuan saat momen Bull Run

  4. Ikuti Berita Terbaru 

    Dalam dunia kripto, kamu perlu update terhadap berbagai berita positif dan negatif yang dapat mempengaruhi pasar dengan cepat. Tak terkecuali pada momen Bull Run untuk membantu membuat keputusan investasi yang informatif.

    Demikian beberapa hal penting yang perlu diperhatikan saat terjadinya Bull Run dan crypto. Dalam menghadapi fenomena ini, satu hal yang pasti terjadi adalah pasar kripto merupakan tempat yang penuh dengan peluang dan risiko.

Manfaatkan Momen Bull Run

Melalui pemahaman tepat sekaligus persiapan strategi yang matang, momen Bull Run bisa menjadi kesempatan untuk mencari keuntungan. Namun, kamu perlu melakukan riset menyeluruh agar strategi yang dipilih tidak keliru dan menyebabkan kerugian. 

Pasalnya, meski Bull Run berpotensi tinggi untuk meraup keuntungan besar, tetapi risiko yang dapat terjadi adalah kenaikan harga yang berakhir dengan cepat. Oleh sebab itu, pelajari dan pahami dengan cermat terkait peluang pada momen ini, terutama bagi pelaku baru di pasar kripto.


Dengan adanya informasi pada artikel ini juga diharapkan dapat membantu kamu mengenali momen Bull Run di pasar kripto. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!