Pilih KTA untuk Biaya Pendidikan? Ini Pertimbangannya

KTA Pendidikan mungkin bukan lagi sesuatu yang baru pada pendengaran kita, mengingat pinjaman yang satu ini memang seringkali digunakan untuk membiayai pendidikan. Sebagian orang tua kerap menjadikan KTA sebagai solusi untuk memenuhi kebutuhan dana pendidikan anak-anaknya. 

Pada dasarnya, penggunaan dana Kredit Tanpa Agunan (KTA) memang terbilang sangat fleksibel. KTA bisa dimanfaatkan untuk memenuhi berbagai kebutuhan keuangan, termasuk kebutuhan dana mendesak seperti biaya pendidikan dan yang lainnya. 

Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

KTA Pendidikan jadi Solusi Keuangan 

loader

Pendidikan anak merupakan salah satu poin penting yang harus dipersiapkan dengan sebaik mungkin. Dana yang diperlukan untuk kebutuhan pendidikan anak juga tak bisa dianggap kecil, itulah mengapa sangat penting untuk menyiapkannya dari jauh-jauh hari. 

Perencanaan pendidikan anak biasanya akan dilakukan sejak anak masih kecil, sebagian orangtua bahkan sudah memulai persiapan ini sesaat setelah memiliki bayi. Alasan tentu jelas, agar orangtua memiliki cukup waktu untuk menyiapkan dana pendidikan anak dengan sebaik mungkin. 

 Namun dalam kondisi tertentu, bukan tidak mungkin keuangan mengalami gangguan dan membuat persiapan dana pendidikan ini menjadi terganggu. Hal seperti ini tentu tidak bisa dibiarkan, mengingat pendidikan anak bukanlah sesuatu yang bisa ditunda, terutama saat anak-anak masih dalam usia sekolah. 

Saat kondisi keuangan tidak memungkinkan untuk memenuhi biaya pendidikan anak, maka KTA pendidikan bisa menjadi pilihan yang tepat. Pinjaman tanpa agunan ini dapat menjadi solusi di dalam keuangan, termasuk ketika membutuhkan dana untuk membiayai pendidikan. 

KTA pendidikan ini akan membantu anak tetap bisa menyelesaikan pendidikannya dengan baik, meskipun kondisi keuangan keluarga sedang tidak stabil. Di lain sisi, orangtua bisa tetap fokus untuk bekerja dan memperbaiki kondisi keuangan, tanpa perlu mengkhawatirkan kekurangan dana pendidikan anak. 

Pertimbangan untuk Memilih KTA Pendidikan

Kebutuhan dana pendidikan anak merupakan salah satu prioritas penting di dalam keuangan keluarga. Namun selalu ada kemungkinan di mana dana pendidikan anak ini tidak memadai, sehingga pendidikan anak berisiko mengalami kendala di tengah jalan. 

Hindari masalah kekurangan dana pendidikan anak dengan cara yang tepat, sehingga pendidikan si kecil tidak sampai terganggu dan bisa selesai dengan tepat waktu. Jika mengalami kekurangan dana seperti ini, tidak ada salahnya untuk mengajukan KTA pendidikan sebagai solusinya. 

Berikut ini adalah beberapa pertimbangan memilih KTA untuk kebutuhan dana pendidikan anak: 

1. Persyaratan Mudah 

KTA merupakan salah satu jenis pinjaman yang paling mudah untuk diakses, mengingat hampir semua bank memiliki produk yang satu ini. Kesempatan untuk menemukan KTA terbaik akan sangat terbuka lebar, sebab masing-masing bank tentu menawarkan sejumlah keuntungan. 

Pinjaman ini juga hanya menerapkan sejumlah persyaratan yang mudah, sehingga tidak akan merepotkan sama sekali. Pengajuan KTA biasanya hanya membutuhkan KTP dan slip gaji saja bagi para pekerja. Sedangkan untuk pengusaha, cukup lampirkan SIUP, NPWP dan juga KTP saja. 

Persyaratan yang mudah seperti ini akan membuat proses pengajuan KTA berjalan dengan lancar. Kondisi seperti ini tentu sangat dibutuhkan, terutama saat keuangan sedang bermasalah dan membutuhkan dana segar dalam kurun waktu yang cepat untuk membiayai pendidikan. 

2. Proses Pengajuan Cepat 

Jika dibandingkan dengan pengajuan pinjaman lainnya, proses pengajuan KTA memang terbilang yang paling cepat. Hal ini tentu sangat masuk akal, sebab KTA sendiri merupakan pinjaman yang tidak membutuhkan agunan, sehingga proses pengajuannya dan pencairanya terbilang singkat. 

Tidak selalu harus mendatangi bank, belakangan ini pengajuan KTA sudah bisa dilakukan secara online. Nasabah hanya perlu melengkapi semua persyaratan yang diminta dan melakukan pengajuan melalui situs resmi bank dengan cara mengisi formulir dan mengunggah semua dokumen yang dibutuhkan. 

Proses pengajuan KTA online seperti ini akan jauh lebih cepat, jika dibandingkan dengan pengajuan secara manual/ offline. Sejumlah bank bahkan hanya membutuhkan waktu beberapa jam saja untuk proses pengajuan KTA online seperti ini. 

