Jenis Kartu Kredit yang Mesti Kamu Ketahui

Kartu kredit dikenal sebagai opsi pembayaran nontunai untuk berbagai transaksi di seluruh belahan dunia. Secara umum, kartu kredit merupakan alat pembayaran nontunai yang digemari karena memiliki fungsi yang sangat praktis sebagai pengganti uang tunai, serta bisa digunakan untuk transaksi dimanapun kamu berada. 

Kamu bisa menggunakan kartu kredit untuk transaksi apa pun tanpa harus memiliki sejumlah uang terlebih dahulu. Tapi nantinya, kamu wajib melunasi pembayaran tersebut beserta bunga dengan cara cicilan atau angsuran sesuai periode waktu yang ditentukan.

Tapi, tahukah kamu jika ada banyak tipe kartu kredit yang menawarkan kegunaan dan fitur berbeda? Jika ingin mendapatkan manfaat yang optimal dari layanan ini, memahami jenis kartu kredit tentu penting untuk dilakukan. 

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Manfaat Kartu Kredit 

Sebelum membahas lebih jauh tentang jenis atau tipe kartu kredit, ada baiknya kita memahami dulu manfaat apa saja yang ditawarkannya. Berikut adalah berbagai manfaat kartu kredit dalam bertransaksi. 

  • Belanja Online Jadi Lebih Mudah 

    Mau belanja di toko luar negeri atau dalam negeri, bayar pakai kartu kredit bisa lebih mudah. Kamu pun bisa memanfaatkan penawaran bunga rendah atau cicilan 0% saat bertransaksi. 

  • Banyak Promo 

    Untuk urusan promo, kartu kredit selalu terdepan. Ada banyak jenis kartu kredit dari bank penerbit yang menawarkan promo, seperti potongan tiket pesawat, cashback setiap melakukan transaksi, dan sebagainya. Dengan promo ini, pengeluaranmu bisa lebih hemat.

  • Seluruh Pengeluaran Tercatat dengan Baik 

    Dengan menggunakan kartu kredit, pengeluaranmu otomatis akan tercatat dengan baik. Nantinya, catatan pengeluaran tersebut akan dikirimkan ke nasabah dengan melampirkan mutasi transaksi bulanan. Jadi, kamu tidak perlu bingung lagi jika ingin merekap pengeluaran. 

  • Poin Kartu Kredit Bisa Ditukar untuk Travelling

    Tahukah kamu bahwa ada jenis kartu kredit yang punya fitur pengumpulan poin di mana poin tersebut bisa ditukarkan dengan airline miles? Benar sekali. Salah satu keuntungan menggunakan kartu kredit yang bisa kamu dapatkan adalah banyaknya potongan harga untuk tiket perjalanan atau akomodasi lainnya. Dengan begitu, travelling jadi lebih menyenangkan. 

Jenis-Jenis Kartu Kredit

loader

Setelah memahami berbagai manfaat kartu kredit, perlu digarisbawahi kalau keuntungan yang ditawarkan bisa berbeda-beda tergantung dari pemilihan jenis atau tipe kartu kreditnya. Oleh karena itu, penting untuk memahami apa saja jenis-jenis kartu kredit sebelum memutuskan untuk mengambilnya. 

Secara umum, tipe atau jenis kartu kredit dibedakan berdasarkan limitnya, kegunaannya, tempat atau wilayah berlakunya, dan afiliasinya. Supaya lebih paham, berikut penjelasannya. 

Jenis Kartu Kredit Berdasarkan Limitnya

Sebagai alat pembayaran nontunai yang dikeluarkan oleh perbankan, kartu kredit memiliki limitasi pemakaian yang disesuaikan dengan kemampuan finansial penggunanya. Adanya limitasi pemakaian ini akan mempengaruhi kapasitas atau batas pemilik kartu dalam bertransaksi. 

Salah satu provider kartu kredit yang paling banyak digunakan adalah Visa dan Mastercard. Baik Visa ataupun Mastercard, keduanya menawarkan berbagai tingkatan limit kepada penggunanya. Berikut adalah tipe dan jenis kartu kredit berdasarkan limitnya. 

5 Tipe Kartu Kredit Visa Berdasarkan Tingkatan Limitnya

  1. 1. Visa Classic

    Kartu kredit yang satu ini merupakan kartu kredit dengan batas (limit) yang paling rendah, baik untuk belanja maupun fiturnya. Lalu, untuk batas limitnya adalah maksimal Rp5 juta, limit ini tidak berbeda jauh dengan batas transaksi yang dikeluarkan oleh bank nasional.

  2. 2. Visa Gold

    Berada di tingkatan lebih atas dari Visa Classic, Visa Gold menawarkan beberapa fitur diskon di merchant dan batas kredit yang lebih tinggi. Kartu ini ditujukan untuk pengguna yang berpenghasilan sekitar Rp5 juta hingga Rp25 juta per bulan. Lalu, batas kredit atau limit maksimal Visa Gold mencapai hingga Rp100 juta, limit ini juga tergantung pada kebijakan bank penerbit kartu kredit.

