Mengenal Jenis dan Tips Memilih KTA Terbaik

Tips memilih KTA tentu menjadi poin yang sangat penting untuk dicermati dengan baik, sebelum akhirnya mengakses pinjaman yang satu ini. Kredit Tanpa Agunan (KTA) sendiri menjadi salah satu jenis pinjaman yang cukup banyak diminati masyarakat di tanah air. 

Mudahnya syarat pengajuan dan proses yang cepat merupakan alasan sebagian besar orang untuk menggunakan KTA. Namun sebagaimana jenis pinjaman lainnya, pengajuan KTA juga tentu harus dilakukan dengan cermat, mengingat pinjaman ini juga akan menjadi beban di dalam keuangan. 

Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

Pahami Jenis – Jenis KTA dengan Baik 

KTA merupakan salah satu jenis pinjaman yang penggunaan dananya cukup fleksibel, sehingga sering dijadikan sebagai solusi masalah keuangan. Bunga pinjaman ini juga relatif rendah, tergantung pada jenis dan kebijakan dari bank penyedia KTA itu sendiri. 

Berikut ini adalah beberapa jenis KTA yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan: 

Jenis KTA Deskripsi
KTA Tenor Panjang KTA tenor panjang merupakan jenis pinjaman tanpa agunan yang tenornya relatif panjang, pada umumnya tenor pinjaman ini lebih dari 3 tahun. Masa pelunasan yang panjang seperti ini tentu akan mempermudah nasabah dalam melunasi pinjaman dengan besaran cicilan yang lebih ringan. 
Tenor panjang seperti di atas sekaligus akan memungkinkan nasabah mendapatkan jumlah pinjaman yang besar, namun tidak terbebani dengan jumlah cicilan yang terlalu besar. Hal ini akan memungkinkan nasabah memanfaatkan pinjaman tersebut dengan cara yang maksimal.
KTA Dana Cepat KTA dana cepat merupakan jenis pinjaman yang hanya membutuhkan proses pengajuan dan pencairan yang singkat. Proses pengajuan pinjaman yang satu ini biasanya hanya membutuhkan waktu beberapa hari, sehingga nasabah bisa menerima dana pinjamannya dalam kurun waktu kurang dari seminggu saja. 
Jenis KTA ini akan menjadi pilihan yang tepat bagi nasabah yang sedang dalam kondisi keuangan mendesak dan membutuhkan dana dalam kurun waktu cepat. Proses pencairanya yang cepat membuat KTA ini kerap diajukan saat keuangan dalam kondisi darurat, misalnya untuk biaya pengobatan dan pendidikan.
KTA Payroll atau Gaji KTA payroll atau gaji merupakan jenis KTA yang dikeluarkan oleh bank secara khusus untuk para pegawai/ pekerja yang pembayaran gajinya dilakukan melalui bank tersebut. Jenis KTA ini terbilang praktis dan cukup banyak diminati oleh para pekerja. 
Pencairan KTA ini juga terbilang cepat dan mudah, sebab bank sudah memiliki riwayat penghasilan nasabah itu sendiri. Hal ini akan membuat tingkat kepercayaan bank menjadi lebih tinggi, karena bank beranggapan bahwa nasabah yang bersangkutan memiliki kemampuan bayar yang memadai. 
KTA tanpa Kartu Jenis KTA ini yang satu ini bisa diakses oleh nasabah yang tidak memiliki kartu kredit sama sekali. Pada dasarnya, sejumlah bank memang menyasar para pengguna aktif kartu kredit sebagai nasabah KTA mereka, di mana kepemilikan kartu kredit dijadikan sebagai salah satu syarat pengajuannya. 
Namun jika belum pernah memiliki kartu kredit sama sekali, maka jenis KTA tanpa kartu kredit ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Jumlah dana yang dicairkan juga bisa saja cukup besar, tergantung pada kemampuan bayar dan kondisi keuangan nasabah yang bersangkutan.
KTA Bebas Bayar Awal KTA bebas bayar awal merupakan jenis KTA yang tidak memberlakukan denda penalti kepada nasabah yang melakukan pelunasan pinjaman lebih awal. Pelunasan pinjaman lebih cepat seperti ini biasanya banyak dilakukan olah nasabah yang kondisi keuangannya sudah membaik.
Namun pada beberapa jenis KTA lainnya, pembayaran yang lebih cepat dari tenor KTA biasanya akan dikenakan sejumlah penalti. Hal inilah yang kerap membuat nasabah enggan melakukan pelunasan lebih cepat, meskipun mereka sudah mampu melakukannya. 

Tips Memilih KTA Terbaik 

loader

KTA merupakan jenis pinjaman yang cukup mudah untuk diajukan, bahkan prosesnya juga terbilang singkat. Namun pengajuan KTA ini tentu harus dilakukan dengan perencanaan yang matang, agar kelak dana tersebut bisa dimanfaatkan secara maksimal.

Berikut ini adalah beberapa tips memilih KTA yang perlu dipahami dengan baik: 

1. Tentukan Tujuan Penggunaan Dana KTA 

Hal pertama yang harus diperhatikan saat akan mengajukan KTA adalah tujuan pengajuan pinjaman tersebut. Cek kembali apakah pengajuan KTA benar-benar dibutuhkan dan pastikan pengajuan pinjaman ini kelak bisa memberikan manfaat atau dukungan untuk keuangan.

