Biar Lebih Hemat, Begini Cara Hilangkan Annual Fee Kartu Kredit

Tak dapat dipungkiri jika kartu kredit merupakan alat pembayaran yang mampu memberi segudang keuntungan ketika digunakan dengan tepat. Bisa membayar tagihan belanja di lain waktu dengan cara mencicil, kartu kredit andal membuat arus kas lebih lancar dan terjaga. Belum lagi dengan tawaran promo menarik yang mampu menghemat pengeluaran dan membuat aktivitas belanja lebih menyenangkan.

Namun, sebagai pengguna kartu kredit, kamu tentu menyadari jika keuntungan tersebut tidak diperoleh secara gratis. Selama aktif menjadi pemegang kartu kredit, kamu diwajibkan untuk membayar yang namanya biaya tahunan atau annual fee. Terasa menjengkelkan memang karena annual fee mampu membuat pengeluaran membengkak.

Tapi, apakah kamu tahu jika biaya tahunan alias annual fee ini bisa dihapus atau dihilangkan? Caranya pun tidak sulit asal tahu trik dan tipsnya. Nah, untuk mengetahui tentang annual fee dan cara menghapuskan biaya tersebut, simak penjelasan berikut ini. 

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Pengertian Annual Fee

Bagi pengguna kartu kredit, istilah biaya tahunan atau annual fee tentu sudah tidak asing lagi terdengar di telinga. Secara umum, annual fee adalah biaya yang dibebankan kepada pengguna kartu kredit untuk bisa menikmati layanannya. 

Definisi lain dari Annual fee adalah bentuk kompensasi dari layanan yang disediakan oleh penyedia kartu kredit pada nasabahnya. Tanpa membayar annual fee, kamu sebagai pengguna tidak akan bisa menikmati layanan, fasilitas, dan fitur yang disediakan alat pembayaran tersebut. 

Terkait nominal annual fee sendiri bervariasi tergantung dari kebijakan penyedia dan jenis layanan yang digunakan. Umumnya, semakin lengkap dan menguntungkan layanan kartu kredit, biaya tahunan yang dibebankan juga lebih besar. Oleh karena itu, kamu wajib mencari informasi dan membandingkan biaya tahunan yang dibebankan sejumlah penyedia kartu kredit agar bisa mengajukan layanan terbaik.

Cara Menghilangkan Annual Fee

Walaupun menjadi biaya yang wajib dibayarkan ketika menggunakan kartu kredit, tapi tetap saja annual fee bisa membengkakkan pengeluaran. Jika dirasa terlalu berat membebani keuangan, tentu pemilik kartu kredit menjadi lebih enggan untuk menggunakan layanan tersebut.

Untungnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan beban biaya tahunan ini ketika menggunakan kartu kredit, antara lain:

  1. Membuat Pengajuan Hapus Annual Fee Tanpa Syarat

    Cara pertama untuk menghilangkan beban biaya tahunan kartu kredit adalah dengan pengajuan hapus annual fee tanpa syarat. Kamu bisa menghubungi pihak bank penerbit untuk mengajukan permohonan penghapusan biaya tahunan ini tanpa syarat. 

    Namun, pahami jika permohonan tersebut tak selalu akan disetujui. Ada beberapa kondisi dan syarat yang harus dipenuhi agar penghapusan biaya tahunan dikabulkan, seperti riwayat penggunaan kartu kredit dan sebagainya. Jika memang dianggap berhak untuk memperoleh penghapusan biaya tersebut, maka permohonan akan dikonfirmasi dan kamu tidak lagi harus membayar annual fee kartu kredit

  2. Memohon “Challenge” pada Pihak Penerbit

    Cara yang kedua, kamu bisa melakukan “Challenge” ke pihak bank penerbit kartu kredit. Caranya dengan menghubungi pihak call center atau customer service, dan menyampaikan keinginan untuk mengajukan “Challenge” tersebut. Apa itu “Challenge”?

    “Challenge” adalah tantangan yang diajukan oleh pemegang kartu kredit dan berhubungan dengan penggunaan layanan tersebut. Contoh tantangan yang diajukan bisa berbelanja dengan jumlah tertentu, dan ketika berhasil, sebagai gantinya kamu bisa mendapat hadiah berupa bebas biaya tahunan. Menarik, bukan?

  3. Menukar Poin Reward untuk Hapus Annual Fee

    Cara terakhir adalah dengan menukarkan poin reward yang telah dikumpulkan dengan pembebasan biaya tahunan. Cara ini mudah dan simpel untuk dilakukan, asalkan poin belanja yang dimiliki cukup untuk ditukarkan dengan fitur tersebut. 

Tips Terbebas dari Annual Fee

Selain cara di atas, kamu juga bisa melakukan beberapa tips berikut ini agar terbebas dari annual fee. 

  1. Membuka Rekening di Bank Penyedia Kartu Kredit

    Tips yang pertama, kamu dapat membuka rekening tabungan di bank yang sama kamu mengajukan kartu kredit. Dengan cara ini, potensi untuk terbebas dari biaya tahunan kartu kredit akan menjadi lebih tinggi sesuai dengan kebijakan bank penerbitnya. 

  2. Selalu Bayar Tagihan Tepat Waktu

    Tips lainnya, peluang untuk terhindar dari biaya tahunan kartu kredit adalah dengan selalu membayar tagihannya tepat waktu. Karena telah disiplin memenuhi tanggung jawabnya, pihak bank tentu tidak akan ragu memberi fasilitas tambahan untuk menjaga loyalitas nasabahnya, termasuk salah satunya membebaskan annual fee. 

  3. Membuat Kartu Kredit Bebas Annual fee

    Terakhir, kamu juga bisa mengajukan jenis kartu kredit yang memang membebaskan biaya tahunan pada para nasabahnya. Walaupun begitu, fitur ini mungkin hanya bisa didapatkan oleh pengguna setia kartu kredit yang telah menjadi nasabah selama beberapa waktu. Jadi, pastikan terlebih dahulu ketersediaannya kepada pihak penyedia kartu kredit. 

Cari Tahu Triknya agar Annual Fee Tak Bebani Keuangan

Meski menawarkan segudang fitur dan keuntungan, tapi penggunaan kartu kredit bisa memberi beban tersendiri bagi keuangan karena adanya biaya tahunan atau annual fee. Untungnya, asal tahu caranya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghapus iuran tahunan tersebut. Nah, semoga penjelasan di atas mampu membantumu untuk terbebas dari keharusan membayar annual fee agar penggunaan kartu kredit terasa lebih maksimal dan menguntungkan.