  3. 3. Visa Platinum

    Kartu kredit yang satu ini umumnya banyak digunakan oleh para pebisnis. Untuk memiliki kartu ini, pengguna harus memiliki pendapatan sekitar Rp25 juta ke atas per bulannya, atau minimal Rp28 juta. Sedangkan, batas kredit atau limit maksimal mulai dari Rp75 juta hingga tak terbatas (unlimited).

  4. 4. Visa Signature

    Kartu kredit yang satu ini sangat eksklusif dan hanya dimiliki beberapa orang saja karena minimum pendapatan pemilik kartu kredit ini berada di kisaran Rp20 juta per bulannya. Limit maksimal kartu kredit tipe ini mulai dari Rp100 juta hingga unlimited. Beberapa fasilitas pun juga ditawarkan kepada pemilik kartu, seperti airport lounge hingga ke travel assist dan golf membership.

  5. 5. Visa Infinite

    Tingkatan kartu kredit Visa yang terakhir adalah Visa Infinite. Namun, perlu diketahui bahwa Visa Infinite tidak ditawarkan untuk umum. Kartu eksklusif ini hanya akan ditawarkan dan dimiliki oleh nasabah yang memiliki aset di atas US$100 ribu. Batas atau limit kredit yang diberikan mulai dari Rp50 juta hingga unlimited. Pemilik kartu kredit ini pun akan mendapatkan fasilitas travel assist, asuransi perjalanan, booking jet pribadi, hingga special priority pass.

5 Tipe Kartu Kredit Mastercard Berdasarkan Tingkatan Limitnya

  1. 1. Mastercard Classic

    Tak berbeda jauh dengan Visa Classic, Mastercard juga menghadirkan varian Mastercard Classic yang menawarkan limit kredit hingga Rp5 juta. Dengan plafon rendah tersebut, syarat minimal pendapatan untuk mengajukan kartu kredit ini juga cenderung kecil, yaitu minimal Rp5 juta per bulan.

  2. 2. Mastercard Gold

    Kartu ini berada di atas jenis Classic. Tidak berbeda jauh dengan Visa, Mastercard Gold memiliki limit kredit hingga Rp100 juta. Biasanya, kartu kredit jenis ini diajukan nasabah yang mempunyai pendapatan sekitar Rp5 juta sampai Rp10 juta per bulan. 

  3. 3. Mastercard Platinum

    Jika ingin mendapatkan plafon yang lebih tinggi lagi, kamu bisa memilih kartu kredit Mastercard Platinum dengan limit mencapai Rp75 juta hingga unlimited. Tipe kartu kredit ini juga menawarkan berbagai benefit lain yang ditawarkan kepada nasabahnya. 

  4. 4. World Mastercard

    Mastercard World hampir serupa dengan Visa Infinite. Namun, setiap tahunnya minimal penggunaan harus sebesar Rp75 juta. Jika pengguna melakukan transaksi kredit minimal di bawah Rp75 juta, maka pengguna akan dikenakan iuran tahunan atau bulanan yang akan disesuaikan oleh kebijakan masing-masing bank penerbit. 

  5. 5. World Elite Mastercard

    Elite World Mastercard merupakan tingkatan kartu kredit tertinggi yang dimiliki Mastercard. Tentunya, benefit yang ditawarkan kepada pemilik kartu ini pun beragam, salah satunya adalah mendapatkan kemudahan lebih di semua aspek, baik dalam reservasi hotel berkelas tinggi, di bandara, restoran mewah, dan lain-lain. 

Jenis Kartu Kredit Berdasarkan Wilayah Berlakunya

Bukan hanya dibedakan berdasarkan limitnya, tipe kartu kredit juga dibedakan berdasarkan wilayah berlakunya. Berikut penjelasan lengkapnya. 

  1. 1. Kartu Kredit Nasional

    Sesuai namanya, kartu kredit tipe ini hanya bisa digunakan dan berlaku di sebuah negara tertentu saja. Sebagai contoh, kamu hanya bisa menggunakan kartu kredit nasional di kawasan Indonesia saja. Jika bepergian ke luar negeri, Malaysia misalnya, kartu kredit tersebut tidak akan bisa digunakan untuk menyelesaikan transaksi di sana. 

    Bahkan, perusahaan afiliasi atau perbankan internasional menjalin kerja sama dengan perbankan lokal untuk menerbitkan kartu kredit nasional di kawasan incarannya. Alasannya agar layanan yang diberikan lebih efisien dan praktis digunakan para nasabahnya.

  2. 2. Kartu Kredit Internasional

    Sementara jika ingin menggunakan kartu kredit dengan layanan yang bisa digunakan di berbagai negara, kamu bisa mengajukan kartu kredit internasional. Untuk saat ini, pangsa pasar layanan kartu kredit internasional didominasi 2 merek, yakni Mastercard dan Visa yang sudah mempunyai ratusan juta pemilik kartu dari seluruh dunia. Selain Visa dan Mastercard, ada juga provider kartu kredit internasional lainnya, seperti JCB, Dinners Club, Carte Blanche, dan American Express. 

