Cuci Mobil Listrik Tetap Aman, Simak Tipsnya

Mobil listrik mulai memadati jalanan perkotaan. Hal ini menunjukkan mulai banyak masyarakat Indonesia yang memiliki mobil listrik untuk menunjang mobilitas sehari-hari. Nah, bicara soal mobil bertenaga listrik, apakah mobil ini boleh dicuci? Perlu diketahui bahwa cuci mobil listrik adalah hal yang aman untuk dilakukan. 

Seperti kita ketahui bahwa mobil menjadi kendaraan pribadi yang digunakan sehari-hari. Tak terkecuali mobil listrik yang juga kerap dijadikan transportasi harian. Oleh sebab itu, risiko mobil kotor sudah pasti terjadi sehingga perlu dibersihkan agar tidak mengganggu performa dan merusak tampilannya.

Pada artikel ini akan dibahas cara aman untuk cuci mobil listrik yang mungkin masih belum banyak diketahui. Yuk, simak informasinya!

Tips Cuci Mobil Listrik dengan Jasa Car Wash

Baterai dan kabel menjadi komponen penting pada mobil listrik. Jika dipikirkan, komponen tersebut tentu sangat riskan dengan air. Akan tetapi, setiap produsen mobil pastinya sudah melengkapi proteksi terbaik untuk melindungi komponen tersebut dari risiko air.

Saat kamu memilih untuk mencuci mobil listrik di jasa pencucian mobil sebenarnya tidak ada perbedaan cara mencuci dengan mobil konvensional. Hanya saja, ada beberapa hal yang harus lebih diperhatikan, seperti menutup semua bagian pintu, jendela, dan sunroof dengan benar, melipat spion samping dan menarik antena, serta mematikan semua fungsi otomatis pada mobil.

Selain beberapa hal penting yang telah disebutkan, ada pula beberapa panduan tambahan saat memilih cuci mobil listrik di car wash. Berikut hal-hal tambahan yang perlu diingat.

  1. Pastikan posisi mobil dalam kondisi netral saat melewati terowongan pencucian mobil.
  2. Pastikan kunci kontak dan rem darurat dalam kondisi nonaktif.
  3. Saat membersihkan mobil listrik di area rollover atau jet wash harus dengan arah berlawanan.

Itulah hal yang perlu diperhatikan jika memilih jasa car wash untuk cuci mobil listrik milik kamu.

Tips Cuci Mobil Listrik di Rumah 

Tidak harus dengan jasa car wash, mencuci mobil listrik juga bisa kamu lakukan sendiri di rumah lho! Kamu bisa memilih untuk mencuci dengan jet wash maupun manual menggunakan tangan. Untuk mencuci mobil listrik sendiri di rumah, baik dengan jet wash maupun manual menggunakan tangan, kamu tetap harus mengikuti beberapa cara berikut agar tetap aman.

  1. Parkir mobil di area yang cukup luas dan hindari barang-barang di sekitarnya.
  2. Pilih tempat yang teduh untuk memarkir mobil.
  3. Lalu, pastikan juga mobil listrik tidak dalam kondisi pengisian daya serta area port pengisian sudah ditutup dengan benar.
  4. Periksa semua bagian pintu dan jendela sudah tertutup dengan benar.
  5. Pastikan juga kunci kontak sudah dimatikan.

Itulah hal yang harus diperhatikan. Jika semua sudah dilakukan, mobil listrik sudah siap kamu cuci di rumah menggunakan jet wash maupun tangan.

Cara Cuci Mobil Listrik di Rumah

Cuci mobil di car wash memang jauh lebih praktis dibandingkan melakukannya sendiri di rumah. Kamu hanya perlu datang dan menunggu hingga mobil selesai dibersihkan. Sementara, jika mencuci di rumah kamu harus membersihkan setiap komponen satu per satu.

Meski begitu, mencuci mobil sendiri di rumah cukup menyenangkan dilakukan dan hemat. Berikut adalah beberapa langkah cuci mobil listrik di rumah.

  1. Pertama-tama siapkan perlengkapan mencuci.
  2. Hubungkan jet wash (jika digunakan).
  3. Tuangkan sabun atau sampo mobil pada seluruh bagian mobil.
  4. Siramkan jet wash jika menggunakannya atau lap semua bodi jika manual dengan tangan.
  5. Bersihkan bagian setiap roda.
  6. Bilas seluruh bagian mobil hingga bersih dari sabun atau sampo.
  7. Setelah selesai keringkan
  8. Terakhir, oleskan wax.

Nah, demikian langkah-langkah mencuci mobil listrik di rumah yang bisa kamu lakukan sendiri. Meski sedikit lebih rumit dan melelahkan, tetapi kamu akan terbiasa jika sering melakukannya.

Peralatan Cuci Mobil Listrik di Rumah

Seperti telah dijelaskan bahwa untuk mencuci mobil mandiri di rumah, kamu membutuhkan beberapa peralatan. Berikut peralatan untuk mencuci mobil listrik di rumah.

  1. Mesin jet wash (jika punya)
  2. Sarung tangan untuk mencuci mobil
  3. Handuk microfiber
  4. Sabun dan sampo mobil
  5. Pembersih roda atau sikat
  6. Ember

Itulah peralatan yang dibutuhkan untuk membantu kamu mencuci mobil sendiri di rumah. Jika seluruh peralatan sudah siap maka cuci mobil listrik bisa dilakukan.

Cuci Mobil Listrik dengan Rutin agar Tetap Bersih

Dari penjelasan di atas, kamu tentu sudah tahu bahwa mobil listrik aman untuk dicuci. Jangan sampai membiarkan mobil dalam keadaan kotor terlalu lama karena akan mengganggu performanya. Terlebih, jika mobil tersebut digunakan setiap hari di wilayah perkotaan. Selain itu, cuaca hujan juga kerap membuat kendaraan jauh lebih kotor dan beberapa komponen akan cepat rusak jika tidak segera dibersihkan.

Oleh karena itu, kamu harus rutin cuci mobil listrik sama dengan mobil konvensional. Bisa dengan membawanya ke jasa car wash agar lebih praktis atau mencuci sendiri di rumah untuk berhemat. Namun, pastikan kamu memperhatikan beberapa hal yang telah dijelaskan saat cuci mobil listrik untuk menghindari risiko kerusakan. Semoga artikel ini memberikan pengetahuan baru untuk kamu.