Urusan Pertanahan Lebih Efisien dengan Aplikasi Sentuh Tanahku

Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) memberikan kemudahan fasilitas bagi masyarakat dalam berbagai pengurusan tanah. Kemudahan ini hadir melalui aplikasi Sentuh Tanahku yang bisa diunggah melalui smartphone berbasis Android maupun iOS. Hadirnya aplikasi tersebut menjadi inovasi yang terus mengikuti perkembangan teknologi sehingga masyarakat bisa melakukan berbagai hal, seperti mencari informasi hanya melalui ponsel pintar miliknya saja.

Meski demikian, mungkin masih banyak masyarakat Indonesia yang masih belum mengetahui tentang aplikasi Sentuh Tanahku. Oleh sebab itu, artikel ini akan membahas seputar manfaat dan fitur dari aplikasi tersebut. Yuk, simak informasi lengkapnya!

Bingung Cari Produk KPR Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KPR Terbaik! 

Manfaat Aplikasi Sentuh Tanahku

loader

Hadirnya suatu aplikasi tentu memiliki manfaat tersendiri bagi penggunanya. Tak terkecuali, aplikasi Sentuh Tanahku yang diluncurkan ATR/BPN untuk memudahkan pengurusan maupun informasi pertanahan. Berikut adalah beberapa manfaat aplikasi Sentuh Tanahku.

  1. Sosialisasi program strategis ATR/BPN.
  2. Menyampaikan informasi status kepemilikan bidang tanah (blokir, berakhirnya hak, dan status berkas).
  3. Investasi Barang Milik Negara (BMN) yang belum terpetakan oleh instansi lain.
  4. Membantu petugas ukur menemukan bidang tanah di lokasi.
  5. Mengetahui data bidang tanah sebelum dilakukan transaksi jual beli atau hak tanggungan.
  6. Pengingat terhadap kepemilikan sertifikat maupun kewajiban pembayaran.
  7. Informasi biaya, waktu, dan persyaratan layanan BPN dalam meningkatkan transparansi layanan pertanahan.
  8. Melacak status berkas permohonan di Kantor Pertanahan.

Itulah beberapa manfaat aplikasi Sentuh Tanahku yang bisa digunakan untuk memudahkan aktivitas seputar pertanahan.

Fitur dalam Aplikasi Sentuh Tanahku

Sebagai informasi, ada beberapa fitur yang tersedia pada aplikasi Sentuh Tanahku. Fitur-fitur tersebut mungkin bisa membantu kamu dalam mencari informasi dalam pengurusan tanah. Berikut adalah fitur dalam Sentuh Tanahku.

  1. Info Berkas

    Fitur pertama adalah info berkas yang menampilkan informasi daftar perkembangan pengurusan berkas, rincian informasi berkas dari salah satu daftar berkas, serta pencarian terhadap informasi berkas tertentu.

  2. Informasi Sertifikat

    Fitur berikutnya adalah info sertifikat yang menampilkan berbagai informasi daftar kepemilikan serta rincian sertifikat. Pengguna dapat melapor jika sertifikat fisik belum tersedia pada daftar kepemilikan. Daftar sertifikat akan ditampilkan berdasarkan NIK dan pengguna dapat melihat detail sertifikat. Dari detail tersebut, dapat melihat berbagai informasi. 

    Kemudian, kemudahan lain dari fitur tersebut adalah pengguna terverifikasi tidak perlu mengingat nomor sertifikatnya. Sebab, jika kepemilikannya belum muncul pengguna dapat melaporkan melalui aplikasi Sentuh Tanahku.

  3. Plot Bidang Tanah

    Sentuh Tanahku juga bisa digunakan untuk melakukan plotting bidang tanah. Pengguna diminta memasukkan nomor sertifikat yang akan diplotting dan menggambar bidang tanah di peta sesuai dengan bentuk dan lokasinya. Selanjutnya, data akan tersimpan di server dan Kantor Pertanahan akan memverifikasi data tersebut.

  4. Lokasi Bidang Tanah

    Fitur Lokasi Bidang Tanah juga tersedia di aplikasi Sentuh Tanahku. Pengguna hanya perlu memilih wilayah administrasi dari suatu bidang tanah dan masukkan jenis hak serta nomornya. Kemudian, lokasi bidang tanah dimaksud akan ditunjukkan pada peta yang bersifat interaktif.

  5. Info Layanan

    Yang tidak kelewatan adalah fitur Info Layanan yang menyajikan daftar informasi layanan disertakan fitur pencarian layanan. Fitur ini memudahkan pengguna mengetahui berbagai informasi, seperti syarat, biaya, dan jangka waktu penyelesaian pembuatan sertifikat. Pengguna juga dapat memilih jenis layanan yang diinginkan serta mencari berdasarkan kata kunci. 

    Nah, demikian beberapa fitur pada aplikasi Sentuh Tanahku yang membantu memudahkan masyarakat dalam urusan pertanahan. Masyarakat tidak perlu repot lagi mendatangi kantor pertanahan untuk mencari informasi. 

Gunakan Aplikasi Sentuh Tanahku sebelum Membeli Tanah

Dengan adanya aplikasi Sentuh Tanahku, masyarakat dapat dengan mudah mengakses informasi pertanahan. Oleh sebab itu, bagi kamu yang hendak melakukan jual beli tanah, dapat memperoleh informasi tentang tanah tersebut melalui aplikasi ini. Kamu bisa memastikan lebih detail terkait tanah yang akan diperjual belikan, terutama bagi pembeli. Selain itu, kamu juga bisa mengetahui persyaratan balik nama atau informasi pelayanan pertanahan lainnya, yakni waktu proses pengurusan hingga biaya.

Demikian informasi seputar aplikasi Sentuh Tanahku yang bisa bermanfaat untuk memudahkan kegiatan urusan pertanahan. Aplikasi ini dapat diunduh melalui Playstore maupun AppStore dengan mudah dan tentunya memberi kemudahan layanan dan informasi yang lebih efisien. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!