Hindari mengajukan KTA untuk kebutuhan yang hanya bersifat konsumtif, apalagi jika kelak pinjaman ini membebani keuangan. Tujuan penggunaan dana KTA yang tepat akan mempermudah pelunasan pinjaman tersebut ke depannya, jadi pastikan untuk mempertimbangkan hal ini dengan bijak. 

2. Hitung dan Tentukan Jumlah Dana yang Dibutuhkan 

Jika sudah melakukan langkah di atas, maka mulailah menentukan jumlah dana yang akan dibutuhkan. Hindari untuk mengajukan pinjaman dalam jumlah terlalu besar dan di luar kebutuhan, meskipun memungkinkan untuk mendapatkan pinjaman dalam jumlah besar. Hitung dengan cermat berapa dana yang benar-benar dibutuhkan. 

3. Cek Kemampuan Bayar dan Lakukan Simulasi 

Jangan lupa untuk melihat kemampuan bayar yang dimiliki di dalam keuangan, agar kelak pengajuan KTA ini tidak bermasalah. Lihatlah berapa banyak dana yang bisa disisihkan dari penghasilan untuk membayar cicilan KTA ini setiap bulannya. 

Pastikan jumlah cicilan ini tidak mengganggu pos pengeluaran penting lainnya di dalam keuangan, misalnya kebutuhan belanja bulanan dan pendidikan. Hal ini akan memungkinkan kondisi keuangan tetap berjalan dengan baik, meskipun ada sejumlah cicilan KTA yang harus dibayarkan secara rutin. 

4. Pilih Tenor yang Tepat

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, pilihlah tenor pinjaman yang tepat dan sesuai dengan kemampuan keuangan. Hal ini sangat penting, terutama jika di dalam keuangan masih ada cicilan/ utang lainnya yang harus dilunasi ke depannya bersamaan dengan cicilan KTA tersebut. 

Tidak perlu memaksakan diri untuk memilih tenor cicilan yang pendek dan melakukan pelunasan KTA dengan cepat, jika kondisi keuangan tidak memungkinkan. Hitung dan pilih tenor yang tepat, agar kedepannya pembayaran KTA ini bisa berjalan lancar dan selesai tepat waktu. 

5. Pahami Syarat dan Ketentuan Bank dengan Baik 

Masing-masing bank akan memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda terkait dengan pengajuan KTA ini. Penting untuk memahami syarat dan ketentuan ini dengan baik sejak awal, terutama jika ini akan menjadi pinjaman bank pertama yang diajukan. 

Lakukan juga perbandingan antara satu produk KTA dengan yang lainnya secara online, sehingga lebih mudah untuk memilih KTA terbaik dan sesuai kebutuhan. Jika ada informasi yang kurang dipahami, jangan sungkan untuk menghubungi staff bank dan menanyakannya secara langsung. 

6. Pertimbangkan KTA dengan Syarat Mudah dan Proses Cepat 

KTA biasanya diajukan saat kondisi keuangan darurat, di mana nasabah membutuhkan dana dalam kurun waktu yang cepat. Pertimbangkan untuk memilih KTA yang syarat pengajuannya mudah, sehingga proses pengajuan tersebut bisa segera dilakukan. 

Selain itu, pertimbangkan juga waktu yang dibutuhkan untuk proses pengajuan hingga pencairan pinjaman tersebut. Pilihlah KTA dengan proses pengajuan yang relatif cepat, sehingga dana KTA tersebut bisa langsung digunakan sesuai dengan tujuan pengajuannya. Hal ini penting, terutama jika ada kebutuhan yang sangat mendesak di dalam keuangan. 

7. Pilih yang Bunganya Ringan 

Pertimbangkan untuk memilih KTA dengan bunga yang paling ringan, apalagi jika mengajukan pinjaman ini dalam jumlah besar. Bunga KTA juga akan mempengaruhi besaran cicilan KTA setiap bulannya, sehingga sangat penting untuk melakukan perbandingan bunga antara satu KTA dengan yang lainnya. 

8. Gunakan dan Cicil dengan Baik 

Jika sudah melakukan semua poin di atas, maka ajukan KTA ke bank yang tepat. Gunakanlah dana pinjaman tersebut dengan bijak dan sesuai dengan tujuan pengajuannya, sehingga bisa memberikan manfaat yang maksimal di dalam keuangan. 

Selain itu, pastikan untuk selalu melakukan pembayaran pinjaman ini dengan baik dan tepat waktu. Hindari keterlambatan pembayaran, sebab hal tersebut bisa menimbulkan denda dan biaya lainnya, termasuk membuat riwayat kredit menjadi buruk di mana bank. 

Pilih dan Gunakan KTA dengan Bijak 

Tips memilih KTA merupakan salah informasi yang perlu dibaca sebelum mengajukan pinjaman ini. KTA merupakan dana fleksibel yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan keuangan. Pilih dan ajukan KTA terbaik dengan tepat, sehingga kelak dana pinjaman tersebut bisa memberikan manfaat maksimal di dalam keuangan.