Hindari Celaka, Ini 10 Tips Aman Berkendara saat Hujan

Memasuki musim hujan, kamu tentu harus menyiapkan berbagai macam hal untuk menyiasatinya. Termasuk saat berkendara, ada banyak hal yang perlu diperhatikan agar bisa lebih aman dan jauh dari mara bahaya. 

Seperti yang kita tahu, berkendara saat musim hujan memiliki lebih banyak risiko, seperti jalanan licin, jarak pandang berkurang, hingga kelalaian lain yang bisa memicu kecelakaan. Mengetahui hal tersebut, kamu wajib mengetahui cara agar lebih aman berkendara dan meminimalkan risiko kecelakaan. 

Lalu, apa saja tips aman berkendara saat hujan yang penting untuk diketahui demi melindungi keselamatan pengemudi, penumpang, dan pengguna jalan lainnya? Untuk lebih jelasnya, simak 10 tips aman berkendara saat hujan berikut ini agar terhindar dari risiko celaka.

Tips Aman Berkendara saat Hujan

Berkendara

1. Cek dan Pastikan Kondisi Kendaraan Terjaga

Kamu wajib memastikan kendaraan memiliki kondisi yang prima dan aman untuk digunakan. Terlebih di musim hujan, cek dan lakukan servis berkala untuk menjamin kondisinya optimal saat dikendarai. 

Tidak hanya sekadar melakukan servis mesin, periksa pula ban kendaraan, lampu utama dan lampu sein, rem, serta komponen penting lainnya. Yang terpenting, lakukan pemeriksaan dan servis kendaraan di bengkel resmi dan terpercaya untuk memastikan kondisinya terjamin saat digunakan berkendara di musim hujan. 

2. Kurangi Kecepatan dan Jangan Ngebut

Tips aman berkendara saat hujan selanjutnya adalah hati-hati berkendara dengan kecepatan yang dianjurkan. Hindari ngebut saat di jalanan, apalagi saat hujan deras karena kondisi jalan yang licin dan jarak pandang yang terbatas. 

Terlebih saat ada genangan air, risiko terkena lubang di jalanan atau material lain yang membuat ban kempes menjadi lebih tinggi. Di samping itu, berkendara dengan kecepatan yang terlalu tinggi juga meningkatkan risiko kecelakaan karena terlambat mengerem dan menabrak kendaraan lain. 

Agar lebih aman, batasi kecepatan maksimal berkendara di kisaran 50 sampai 60 km per jam. Juga, hindari memilih lajur yang sempit agar dijauhkan dari hal yang bisa memicu bahaya yang tak diinginkan. 

3. Pasang Lampu Kendaraan yang Tepat

Ketika sedang hujan, jarak pandang pengendara dan visibilitas kendaraan lain akan berkurang drastis. Terlebih saat hujan deras dan disertai kabut, kamu mungkin hanya bisa melihat sejauh 5 sampai 10 meter saja. Dalam kondisi ini, tentu mengemudi menggunakan lampu kendaraan biasa sangat berbahaya dan bisa meningkatkan risiko kecelakaan. 

Untuk menyiasatinya, gunakan jenis lampu yang tepat agar bisa melihat jalanan dengan lebih jelas serta jarak pandang yang lebih jauh. Namun, hindari penggunaan lampu hazard dengan sembarangan karena malah bisa mengganggu pandangan pengendara lain dan menyebabkan kecelakaan. 

4. Jaga Jarak Aman saat Berkendara

Hal penting lain yang wajib diperhatikan saat berkendara di musim hujan adalah selalu menjaga jarak aman dengan kendaraan di sekitar. Selain menjaga kecepatan kendaraan, risiko kecelakaan saat hujan juga bisa dihindari dengan tips ini. 

Sebenarnya, jarak aman saat berkendara tergolong relatif dan tidak bisa dipastikan. Namun, cobalah untuk setidaknya menjaga jarak sekitar 50 sampai 60 meter dengan kendaraan yang ada di depan sebagai ruang untuk mengerem. 

Dengan jarak tersebut, kamu memiliki waktu sekitar 6 sampai 8 detik untuk bereaksi ketika mobil di depan berhenti mendadak atau gangguan lain. Jadi, risiko kecelakaan pun bisa dihindari dan menjadi tips aman berkendara saat hujan yang efektif untuk menjamin keselamatan.

