Kartu Kredit Untuk Pemula? Ini Jenis dan Tips Penggunaannya

Kartu kredit untuk pemula merupakan salah satu produk keuangan yang cukup banyak dicari oleh para nasabah perbankan. Tingginya minat masyarakat ini menjadi salah satu alasan mengapa hampir semua bank menyediakan jenis produk kartu kredit tersebut. 

Kartu kredit merupakan alat pembayaran yang bisa digunakan untuk melakukan transaksi keuangan, baik itu untuk aktivitas belanja maupun kebutuhan penarikan dana tunai. Di Indonesia sendiri, jumlah pengguna kartu kredit terbilang tinggi, bahkan seorang nasabah bisa saja memiliki beberapa kartu sekaligus. 

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Apa Keuntungan Menggunakan Kartu Kredit? 

loader

 Kartu kredit adalah fasilitas pembayaran yang diterbitkan oleh bank bagi para nasabahnya. Kartu kredit akan membuat berbagai transaksi keuangan menjadi lebih mudah dan praktis, baik itu untuk transaksi yang dilakukan secara online maupun transaksi offline.  

Namun sebagaimana fasilitas keuangan pada umumnya, penggunaan kartu kredit ini juga harus dilakukan dengan bijak. Jika digunakan dengan cara yang tepat, alat pembayaran yang satu ini bisa memberikan banyak keuntungan dan kemudahan bagi penggunanya. 

Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dari penggunaan kartu kredit: 

1. Transaksi Keuangan Jadi Mudah

Kartu kredit untuk pemula dan yang lainnya merupakan alat pembayaran yang diterima di hampir seluruh negara di dunia. Kartu kredit akan membuat transaksi keuangan menjadi lebih mudah dan praktis, bahkan saat sedang bepergian ke luar negeri sekalipun. 

Bepergian tidak lagi perlu membawa banyak uang tunai, sebab kartu kredit bisa menyelesaikan pembayaran transaksi belanja dengan mudah. Jika dibutuhkan, alat pembayaran yang satu ini bahkan bisa dimanfaatkan untuk pengambilan dana tunai ketika dalam kondisi mendesak. 

2. Menikmati Fasilitas Cicilan 0%

Cicilan 0% merupakan salah satu fasilitas unggulan yang ditawarkan oleh kartu kredit, bahkan hampir semua jenis kartu kredit memiliki fasilitas ini. Nasabah bisa belanja dengan leluasa dan membayar belanjaannya dalam bentuk cicilan tanpa dikenakan bunga, sehingga pembelanjaan tetap hemat.  

3. Membuat Pembayaran Tagihan Rutin Lebih Mudah 

Kartu kredit juga bisa mempermudah pembayaran berbagai tagihan rutin bulanan yang kerap merepotkan. Pengguna kartu kredit hanya perlu mendaftarkan berbagai tagihan tersebut, maka setiap bulannya tagihan-tagihan ini akan dibayarkan melalui kartu kredit secara rutin. Hal ini praktis dan bisa menghindarkan nasabah dari risiko denda dan masalah lainnya akibat keterlambatan pembayaran. 

4. Mendapatkan Point Reward

Kartu kredit juga menawarkan banyak program menarik, salah satunya poin reward. Poin ini bisa didapatkan dari setiap transaksi yang dilakukan dengan kartu kredit, lalu dikumpulkan dan kemudian bisa ditukarkan dengan berbagai hadiah dan penawaran yang menarik.  

5. Banyak Diskon dan Penawaran Menarik 

Sebagai fasilitas pembayaran yang sering digunakan berbelanja, kartu kredit juga memberikan banyak penawaran menarik dan menguntungkan. Pengguna kartu kredit bisa menikmati berbagai diskon menguntungkan di berbagai toko retail yang bekerjasama, termasuk mendapatkan cashback yang bisa membuat pembelanjaan jadi lebih hemat. 

Jenis – Jenis Kartu Kredit 

loader

Sebagaimana fasilitas keuangan pada umumnya, kartu kredit juga hadir untuk memenuhi berbagai segmen pasar yang berbeda. Hal ini bertujuan untuk memudahkan nasabah dalam memilih jenis kartu kredit yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan masing-masing. 

Pemilihan kartu kredit yang tepat juga akan memungkinkan nasabah lebih mudah untuk memenuhi kebutuhan transaksinya dengan baik. Hal ini penting, terutama bagi pengguna kartu kredit yang sering melakukan transaksi dalam nominal yang cukup besar. 

Berikut ini adalah beberapa jenis kartu kredit yang bisa di temukan di tanah air:  

1. Kartu Kredit Entry Level

Ini merupakan jenis kartu kredit yang kerap ditujukan bagi para pengguna baru yang baru akan memiliki kartu kredit untuk pertama kalinya. Kartu kredit yang satu ini seringkali menjadi kartu pertama bagi pemiliknya, sehingga limit yang diberikan juga biasanya tidak terlalu besar. 

Rata-rata bank penerbit kartu kredit hanya memberikan limit di bawah Rp10 juta untuk kartu kredit entry level ini. Namun jumlah pengguna kartu kredit ini terbilang cukup banyak, sebab hampir semua pengguna baru kartu kredit memiliki jenis kartu ini. 

