Mengenal Sinking Fund, Jenis Tabungan Khusus untuk Capai Tujuan Finansial Tertentu

Setiap orang pasti mempunyai tujuan keuangan yang ingin diraihnya dalam jangka panjang atau jangka pendek. Biasanya, agar tujuan keuangan tersebut bisa tercapai, kebanyakan orang akan menyimpan uang dalam tabungan. Tapi, tahukah kamu jika tabungan ini dalam konteks finansial memiliki beberapa jenis tergantung dari tujuan serta pendekatan yang dipilih?

Salah satunya adalah dana yang disebut sebagai sinking fund. Bagi mereka yang masih awam, tidak jarang istilah sinking fund ini disamakan dengan tabungan biasa. Padahal, istilah ini bisa mengacu pada strategi finansial yang memiliki tujuan serta pendekatan berbeda. Lain dengan saat kamu menabung agar bisa mengumpulkan dana darurat, umumnya sinking fund ini mempunyai tujuan lebih spesifik. 

Di samping itu, dana yang terkumpul pada sinking fund ini juga kerap digunakan untuk mengantisipasi pengeluaran lumayan besar. Namun, apa sih pengertian dari sinking fund ini sebenarnya? Juga, apa saja manfaat dari menerapkan sinking fund dan juga cara optimal untuk mengumpulkannya?

Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak panduan seputar sinking fund yang telah Cermati rangkum berikut ini. 

Apa Itu Sinking Fund?

loader

Seperti yang telah dijelaskan sedikit sebelumnya, sinking fund adalah sebuah strategi finansial yang memiliki pendekatan dan tujuan berbeda dengan rekening tabungan biasa. Selain itu, berbeda pula dengan tabungan dana darurat, umumnya sinking fund mempunyai tujuan penggunaan yang lebih spesifik dan ditentukan sendiri oleh pemiliknya. Dana ini juga digunakan pada pengeluaran lumayan besar. 

Secara umum, pengertian sinking fund adalah tabungan dana yang disisihkan dengan tujuan khusus yang sudah ditentukan. Sebagai contoh, tabungan dana ini disisihkan untuk melunasi tanggungan utang, maupun dijadikan sebagai modal investasi. 

Dibandingkan dengan jenis tabungan lain, misalnya dana darurat, sinking fund memiliki keunggulan dalam hal kegunaannya untuk tujuan atau pengeluaran yang lebih jelas. Selain itu, metode mengumpulkan dana ini juga secara umum lebih aman serta terjamin. 

Tidak sama dengan tabungan biasa, bagaimana sebenarnya cara kerja dari sinking fund ini? Pada dasarnya, sinking fund memiliki cara kerja yang bisa dibilang simpel dan gampang untuk dilakukan. 

Ketika menerapkan strategi ini, kamu hanya perlu menyisihkan dana dengan nominal tertentu setiap bulannya. Lalu, dana tersebut dialokasikan pada beberapa kategori atau pos keuangan yang sudah ditentukan sebelumnya. Terkait penentuan kategori atau pos keuangan untuk menempatkan dana sinking fund ini juga bakal disertai tanggal terkait kapan  dananya akan digunakan. 

Sehingga, kamu dapat menyisihkan dana secara konsisten dan disiplin sesuai kemampuan keuangan dan tak harus langsung menyiapkan dana dengan nominal besar agar tujuan keuangan tercapai. Sebagai contoh, kamu berencana mengumpulkan dana untuk membeli kado ulang tahun atau menyiapkan budget liburan.

Nah, tujuan finansial yang jelas dan perlu dikumpulkan di waktu yang telah ditentukan inilah yang termasuk sebagai sinking fund. Contoh lainnya adalah saat mengumpulkan dana untuk uang muka KPR di tahun depan atau semacamnya.

Manfaat Menerapkan Strategi Sinking Fund

Selain lebih mudah mengalokasikan dana untuk mencapai tujuan finansial yang jelas di waktu tertentu, sebenarnya ada banyak sekali manfaat dari menerapkan strategi sinking fund. Manfaat dari strategi ini secara umum berkaitan dengan perubahan dan kemudahan pada rutinitas budgeting. 

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah 4 manfaat utama dari menerapkan strategi sinking fund. 

1. Lebih Gampang Menyisihkan Uang

Keuntungan pertama dari menerapkan sinking fund adalah kamu bisa lebih mudah dalam menyisihkan uang. Pasalnya, rencana menabung dan menyimpan uang memiliki tujuan yang spesifik serta detail. Tidak hanya soal tujuan, waktu dananya akan digunakan dan untuk kebutuhan apa saja bisa diketahui melalui perencanaan sinking fund. 

Sebagai contoh, kamu berencana menyisihkan dana sebagai budget liburan di akhir tahun. Sehingga, kamu dapat mengetahui secara spesifik tujuan dari mengumpulkan dana tersebut, termasuk nominal anggaran yang harus terkumpul, serta pengeluaran apa saja yang perlu dipenuhi. Jadi, proses budgeting ini bisa membuat alokasi dana menjadi lebih terarah serta mempermudah proses menyisihkan uang sampai tujuan finansial tersebut tercapai. 

2. Mampu Merencanakan Alokasi Pengeluaran Masif

Tidak sedikit tujuan keuangan yang ingin diraih termasuk sebagai pengeluaran besar, contohnya membeli kendaraan, dana liburan, sampai renovasi rumah. Karena nominalnya yang besar pula terkadang niat untuk mengumpulkan dana menjadi lebih sulit. 

