Berniat Gadai BPKB Mobil di Bank? Ini Pertimbangnya

Gadai BPKB mobil di bank seringkali menjadi pilihan banyak orang saat membutuhkan dana segar di dalam keuangan. Kondisi darurat maupun kebutuhan dana mendadak bisa terjadi kapan saja, sehingga mencari pinjaman dalam waktu yang cepat harus segera dilakukan. 

Bukti Pemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB) sendiri merupakan salah satu dokumen yang bisa dijadikan sebagai jaminan pengajuan pinjaman. Bukan hanya di bank saja, sejumlah lembaga keuangan lainnya juga memungkinkan pengajuan pinjaman dengan jaminan BPKB ini. 

Apa saja Kelebihan Gadai BPKB Mobil di Bank? 

Sebagaimana pinjaman pada umumnya, pengajuan pinjaman dengan jaminan BPKB mobil tentu harus dilakukan dengan penuh pertimbangan. Hal ini penting, mengingat pinjaman ini akan menimbulkan sejumlah utang atau beban yang harus dibayarkan kembali di dalam keuangan. 

Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa didapatkan saat gadai BPKB mobil di bank: 

1. Syarat Pengajuan Mudah 

Pengajuan pinjaman dengan jaminan BPKB mobil terbilang mudah dan tidak akan menyulitkan bagi nasabah. Pada umumnya bank hanya menerapkan sejumlah persyaratan yang mudah, antara lain: KTP, KK, STNK, dan juga BPKB itu sendiri. Selain itu, nasabah juga akan diminta untuk mengisi permohonan pengajuan gadai ini dan melengkapi semua data diri yang dibutuhkan.  

2. Proses Cepat 

Gadai BPKB mobil di bank juga tidak membutuhkan proses yang rumit yang kerap menyita banyak waktu. Proses pengajuan pinjaman ini akan berjalan dengan cepat. Jika semua persyaratan sudah dilengkapi dengan baik, maka proses pencairan dananya hanya sekitar 15 menit saja. 

Jika melihat prosesnya pencairannya yang begitu cepat, maka gadai BPKB ini akan sangat cocok bagi nasabah yang membutuhkan dana secara mendadak/ darurat. Dana pinjaman ini bisa diterima nasabah melalui layanan transfer bank maupun dalam bentuk uang tunai secara langsung di teller. 

3. Tidak selalu Membutuhkan Rekening 

Sama dengan jenis pinjaman lainnya, nasabah gadai BPKB mobil di bank  juga harus memiliki rekening tabungan di bank yang bersangkutan (tempat nasabah tersebut melakukan penggadaian). Namun jika gadai BPKB ini dilakukan di lembaga keuangan lainnya (non-bank), maka nasabah tidak perlu melakukan pembukaan rekening tabungan, dana bahkan bisa diterima dalam bentuk tunai saja. 

4. Memiliki Masa Tenggang Tanpa Bunga 

Gadai BPKB di bank juga memiliki fitur masa tenggang pelunasan, di mana bank memberikan waktu selama 2 minggu setelah pinjaman jatuh tempo kepada nasabah untuk melunasi pinjamannya. Nasabah bisa melakukan pelunasan pinjaman pada masa tenggang tersebut tanpa dikenakan bunga. 

Bukan hanya itu saja, jika nasabah yang bersangkutan tidak melakukan pelunasan hingga waktu 2 minggu tersebut habis, maka yang nasabah bisa melakukan perpanjangan masa cicilan. Perpanjangan ini bisa dilakukan secara berkala hingga nasabah mampu melunasi cicilannya, dan hingga pelunasan tersebut nasabah cukup membayar biaya bunganya saja.  

Apa saja Kekurangan Gadai BPKB Mobil di Bank?

Pengajuan pinjaman selalu memiliki risiko tersendiri bagi keuangan, begitu juga dengan gadai BPKB mobil. Perlu untuk selalu melakukan perhitungan yang tepat saat akan mengajukan pinjaman dengan jaminan BPKB ini, termasuk mempertimbangan berbagai risiko di dalamnya.

Berikut ini adalah beberapa kekurangan dari pengajuan pinjaman dengan gadai BPKB mobil di bank: 

1. Nominal jumlah kredit masih terbatas

Gadai BPKB mobil biasanya hanya akan menerapkan persyaratan yang mudah, bahkan prosesnya juga terbilang cepat. Hal ini tentu saja memberikan risiko tersendiri bagi pihak bank, sehingga besaran plafon pinjaman yang diberikan biasanya masih dalam jumlah terbatas. 

Bank akan memiliki pertimbangan ketat saat menetapkan limit pinjaman, meskipun pinjaman ini memiliki jaminan. Namun selain itu, nilai plafon pinjaman yang akan dicairkan juga biasanya akan tetap disesuaikan dengan harga pasaran kendaraan yang BPKB nya dijadikan sebagai jaminan tersebut. 

2. Usia Kendaraan masih “Muda” 

Pengajuan BPKB mobil juga seringkali gampang-gampang susah untuk dilakukan, terutama bagi nasabah yang memiliki kendaraan dengan usia tua. Bank menerapkan syarat yang ketat terkait usia kendaraan yang akan digadaikan, yakni tidak bisa lebih dari 5 tahun. 