3. Tidak Membutuhkan Agunan

Seperti namanya, KTA memang pinjaman yang diberikan oleh bank tanpa persyaratan agunan. Hal ini akan sangat membantu, terutama bagi nasabah yang tidak memiliki aset untuk diagunkan, namun membutuhkan sejumlah dana pinjaman untuk membiayai pendidikan. 

Tidak adanya agunan dalam KTA juga menjadi salah satu alasan mengapa pinjaman ini bisa cair dalam waktu yang cepat. Bank tidak membutuhkan proses verifikasi atau survey terhadap agunan, di mana proses tersebut biasanya akan membutuhkan waktu yang tidak sedikit. 

4. Tenor yang Fleksibel 

KTA pendidikan bisa menjadi solusi yang tepat untuk biaya pendidikan, sebab pinjaman ini memiliki tenor yang cukup panjang. Nasabah akan sangat leluasa untuk memilih tenor yang paling tepat dan sesuai dengan kemampuan bayarnya, sehingga pembayaran cicilan pinjaman ini tidak menimbulkan masalah di dalam keuangan. 

Tenor yang panjang seperti ini juga akan memungkinkan nasabah mengambil pinjaman dalam jumlah yang besar. Hal ini tentu tidak akan menjadi masalah, sebab besaran cicilannya bisa disesuaikan dengan kemampuan keuangan dan tenor pinjaman yang paling tepat. 

5. Jumlah Plafon Besar 

Meskipun KTA merupakan produk pinjaman tanpa agunan, namun pinjaman ini juga bisa memberikan jumlah plafon yang cukup besar. Pendidikan anak tidak akan terganggu, meskipun kebutuhan dananya cukup banyak, sebab plafon KTA ini bisa mencapai belasan hingga puluhan juta rupiah. 

6. Fokus pada Satu Pinjaman 

Masih berkaitan dengan poin diatas, KTA akan memungkinkan nasabah mendapatkan limit pinjaman dalam jumlah yang besar, sesuai dengan kemampuan keuangan yang bersangkutan. Hal ini akan memudahkan nasabah untuk menyediakan dana pendidikan dalam jumlah yang memadai sekaligus. 

Nasabah cukup memiliki satu pinjaman sana dan bisa fokus pada cicilan tersebut ke depannya. Pinjaman yang fokus pada satu pilihan seperti ini tentu akan mempermudah pengelolaan keuangan, di mana nasabah tidak perlu dipusingkan dengan banyak cicilan dan risiko kegagalan pembayaran.

Tips Cerdas Saat Memilih KTA Pendidikan 

loader

Berikut ini adalah beberapa tips cerdas yang bisa diterapkan saat memilih KTA untuk dana pendidikan: 

1. Hitung Kebutuhan Dana dengan Tepat 

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menghitung kebutuhan dana pendidikan yang diperlukan. Lakukan hal ini dengan cermat, sehingga besaran dana tersebut benar-benar sesuai dan bisa dimanfaatkan secara maksimal. Jika sudah selesai menghitung, tetapkan jumlah pinjaman yang akan diajukan ke bank. 

2. Pilih KTA dengan Bunga Rendah 

KTA merupakan pinjaman yang akan menimbulkan utang di dalam keuangan, sehingga penting untuk mengelolanya dengan tepat sejak awal. Pilihlah KTA yang menerapkan bunga serta biaya paling rendah, sehingga berbagai komponen tersebut tidak sampai membebani dan membuat utang semakin membengkak. 

3. Pilih KTA yang Persyaratannya Mudah 

Syarat dan proses pengajuan KTA di masing-masing bank tentu bisa saja  berbeda antara satu dengan yang lainnya. Carilah informasi terkait dengan persyaratan ini dan pastikan untuk memilih KTA dengan syarat yang mudah saja. Hal ini akan mempermudah proses pengajuan dan mempercepat proses pencairan pinjaman tersebut, sehingga dananya bisa langsung digunakan. 

4. Lakukan Perbandingan dan Simulasi 

Jangan lupa untuk mengunjungi situs resmi bank-bank penyedia pinjaman KTA secara online. Cek penawaran apa saja yang mereka berikan dan mana yang lebih menguntungkan. Lakukan perbandingan antara satu KTA dengan yang lainnya, sehingga lebih mudah untuk memilih KTA terbaik di antara yang lainnya. 

Selain itu, lakukan juga simulasi kredit di situs resmi bank untuk melihat gambaran cicilan pinjaman tersebut. Simulasi ini akan membantu mempermudah perhitungan cicilan dan pemilihan tenor KTA, sehingga bisa sesuai dengan kemampuan bayar. 

5. Pilih Plafon yang Tepat 

Pilih plafon KTA yang tepat dan sesuai dengan kemampuan keuangan, begitu juga dengan besaran cicilan setiap bulannya. Hal ini sangat penting, untuk membantu mendapatkan produk KTA terbaik yang bisa memberikan manfaat maksimal di dalam keuangan.

Pilih dan Gunakan KTA Pendidikan dengan Bijak 

KTA merupakan pinjaman tanpa agunan yang bisa dimanfaatkan untuk membiayai pendidikan anak. Penting untuk memilih KTA pendidikan yang terbaik dan tepat sejak awal, agar pinjaman ini bisa memberikan manfaat maksimal. Gunakan dana KTA dengan bijak dan lakukan pembayaran cicilan dengan baik, agar pinjaman ini tidak menimbulkan masalah dalam keuangan.