5 Tips Memulai Hobi 'Crochet' Jadi Bisnis yang Menguntungkan

KOMPAS.com - Belakangan kerajinan tangan mulai banyak dilirik karena selain bisa jadi kegiatan yang menyenangkan, juga bisa menghasilkan cuan. Salah satu jenis kerajinan tangan yang kini makin populer dan bisa jadi peluang bisnis menguntungkan adalah crochet atau rajut.

Kerajinan tangan jenis ini bisa dibilang cukup mudah untuk dikembangkan menjadi sebuah bisnis. Alasannya selain bahan bakunya yang cukup mudah diperoleh, pemasarannya gampang dan teknik merajut juga terbilang tidak sulit dipelajari.

Ditambah lagi saat ini ada banyak video tutorial pembuatan crochet gratis di internet yang bisa jadi media belajar. Punya jiwa kreatif, suka dengan crochet dan ingin bisa menghasilkan cuan dari kerajinan tangan ini?

Dilansir dari Cermati.com, simak beberapa tips memulai usaha crochet dalam ulasan berikut ini :

1. Pahami Keterampilan yang Dimiliki

Hal pertama yang perlu diperhatikan saat ingin memulai usaha crochet adalah mengukur keterampilan diri sendiri. Kegiatan membuat kerajinan crochet bisa sesimpel membuat alas gelas, atau bahkan serumit membuat gaun pengantin.

Berikan pertanyaan pada diri sendiri tentang jenis pekerjaan pembuatan crochet yang disukai. Apakah lebih suka desain yang menantang, atau justru yang lebih sederhana dan simpel. Selain itu, tanyakan juga seberapa mahir diri Anda membaca sebuah pola.

Hal ini penting untuk mengevaluasi level keterampilan pembuatan crochet yang sudah dimiliki. Kemudian buat perkiraan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat sebuah produk crochet. Dengan informasi ini, Anda akan lebih mudah saat ingin membuat desain dan menentukan harga jual produk nantinya.

2. Kenali Pasar yang Ditargetkan dan Apa yang Dibutuhkan

Tips penting selanjutnya untuk dilakukan ketika ingin memulai usaha crochet adalah melakukan riset pasar. Ini merupakan proses pengumpulan dan analisis data informasi terkait target konsumen dan kompetitor.

Hal ini untuk mengetahui target pasarnya guna memahami apa yang mereka butuhkan terkait produk crochet. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah menentukan jenis produk yang sesuai hingga harga jualnya nanti.

Sebagai contoh, target pasar yang ingin dibidik adalah bayi dan anak-anak. Maka, dasar untuk mengembangkan produk tersebut adalah kebutuhan konsumen yang ditargetkan tersebut. Artinya, ketika membuat kerajinan boneka crochet, maka wajib untuk mengedepankan faktor keamanan produk tersebut.

Misalnya dengan mengawasi penggunaan bahan baku dan lebih memilih bahan yang aman. Selalu memastikan untuk menghindari penggunaan bahan-bahan yang terindikasi membahayakan.

3. Buat Desain Produk Crochet Sendiri

Selanjutnya, tips memulai usaha crochet yang perlu dilakukan adalah membuat desain produk crochet milik Anda sendiri. Manfaatkan riset pasar dan audiens untuk membuat desain produk sesuai dengan kebutuhan konsumen. Anda juga bisa mencari celah dari produk yang ditawarkan oleh kompetitor.

Misalnya, ketika kompetitor punya produk populer dan harganya terbilang tinggi, coba buat dalam versi lebih terjangkau atau buat produk baru dengan keunikan tersendiri. Selain menjual produk jadi, tak sedikit bisnis crochet yang juga menjual pattern atau pola.

Selain fokus dengan produk fisik, pertimbangkan juga untuk menjual desain pola atau pattern sebagai produk digital. Hal ini juga bisa menjadi ladang cuan baru yang cukup menarik untuk dicoba, terutama bagi yang punya kreativitas lebih.

4. Kembangkan Brand Identity

Secara sederhana brand Identity atau identitas merek merupakan kepribadian unik atau ciri khas yang akan membuat audiens mudah mengenali brand. Brand identity sendiri meliputi nama brand, logo, palet warna, tipografi yang mencerminkan identitas merek tersebut.

Identitas merek harus kuat dan benar-benar mampu menerjemahkan setiap detail dari brand tersebut. Misalnya, jika ingin menjual produk untuk bayi dan anak-anak lainnya, maka pilihlah warna-warna yang cerah dengan aura yang ceria.

Namun, jika ingin membuat produk rumah tangga seperti tatakan gelas atau taplak meja, sebaiknya pilih estetika yang lebih vintage.

Baca juga: Ide Bisnis Kerajinan Tangan Penghasil Cuan

5. Tentukan Platform Jualan yang Sesuai

Tips selanjutnya adalah pilih platform jualan mana yang paling sesuai untuk menawarkan produk crochet tersebut. Saat ini ada banyak platform jualan online yang bisa digunakan, seperti e-commerce, media sosial, situs web dan lain sebagainya.

Agar bisa lebih mudah dalam menentukan pilihan, cari tahu platform belanja apa yang sering digunakan target audiens yang dibidik. Kemudian bandingkan biaya operasional terkait setiap penjualan yang terjadi di masing-masing platform tersebut. Dengan begitu, Anda bisa memilih platform yang paling banyak diminati dan paling sedikit membebankan biaya operasional.