Pesona Investasi Valas yang Ternyata Punya Banyak Keuntungan

Sudah menjadi rahasia umum jika investasi adalah salah satu cara ideal untuk menyimpan sekaligus menumbuhkan uang. Entah itu untuk dana darurat, tabungan masa depan, hingga meraih tujuan finansial bisa dilakukan dengan lebih optimal melalui investasi. Yang penting, pahami jika setiap instrumen investasi pasti mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri yang perlu disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan keuanganmu. 

Berbicara soal instrumen investasi, apakah kamu tertarik menanam modal di valuta asing atau valas? Investasi valas merupakan aktivitas menanam modal yang dilakukan investor dengan memperjualbelikan mata uang asing di perdagangan internasional. 

Dengan cara kerjanya tersebut, keuntungan investasi valas bergantung dari fluktuasi nilai mata uang serta kepiawaian investor dalam memanfaatkan momentum. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa keuntungan investasi valas dan cara tepat melakukannya, kamu bisa mencermati penjelasan berikut ini. 

Apa Itu Investasi Valas?

loader

Investasi Valas

Valuta asing atau biasa disingkat valas adalah mata uang asing resmi dan diakui, yang biasa digunakan menjadi alat pembayaran ketika bertransaksi di perdagangan internasional. Sehingga, investasi valas bisa dipahami sebagai kegiatan investasi yang memanfaatkan fluktuasi dan momentum kenaikan atau penurunan nilai tukar mata uang asing, atau biasa disebut kurs. 

Pada dasarnya, prinsip investasi valas adalah kamu selaku investor membeli valuta atau mata uang asing di harga rendah. Lalu, ketika harganya naik, kamu menjualnya untuk mendapatkan capital gain dari selisih harga beli dan harga jualnya. 

Investasi valas biasanya dilakukan melalui produk deposito valas, yaitu simpanan berjangka dengan beragam opsi mata uang asing. Pilihan mata uang pada deposito valas biasanya mencakup USD, dolar Singapura, yen Jepang, euro, sampai yuan China. 

Sifat deposito valas secara umum adalah berjangka dan mempunyai tenor tertentu, mulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, sampai 24 bulan. Karena memakai mata uang sejumlah negara, umumnya deposito valas menyesuaikan suku bunga acuan internasional. Tapi, persentasenya masih lebih rendah ketimbang deposito rupiah

Apa Keuntungan Investasi Valas?

Jika dibandingkan dengan instrumen investasi lain, investasi valas memiliki beragam keunggulan yang bisa menjadi bahan pertimbangan investor. Berikut beberapa keuntungan investasi valas yang mungkin kamu dapatkan. 

  1. Mudah Dicairkan

    Bagi para investornya, investasi valas dikenal mempunyai likuiditas tinggi yang membuatnya mudah untuk dicairkan ketika dibutuhkan. Dalam kata lain, ketika sewaktu-waktu diterpa masalah keuangan mendesak, kamu bisa dengan mudah menjual valas untuk mendapatkan dana tunai. Pun sebaliknya, jika ingin membeli valas, kamu juga bisa langsung melakukannya di pasar internasional ketika dibutuhkan. 

    Tidak hanya itu, konversi valuta asing juga secara umum dapat dilakukan secara cepat menggunakan harga wajar. Jadi, nilainya pun lebih stabil ketimbang instrumen investasi lainnya. 

  2. Jarang Terdampak Devaluasi

    Keuntungan investasi valas lainnya adalah instrumen ini sulit terkena dampak devaluasi alias penurunan nilai. Selama mata uang yang dipilih merupakan favorit investor dunia, misalnya USD, dolar Australia, atau pound sterling, risiko devaluasi nyaris tidak mungkin terjadi. 

    Kenapa demikian? Alasannya karena ekonomi negara dengan mata uang tersebut terbilang sangat stabil. Sehingga, investasi valas berpeluang lebih tinggi memberi keuntungan bagi investor. 

  3. Fluktuasi Kurs per Tahun Cenderung Positif

    Selain itu, investasi valas juga menguntungkan karena fluktuasi kurs tahunannya cenderung terus menguat. Bukan tanpa alasan, kuatnya nilai mata uang asing disebabkan karena tingginya minat investor menanam modal di instrumen tersebut. Pun ketika nilai rupiah melemah, kamu berpeluang tinggi meraih keuntungan ketika investasi di instrumen ini. 

Tips Investasi Valas untuk Untung Maksimal

Sebagai instrumen investasi, valas sebenarnya mempunyai tingkat risiko yang cukup tinggi. Untuk itu, investor valas perlu cermat dalam menjalani aktivitas investasi dan mengambil keputusan agar terhindar dari risiko kerugian. Sebagai panduan, berikut beberapa tips investasi valas yang penting untuk kamu ketahui. 

  1. Tepat Memilih Mata Uang

    Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, risiko investasi valas bisa dihindari dengan membeli mata uang yang terjamin pergerakan nilainya. Umumnya, pilih valuta asing yang kuat serta stabil terhadap rupiah. Kamu mungkin mempunyai preferensi tersendiri, tapi beberapa rekomendasi mata uang asing untuk investasi valas adalah USD dan EUR atau pound sterling

  2. Selalu Update Pergerakan Kurs

    Tips lainnya, rutin membaca informasi pergerakan kurs merupakan kunci penting untuk sukses berinvestasi valas. Terlebih, perubahan kurs jual dan kurs beli bisa saja terjadi dalam waktu singkat sehingga perlu secara berkala dipantau. Dengan begitu, kamu bisa lebih cepat mengambil keputusan investasi menyesuaikan kondisi atau pergerakan kurs tersebut. 

  3. Tak Mudah Panik dan Rutin Evaluasi

    Ketika performa investasi valas tak sesuai ekspektasi atau menurun, usahakan untuk tidak panik dan mencairkan dananya secara mendadak. Lakukan evaluasi sembari membaca tren pergerakan nilai valuta di pasar agar bisa menentukan langkah investasi terbaik selanjutnya. 

Jadi, Siap Mendulang Cuan dari Investasi Valas?

Itulah penjelasan tentang investasi valas yang bisa dijadikan pilihan untuk menanam modal dan meraih tujuan finansial. Investasi valas sebenarnya mampu memberikan keuntungan yang menjanjikan jika dilakukan dengan cara dan strategi yang tepat. Jadi, pastikan untuk memahami penjelasan dan mengikuti tips di atas agar bisa mendulang keuntungan optimal dari investasi valas.