Jenis Kartu Kredit Berdasarkan Afiliasinya

Lalu, kartu kredit juga bisa dibedakan berdasarkan afiliasinya. Biasanya jenis kartu kredit ini bekerja sama dengan perusahaan atau instansi tertentu untuk menawarkan berbagai keuntungan kepada nasabahnya. Berikut penjelasan lengkapnya. 

  1. 1. Affinity

    Tipe kartu kredit affinity adalah layanan yang hadir sebagai bentuk kerja sama antara bank penerbitnya dengan sejumlah perusahaan, organisasi, atau institusi. Desain serta logo dari kartu kredit ini umumnya dibuat secara khusus agar mampu menunjukkan kesan eksklusif. 

    Pada dasarnya, penerbitan dari kartu kredit jenis ini dilakukan dalam rangka promosi atau kampanye tertentu dan memungkinkan pemiliknya untuk berkontribusi di dalamnya. Pasalnya, beberapa persen transaksi yang dilakukan nasabah kartu ini akan dikembalikan pihak bank penerbit dengan bentuk endowment funds. 

    Beberapa institusi atau organisasi yang diajak kerja sama pada kartu kredit jenis ini, antara lain, perguruan tinggi, organisasi alumni, komunitas hobi, dan sebagainya. 

  2. 2. Co-Branding

    Selain affinity, ada pula kartu kredit tipe co-branding, yaitu layanan yang hadir dari hasil kolaborasi beberapa brand, misalnya bank penerbit dan institusi atau perusahaan lain. Contoh paling sederhana dari brand yang bekerja sama menerbitkan kartu kredit jenis ini adalah supermarket, maskapai penerbangan, hotel, dan sebagainya. 

    Dengan kartu kredit jenis ini, kamu bisa mendapatkan beragam promo menarik ketika bertransaksi dengan brand kolaborasinya. Hal tersebut bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi nasabah yang sering melakukan transaksi di brand yang bekerja sama menerbitkan kartu kredit tipe co-branding

  3. 3. Private Label

    Terakhir ada kartu kredit jenis private label yang secara mandiri diterbitkan oleh bank penerbitnya tanpa menggaet kerja sama dengan pihak mana pun. Biasanya, layanan ini membebankan biaya iuran tahunan yang lebih terjangkau, serta fitur atau keuntungan yang tak kalah menarik dibanding jenis kartu kredit lainnya.

Produk Kartu Kredit Terbaik

Setelah memahami berbagai jenis atau tipe kartu kredit, jadi penasaran apa sebenarnya produk kartu kredit yang terbaik itu? Tentunya, kartu kredit terbaik adalah yang bisa menyesuaikan dengan kebutuhanmu. Oleh karena itu, berikut beberapa jenis kartu kredit terbaik yang bisa kamu pilih. 

  1. Kartu Kredit Terbaik Bagi Pengguna Baru

    Umumnya jenis kartu kredit dengan limit minimum transaksi dibawah Rp10 juta cocok dipilih sebagai kartu kredit pertama bagi pengguna baru yang belum pernah punya kartu kredit. Contohnya adalah kartu kredit berikut BCA Visa Gold, BNI Mastercard Gold, dan Mayapada My Gold Card.

  2. Kartu Kredit Terbaik Bagi Pengguna Pengalaman 

    Jika kamu sudah memiliki track record atau pernah menggunakan kartu kredit, memiliki kartu kredit dengan limit minimum antara Rp10 juta hingga Rp30 juta bisa menjadi pilihan terbaik. Kartu kredit jenis ini akan menawarkan berbagai benefit tambahan, misalnya seperti fitur pengumpulan poin untuk ditukar dengan airline miles

    Contoh kartu kredit terbaik untuk pengguna pengalaman adalah BCA Singapore Airlines Visa Signature, dan DBS Travel Platinum.

  3. Bagi Nasabah Prioritas 

    Bagi mereka yang termasuk dalam nasabah prioritas, atau preferred atau private banking, mereka bisa memiliki kartu kredit spesial atau kartu kredit dengan nilai limit awal yang umumnya bergantung pada AUM (Asset Under Management) bank tersebut. 

Manfaatkan Kartu Kredit dengan Maksimal

Siapa yang menyangka jika kartu kredit nyatanya mempunyai banyak sekali tipe dengan ragam keunggulan dan keuntungan yang berbeda. Dengan mengetahui tipe atau jenis kartu kredit tersebut, kamu pun bisa mempertimbangkan pilihan yang terbaik menyesuaikan kebutuhan dan kebiasaan berbelanja agar mampu mendapatkan manfaat yang optimal. Jadi, tentukan tipe kartu kredit yang akan dipilih dan perhitungkan dengan bijak agar mampu menikmati keuntungannya secara maksimal.