Punya Nilai Manfaat, Ini 5 Jenis Fasum yang Perlu Tersedia di Perumahan

Fasilitas umum (Fasum) merupakan aspek penting bagi masyarakat, tak terkecuali di lingkungan perumahan. Saking krusialnya, pemerintah pun telah menetapkan aturan baku terkait fasum perumahan dalam Undang-Undang (UU) Nomor 1 Tahun 2011 Pasal 3 tentang Perumahan dan Permukiman.

Dalam UU tersebut dijelaskan bahwa pengembang wajib menyediakan sarana dan prasarana dalam perumahan sebagai pendukung aktivitas penghuninya. Oleh sebab itu, pengembang wajib menyediakan tanah fasum. Sebagai informasi, tanah fasum adalah lahan khusus yang disediakan untuk membangun fasilitas umum, seperti tempat ibadah hingga taman bermain anak.

Tujuan daripada fasum perumahan adalah meningkatkan kualitas hidup masyarakat di lingkungan tersebut. Dari adanya aturan itu, pemerintah juga memberi sanksi tegas bagi pengembang yang tidak menyediakan fasum perumahan. Di antaranya, pembatalan izin, pengenaan denda administratif, pembatasan kegiatan pembangunan, serta penghentian sementara atau tetap pada pelaksanaan pembangunan dan pengelolaan perumahan.

Bingung Cari Produk KPR Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KPR Terbaik! 

Manfaat Fasum

loader

Bicara tentang fasum, ada beberapa manfaat dari tersedianya fasilitas ini di perumahan. Berikut adalah manfaat fasum perumahan yang dapat diketahui.

  1. Meningkatkan Kualitas Hidup

    Manfaat utama tersedianya fasilitas umum pada lingkungan perumahan tentunya adalah meningkatkan kualitas hidup. Misal, tersedianya tempat ibadah untuk meningkatkan keimanan, taman bermain anak serta lingkungan hijau yang menciptakan hidup sehat, serta akses menuju fasilitas sosial yang memadai, seperti sekolah hingga transportasi.

  2. Meningkatkan Interaksi Sosial

    Manfaat lain daripada fasum perumahan selain meningkatkan kualitas hidup juga meningkatkan interaksi sosial. Hal itu karena keakraban atau sosialisasi masyarakat atau warga di lingkungan tersebut akan menjadi lebih terjalin. Terlebih, jika tersedianya fasilitas balai warga, pos pelayanan terpadu (posyandu), dan lain sebagainya yang membuat warga sering berkumpul.

  3. Meningkatkan Nilai Properti dan Bisnis

    Adanya tanah fasum pada lingkungan perumahan juga mendorong nilai properti dan bisnis. Tersedianya fasum yang berkualitas akan menarik minat pembeli serta investor karena dapat menciptakan lingkungan menarik dan nyaman. Dengan begitu, lingkungan di sekitar perumahan juga akan lebih bertumbuh untuk hadirnya berbagai peluang bisnis.

Itulah beberapa manfaat fasum di perumahan yang perlu diketahui. Lalu, apa saja sih sebenarnya jenis fasum yang perlu tersedia pada perumahan? Berikut akan dijelaskan!

5 Jenis Fasum Perumahan yang Wajib Ada

loader

Setelah mengetahui pentingnya hingga manfaat fasum perumahan. Maka, kamu mungkin perlu mempertimbangkan hal ini saat hendak membeli rumah. Nah, ada beberapa jenis fasum yang utamanya tersedia di perumahan. Berikut 5 fasum yang wajib ada di perumahan.

  1. Tempat Ibadah

    Selain spesifikasi rumah yang memadai, fasilitas rumah ibadah yang tersedia di lingkungan perumahan juga menjadi salah satu hal penting. Hal ini bermanfaat untuk kebutuhan rohani dan peribadatan warga komplek. Dengan demikian, juga dapat tercipta kerukunan antar warga dan sesama umat beragama.

    Bentuk fasum ibadah dapat disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Contohnya, pembuatan mushola atau masjid jika mayoritas masyarakat komplek umat muslim. Kemudian, adanya gereja jika mayoritas warga umat kristiani.

  2. Fasilitas Jalan dan Transportasi

    Mobilitas masyarakat perumahan perlu didukung dengan adanya fasilitas akses jalan serta transportasi umum memadai. Oleh sebab itu, akses jalan dan transportasi umum di sekitar perumahan menjadi fasum yang tak boleh terlewatkan. 

    Beberapa fasum transportasi umum di perumahan, seperti angkot, bus, ojek, dan lainnya. Kemudian, pihak agen perumahan juga harus mampu menyediakan akses jalan yang bagus sehingga mobilitas warga berjalan lancar.

  3. Taman Bermain dan Area Hijau

    Fasilitas taman bermain dan area hijau menjadi hal utama. Pasalnya, bagi pasangan yang sudah memiliki anak pasti sangat mempertimbangkan adanya fasum tersebut di lingkungan perumahan. Selain rumah yang nyaman, warga pun bisa mengajak anak-anak bermain lebih aman di area komplek.

    Selain itu, area publik hijau di lingkungan perumahan pun biasanya menjadi sarana warga berolahraga. Adanya fasum ini tentu sangat mendorong minat masyarakat terhadap perumahan tersebut.

  4. Aula atau Balai Warga

    Selanjutnya, fasilitas umum perumahan yang tidak boleh ketinggalan adalah aula atau balai warga. Fungsinya adalah menjadi ruang publik untuk pertemuan warga perumahaan, seperti musyawarah, pemilihan ketua RT dan RW, serta berbagai kegiatan sosial lainnya. Adanya fasum ini juga mendorong keakraban antar warga ketika sering bertemu.

  5. Pos Keamanan

    Terakhir, ada pos keamanan yang juga jadi salah satu fasilitas perumahan yang wajib tersedia. Dengan adanya pos keamanan serta petugas yang berjaga menjadi langkah antisipasi lingkungan perumahan yang lebih aman.

    Nantinya, pos keamanan dapat berfungsi untuk warga melapor jika terjadi masalah keamanan serta memantau keluar masuk warga serta orang asing di lingkungan perumahan.

    Itulah 5 jenis fasum di perumahan yang wajib tersedia untuk mendukung kebutuhan dan kenyamanan warganya.

Pastikan Memilih Perumahan yang Menyediakan Fasum

Demikianlah informasi seputar pentingnya tanah fasum, manfaatnya serta jenis yang wajib ada pada perumahan. Saat ini, masyarakat Indonesia mayoritas memilih membeli perumahan sebagai hunian. Nah, sebaiknya tidak hanya memperhatikan kenyamanan bangunan rumah saja. Akan tetapi, perhatikan juga fasilitas publik yang tersedia di sekitarnya.

Keberadaan berbagai fasum di area perumahan sangat mendukung kenyamanan hidup dari berbagai aspek. Maka dari itu, semoga informasi pada artikel ini bermanfaat untuk kamu dan keluarga ya!