Jika usia kendaraan sudah di atas 5 tahun, maka pengajuan pinjaman ini akan ditolak oleh bank. Selain itu, pajak kendaraan yang BPKB nya akan dijadikan jaminan juga harus dalam kondisi hidup. Jika pajak kendaraan tersebut mati, maka pengajuan gadai BPKB ini juga tidak akan bisa diproses. 

3. Apa saja Syarat Gadai BPKB Mobil di Bank? 

Gadai BPKB mobil memang cukup sering dilakukan oleh mereka yang membutuhkan dana dengan cepat, sebab syarat pinjaman ini terbilang mudah. Bank sendiri hanya menerapkan sejumlah persyaratan yang mudah bagi nasabah yang ingin menggadaikan BPKB mereka. 

Berikut ini adalah beberapa syarat gadai BPKB mobil yang diterapkan oleh bank: 

  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) pemohon dan pasangan (bagi yang sudah menikah).
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK) atau Surat Nikah (bagi yang sudah menikah).
  • Fotokopi Nomor Pajak Wajib Pajak (NPWP).
  • Fotokopi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) jika ada, atau Rekening Listrik satu bulan terakhir. 
  • Rekening koran minimal 3 (tiga) bulan terakhir. 

Lengkapi semua persyaratan dokumen di atas dengan baik, sehingga pengajuan gadai BPKB mobil bisa diproses dan langsung dicairkan. 

Tips Gadai BPKB Mobil ke Bank

Berikut ini adalah beberapa tips penting yang perlu dicermati saat melakukan gadai BPKB mobil di bank: 

1. Pastikan Kesesuaian BPKB dengan Mobil

Hal pertama yang perlu dicek sebelum mengajukan gadai BPKB adalah kesesuaian antara BPKB dengan mobil itu sendiri. Pastikan kondisi kendaraan benar-benar sesuai dengan dokumennya (BPKB dan STNK). Periksa nomor rangka dan mesin kendaraan dengan cermat, dan pastikan sudah sesuai dengan yang tertera pada BPKB dan STNK kendaraan tersebut. 

2. Cek Kondisi Fisik Kendaraan 

Lakukan pengecekan fisik pada kendaraan untuk melihat informasi penting yang dibutuhkan, seperti tahun produksi dan yang lainnya. Hal ini penting, untuk memastikan usia kendaraan masih sesuai dengan ketentuan gadai yang diterapkan oleh bank. 

Pada umumnya, bank akan menerapkan ketentuan usia kendaraan maksimal 5 tahun untuk pengajuan gadai. Namun sebagian bank juga ada yang menerapkan aturan terkait usia maksimal kendaraan ini sampai 15 tahun. Kondisi fisik kendaraan yang masih baik akan lebih memungkinkan pengajuan pinjaman dengan jaminan BPKB ini bisa sukses.  

3. Patuhi Semua Syarat dan Ketentuan

Masing-masing bank akan menerapkan syarat dan ketentuan tertentu dalam proses pengajuan gadai BPKB mereka. Penting untuk mengetahui semua syarat dan ketentuan ini sejak awal, agar lebih mudah untuk memenuhinya. Ikuti dan lengkapi semua syarat dan ketentuan gadai yang ditetapkan oleh bank, agar proses pengajuan BPKB mobil bisa berjalan dengan lancar. 

4. Ajukan Pinjaman Sesuai Kebutuhan dan Keuangan 

Penting untuk mengajukan pinjaman sesuai dengan kebutuhan saja, meskipun bank memungkinkan pengajuan pinjaman dalam jumlah yang besar. Semakin besar pokok pinjaman, maka akan semakin besar juga cicilan dan beban keuangan. 

Hindari pinjaman yang terlalu besar, sebab hal ini sangat berisiko menimbulkan masalah keuangan atau kondisi gagal bayar di masa yang akan datang. Cek dan lihat kebutuhan dana, lalu hitung dan sesuaikan dengan kemampuan bayar yang dimiliki di dalam keuangan.

5. Pastikan Riwayat Perbankan masih Sehat 

Sebagaimana pengajuan pinjaman pada umumnya, bank juga akan melakukan pengecekan riwayat kredit nasabah yang melakukan gadai BPKB. Jika sebelumnya nasabah memiliki masalah atau riwayat kredit yang buruk, maka besar kemungkinan pengajuan gadai tidak akan disetujui oleh bank.

Penting untuk memastikan riwayat kredit dalam kondisi sehat saat akan mengajukan gadai BPKB ke bank. Jika masih memiliki pinjaman lainnya, maka pastikan untuk melakukan pembayaran dengan baik dan tepat waktu setiap bulannya. 

6. Pilih Bank yang Tepat 

Ada banyak bank yang menyediakan layanan gadai BPKB ini, termasuk sejumlah lembaga keuangan lainnya. Pastikan untuk jeli dan memahami penawaran layanan yang diberikan bank terlebih dahulu. Lakukan perbandingan antara satu bank dengan yang lainnya, lalu pilihlah bank yang tepat dan memiliki layanan profesional untuk pengajuan pinjaman ini. 

Ajukan Gadai BPKB di Bank dengan Pertimbangan Matang 

Gadai BPKB di bank bisa menjadi pilihan bagi yang membutuhkan dana segar di dalam keuangan. Selain syaratnya yang mudah,proses pengajuan pinjaman ini juga terbilang cepat, bahkan hanya beberapa jam saja. Pilih bank dan ajukan gadai BPKB ini dengan pertimbangan yang matang, agar pinjaman tersebut bisa memberikan manfaat maksimal.