Berikut ini adalah beberapa contoh kartu kredit entry level yang cukup populer:  

2. Kartu Kredit Mid-Tier

Kartu kredit yang satu ini merupakan jenis kartu yang diperuntukkan bagi nasabah pengguna kartu kredit yang telah memiliki riwayat pengguna yang terbilang baik. Kartu kredit mid tier ini biasanya bukan jenis kartu kredit untuk pemula, meskipun segelintir nasabah mendapatkannya sebagai kartu pertama mereka. 

Pada umumnya, kartu kredit mid tier menawarkan keuntungan dalam pengumpulan poin reward, di mana poin-poin tersebut dapat dikumpulkan dan ditukarkan menjadi airline miles. Limit yang ditawarkan pada jenis kartu kredit ini mulai dari Rp10 juta hingga Rp29 juta. 

 Berikut ini adalah beberapa contoh kartu kredit mid tier yang ada di Indonesia: 

3. Kartu Kredit Top-Tier

Kartu kredit yang satu ini merupakan jenis kartu kredit yang ditujukan bagi nasabah yang telah dipercaya oleh bank, sebab limit minimum kartu ini juga terbilang tinggi. Jenis top tier ini pada umumnya menyediakan fitur poin rewards yang dapat ditukarkan dengan airline miles. 

Dikenal sebagai jenis kartu kredit yang memiliki fasilitas terbaik dan sangat memadai di kelasnya, jenis kartu kredit top tier biasanya memiliki limit minimum yang cukup besar, yakni mulai dari Rp30 juta. 

Berikut ini adalah beberapa contoh kartu kredit top tier yang cukup populer di tanah air:  

4. Kartu Kredit Spesial

Ini merupakan jenis kartu kredit istimewa yang hanya diberikan bank kepada para nasabah prioritas atau private banking yang menggunakan layanan mereka. Selain itu, kartu spesial ini juga kerap diberikan kepada nasabah dengan status khusus di sebuah airline atau hotel chain. 

Limit yang terdapat pada jenis kartu ini sangat besar dan biasanya disesuaikan dengan Asset Under Management (AUM) nasabah yang bersangkutan di bank penerbit kartu kredit itu sendiri. 

Berikut ini adalah beberapa contoh kartu kredit spesial yang diterbitkan oleh bank:

  • HSBC Premier MasterCard World (kartu kredit ini hanya dapat dimiliki oleh nasabah prioritas di HSBC yang memiliki AUM minimal Rp 1 Miliar)
  • CIMB Niaga Preferred Visa Infinite (kartu kredit ini hanya dapat dimiliki oleh nasabah prioritas di CIMB Niaga yang memiliki AUM minimal Rp 500 juta)
  • OCBC NISP Voyage (kartu kredit ini hanya dapat dimiliki oleh nasabah prioritas di OCBC NISP yang memiliki AUM minimal Rp 1 Miliar) 
  • Mandiri Prioritas MasterCard World (kartu kredit ini hanya dapat dimiliki oleh nasabah prioritas di Bank Mandiri yang memiliki AUM minimal Rp 1 Miliar)
  • BCA Singapore Airlines PPS Club (kartu kredit ini hanya dapat dimiliki nasabah yang menjadi anggota PPS Club dari Singapore Airlines. 

Tips Cerdas Pakai Kartu Kredit Untuk Pemula

Berikut ini adalah beberapa tips penting yang wajib dicermati oleh pengguna kartu kredit pemula: 

  • Pilih dan gunakan kartu kredit yang tepat dan sesuai kebutuhan, agar alat pembayaran tersebut bisa memberikan manfaat yang maksimal.
  • Hindari untuk menggunakan banyak kartu kredit, cukup satu atau dua saja. Kartu kredit menerapkan sejumlah iuran tahunan, sehingga penggunaan yang banyak berisiko bagi keuangan. 
  • Tutup semua kartu kredit yang tidak/ jarang dipakai, agar tidak menimbulkan biaya dan risiko kerugian lainnya. 
  • Sesuaikan jumlah limit dengan penghasilan, agar kondisi keuangan tetap sehat dan risiko pembengkakan tagihan bisa dihindari. 
  • Gunakan kartu kredit dengan bijak serta hindarilah pembelanjaan yang bersifat konsumtif dan tidak terencana. 
  • Jangan pernah pinjamkan kartu kredit kepada siapapun, sebab semua tagihan yang muncul di dalam kartu kredit adalah utang yang berisiko menimbulkan masalah keuangan.
  • Hindari transaksi penarikan tunai dengan kartu kredit, sebab transaksi ini akan dikenakan biaya dan bunga yang cukup besar.
  • Simpan kartu kredit dengan baik, termasuk data diri yang digunakan pada fasilitas pembayaran tersebut.
  • Hindari pembayaran tagihan minimum dan juga keterlambatan pembayaran, sebab hal tersebut akan menimbulkan biaya bunga dan juga denda yang jumlahnya terbilang besar. 

Pilih dan Gunakan Kartu Kredit Bagi Pemula dengan Bijak 

Kartu kredit merupakan fasilitas keuangan yang bisa digunakan untuk mempermudah berbagai transaksi keuangan. Ada banyak kemudahan dan keuntungan yang ditawarkan kartu kredit ini bagi penggunannya. Pastikan untuk memilih dan menggunakan kartu kredit yang tepat, agar alat bayar tersebut bisa memberikan manfaat maksimal.