5. Jangan Lewati Genangan Air

Ketika hujan lebat, munculnya genangan air di jalanan tentu merupakan hal yang lumrah terjadi. Terlebih di pusat kota yang minim drainase, genangan air kerap muncul di jalanan dan bisa cukup dalam hingga berisiko membahayakan para pengendara. 

Untuk itu, usahakan menghindari genangan air agar lebih aman berkendara saat hujan. Sebab, tidak ada yang tahu bagaimana kondisi jalan yang tergenang air dan bisa jadi ada lubang besar atau material membahayakan yang ada di sana. 

Tak hanya itu, genangan air saat masuk pada mesin mobil bisa memicu kerusakan pada sistem sirkulasi, misalnya pompa air dan radiator. Jika dipaksakan, mesin mobil bisa terkena overheat dan mengalami kerusakan parah.

6. Waspadai Bahaya Aquaplaning

Masih berkaitan dengan genangan air, tips aman berkendara saat hujan adalah mewaspadai adanya aquaplaning. Bisa juga disebut hydroplaning, aquaplaning terjadi saat lapisan air di permukaan jalan menyebabkan ban kehilangan cengkeramannya pada aspal. Ketika hal tersebut terjadi, kendaraan bisa kehilangan kendali serta menjadi tak stabil. 

Mengetahui hal tersebut, selalu berkendara dengan kecepatan rendah saat hujan dan waspadai adanya genangan air. Dengan begitu, keselamatan saat berkendara bisa lebih dipastikan dan menjauhkanmu dari risiko bahaya atau kecelakaan. 

7. Jangan Lupa Pakai Sabuk Pengaman

Di kondisi cuaca apa pun, sabuk pengaman wajib digunakan ketika berkendara. Sebagai perangkat keselamatan di mobil, menggunakan sabuk pengaman adalah cara efektif untuk melindungi pengendara dan penumpang dari risiko cedera serius saat kecelakaan. Oleh sebab itu, jangan lupa memasang sabuk pengaman dan pastikan kondisinya bagus agar keselamatan lebih terjamin saat berkendara. 

8. Tepat Atur Suhu AC Kendaraan

Tak kalah pentingnya, tips berkendara saat hujan yang wajib kamu ketahui adalah mengatur suhu AC. Demi menjamin kenyamanan saat berkendara di tengah hujan deras, atur ulang suhu kendaraan agar menjadi lebih tinggi. Namun, jangan mengatur suhu AC terlalu panas karena hal tersebut bisa memicu efek kondensasi yang membuat kaca mobil berembun dan mengganggu pandangan. 

9. Minimalkan Manuver dan Rem Mendadak

Agar lebih aman berkendara ketika hujan, cobalah untuk meminimalkan manuver berbahaya dan rem secara mendadak. Saat hujan dan kondisi jalanan basah, risiko tergelincir serta kecelakaan beruntun akan menjadi jauh lebih tinggi. Untuk mengantisipasi hal tersebut, hindari melakukan manuver dan pengereman secara mendadak, serta lebih fokus melihat kondisi di sekitar. 

10. Jangan Gunakan Lampu Hazard Sembarangan

Tips aman berkendara saat hujan yang terakhir adalah tak sembarangan menggunakan lampu hazard. Meski memiliki fungsi yang penting, tapi banyak orang masih salah kaprah menggunakan lampu hazard di kondisi yang tidak tepat. Seperti saat hujan deras, tidak ada urgensi yang mengharuskanmu untuk menyalakan lampu darurat ini ketika berkendara. 

Penggunaan lampu hazard ini hanya diperbolehkan ketika kamu mengalami masalah dan harus berhenti di pinggir jalan. Saat dinyalakan, lampu ini menjadi tanda pada pengendara lain jika ada mobil yang sedang berhenti dan perlu lebih berhati-hati saat melaju. Jika dihidupkan saat hujan, selain memberi isyarat yang salah pada pengendara lain, fungsi lampu sein juga akan terganggu dan mampu meningkatkan risiko kecelakaan. 

Punya Risiko Lebih Tinggi, Pahami Cara dan Tips Aman Berkendara saat Hujan

Cuaca hujan memang perlu diantisipasi dengan tepat agar tak memicu risiko bahaya saat berkendara. Mulai dari menjaga kondisi kendaraan, menjaga kecepatan dan jarak aman, serta menggunakan fitur mobil dengan tepat adalah kunci agar tak celaka berkendara saat hujan.

Namun, agar perlindungan makin maksimal, beri perlindungan tambahan untuk mobil kesayanganmu berupa asuransi.