Untungnya, kamu bisa memanfaatkan strategi sinking fund untuk menyiasatinya. Melalui metode ini, cara kamu menyisihkan dan mengumpulkan uang mampu memberikan kuasa penuh terhadap pengelolaannya, termasuk penggunaannya sesuai rencana.

3. Tak Lagi Khawatir dalam Menggunakan Tabungan

Dengan menentukan jenis pengeluaran lebih awal dan sebelum mulai menyisihkan uang bisa membantumu lebih tenang secara mental. Ketika nantinya dana tersebut harus digunakan, kamu juga tak akan lagi merasa menyesal maupun khawatir. Alasannya karena tujuan penggunaannya sudah ditentukan sejak awal melalui metode sinking fund.

4. Lebih Siap untuk Hadapi Pengeluaran Tak Terhindarkan

Melalui penerapan strategi sinking fund kamu menjadi lebih jelas membuat rencana terkait pengeluaran atau kebutuhan apa yang ingin dipenuhi nantinya. Dengan pemahaman sejak awal terkait penggunaan dana tersebut, kamu pun bisa menjadi lebih siap dalam menghadapi pengeluaran yang tak terhindarkan, baik yang sudah diantisipasi ataupun belum.

Sebagai contoh, kamu memiliki alokasi dana khusus untuk memenuhi kebutuhan kendaraan. Lalu, suatu ketika ternyata ban mobil mulai menipis dan sudah tiba waktunya untuk diganti. Nah, karena sudah menyiapkan dananya, kamu bisa langsung memenuhi kebutuhan tersebut tanpa perlu dibuat pusing harus menabung dulu.  

Cara Menyiapkan Sinking Fund dengan Optimal

Dengan banyaknya manfaat yang bisa didapatkan dari sinking fund, kamu tentu penasaran bagaimana cara menyiapkan jenis dana tabungan ini dengan optimal? Berikut adalah 4 tips yang bisa dilakukan agar mampu menyiapkan sinking fund secara optimal sesuai rencana

1. Menentukan Tujuan Menyimpan Uang

Tips pertama agar bisa menyiapkan sinking fund secara optimal adalah dengan menentukan tujuan dari menyimpan dana tersebut secara jelas dan detail. Sebagai contoh, kamu memiliki rencana untuk pergi liburan di awal tahun depan dan juga menyiapkan dana untuk memenuhi kebutuhan setelahnya. Melalui perencanaan tersebut, kamu jadi tak perlu terlalu boros serta dana untuk memenuhi kebutuhan harian masih tersedia meski pasca melakukan liburan. 

2. Menentukan Instrumen Finansial untuk Menyimpannya

Ketika sudah mengetahui tujuan yang ingin diraih, hal selanjutnya yang perlu dilakukan untuk menyiapkan jenis tabungan ini adalah menentukan wadah atau instrumen finansial untuk menyimpannya. Tentunya, tergantung dari tujuan dan jangka waktu pengumpulannya, kamu harus memilih instrumen finansial yang terpisah. 

Utamanya, pastikan untuk memiliki rekening terpisah dengan dana untuk memenuhi kebutuhan harian. Bila perlu, gunakan instrumen investasi agar lebih optimal mengumpulkan dana ini. Agar lebih aman, pilih instrumen investasi yang simpel dan praktis digunakan, seperti reksa dana atau deposito

Bingung cari investasi Reksa Dana yang aman dan menguntungkan? Cermati solusinya!

Mulai Berinvestasi Sekarang!  

3. Menentukan Nominal Dana yang Harus Dikumpulkan

Selain itu, pastikan pula untuk menentukan besaran atau nominal dana yang harus terkumpul. Strategi sinking fund membutuhkan jumlah dana yang harus dikumpulkan. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui berapa besaran dana yang harus disisihkan setiap bulan sampai target tabungan tersebut bisa tercapai. 

Misalnya, kamu ingin mengumpulkan dana liburan sejumlah 10 juta selama 5 bulan. Sehingga,  setiap bulannya, nominal dana yang harus disisihkan adalah 2 juta, atau jika ingin menyisihkannya per minggu sebesar 500 ribu agar target tabungan tersebut tercapai. 

5. Menyiapkan Sinking Fund Sesuai Kondisi Keuangan

Hal penting lain terkait sinking fund ialah memastikan jika dana yang harus disimpan dan terkumpul sesuai dengan budget dan kondisi keuangan. Sebab, terlepas dari strategi apa pun yang digunakan, jika jumlah dana yang harus terkumpul melampaui kemampuan finansial, rasanya pasti akan mustahil bisa dicapai. Karenanya, pastikan untuk menyiapkan sinking fund dengan tetap menyesuaikan kondisi keuangan. 

Lebih Mudah dan Praktis Kumpulkan Dana dengan Sinking Fund

Itulah penjelasan tentang sinking fund, manfaat, dan tips mengumpulkannya. Intinya, metode ini berguna agar lebih mudah mengumpulkan dana untuk memenuhi kebutuhan atau pengeluaran besar. Jika tepat diterapkan, metode ini mampu membantumu menyiapkan target keuangan yang telah ditentukan dengan lebih ringan, mudah, dan praktis.