Pentingnya Asuransi Mobil Tua, Intip Harga hingga Tips Memilihnya

Mobil tua atau antik masih kerap digemari para kolektor otomotif. Mengingat usianya yang sudah lawas, tidak heran jika mobil ini rentan mengalami kerusakan. Oleh sebab itu, dibutuhkan asuransi mobil tua yang dapat memproteksinya dari berbagai risiko.

Bicara tentang asuransi mobil tua, tidak semua perusahaan asuransi menyediakan produk asuransi mobil tua. Biasanya perusahaan asuransi menetapkan batas usia kendaraan yang diasuransikan sekitar 10 tahun. Pasalnya, kendaraan yang melebihi batas usia semakin sulit dipertanggungkan karena susahnya suku cadang dan lain sebagainya.

Namun, ada beberapa alasan mengapa mobil tua perlu diasuransikan. Penjelasan lengkapnya akan dibahas pada artikel ini. Selain itu, ada pula informasi cara kerja, harga, hingga tips memilih asuransi mobil.

Bingung cari asuransi mobil terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Tahun Kendaraan
Pilih Merek Mobil
Pilih Model Mobil
Pilih Tipe Mobil
Pilih Plat Kendaraan
Pilih Tipe Asuransi
 

Alasan Asuransi Mobil Tua Diperlukan

loader

Berikut beberapa alasan asuransi mobil tua penting untuk dimiliki.

  1. Risiko Kecelakaan

    Asuransi mobil tua akan bermanfaat terhadap risiko kecelakaan. Dalam hal ini, asuransi akan membantu memberikan perlindungan finansial.

  2. Risiko Pencurian

    Mobil tua seringkali menjadi target pencurian karena nilai serta sejarah yang dimiliki. Dengan adanya asuransi akan membantu melindungi risiko kehilangan atau pencurian.

  3. Perlindungan terhadap Bencana Alam

    Mobil tua atau antik yang disimpan tetap memiliki risiko bencana alam, seperti banjir, kebakaran, dan gempa bumi. Dalam hal ini, asuransi akan memberi perlindungan terhadap bencana alam.

  4. Proteksi terhadap Tanggung Jawab Hukum

    Alasan terakhir adalah proteksi atas tanggung jawab hukum. Jika terjadi kecelakaan pada mobil tua yang melibatkan pihak ketiga, asuransi dapat membantu memberi perlindungan terhadap klaim ganti rugi dan biaya yang mungkin akan timbul.

    Itulah alasan pentingnya asuransi mobil tua. Dengan adanya asuransi, kendaraan akan jauh lebih terproteksi atas segala risiko. Jika ingin mengasuransikan mobil tua milikmu. Sebaiknya ketahui cara kerja hingga harga asuransinya.

Cara Kerja Asuransi Mobil Tua

Perlu diketahui, cara kerja asuransi mobil tua tidak jauh berbeda dengan polis asuransi baru. Pemegang polis membayarkan premi kepada perusahaan asuransi yang berperan sebagai penanggung.

Kemudian, perusahaan asuransi akan menyediakan perlindungan finansial jika terjadi risiko yang tidak terduga atau tidak sengaja pada kendaraan yang diasuransikan. Dengan demikian, saat pemegang polis mengajukan klaim, kompensasi akan diberikan dari dana premi yang telah terkumpul.

Harga Premi Asuransi Mobil Tua

Harga premi asuransi mobil tua maupun baru telah ditetapkan berdasarkan Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 6/SEOJK.05/201. Berikut hal-hal yang mempengaruhi besar premi asuransi mobil tua.

  1. Harga Mobil

    Faktor pertama yang mempengaruhi harga premi asuransi mobil tua adalah harga dari mobil itu sendiri. Semakin tinggi harga mobil, maka semakin besar premi yang harus dibayarkan. Berikut kategori perhitungan premi asuransi mobil.

    1. Kategori 1 untuk mobil seharga 0 hingga Rp 125.000.000.
    2. Kategori 2 untuk mobil dengan harga lebih dari Rp 125.000.000 hingga Rp 200.000.000.
    3. Kategori 3 untuk mobil dengan harga lebih dari Rp 200.000.000 hingga Rp 400.000.000.
    4. Kategori 4 untuk mobil harga lebih dari Rp 400.000.000 sampai Rp 800.000.000.
    5. Kategori 5 untuk mobil seharga lebih dari Rp 800.000.000
  2. Usia Mobil

    Faktor selanjutnya adalah usia kendaraan. Semakin tua usia mobil, maka premi yang diperlukan pun cenderung semakin tinggi. Pasalnya, risiko kerusakan pada kendaraan yang usianya semakin tua juga semakin tinggi. Kemudian, ketersediaan suku cadang juga semakin terbatas.

  3. Wilayah Mobil

    Faktor terakhir adalah wilayah atau kode plat mobil. Menurut peraturan dalam Surat Edaran OJK, tarif premi asuransi mobil juga bergantung pada lokasi kendaraan bermotor, yang diatur melalui pembagian sebagai berikut.

    1. Wilayah 1 : Sumatera dan kepulauan di sekitarnya
    2. Wilayah 2 : DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten.
    3. Wilayah 3 : Selain WILAYAH 1 dan WILAYAH 2

    Nah, itulah beberapa faktor dalam menentukan harga premi asuransi mobil tua. Jika tertarik untuk mendaftarkan asuransi mobil tua milikmu, kamu bisa mengintip beberapa tips yang akan diberikan.

Tips Memilih Asuransi Mobil Tua

Sebagaimana sudah dijelaskan bahwa tidak banyak perusahaan asuransi yang menawarkan proteksi untuk kendaraan yang telah berusia lama. Oleh karena itu, memang diperlukan pertimbangan matang untuk memilih asuransi mobil tua yang tepat. Tujuannya agar pertanggungan yang kamu pilih mampu memberikan perlindungan maksimal bagi kendaraanmu. Simak tips memilih asuransi mobil tua berikut.

  1. Pahami Kriteria Usia Mobil

    Langkah pertama, pilihlah asuransi yang sesuai dengan usia kendaraan yang kamu miliki. Asuransi TLO biasanya menawarkan batasan usia maksimal yang lebih luas sehingga cocok untuk kendaraan dengan usia yang lebih tua. 

    Pastikan kamu telah mencari informasi terkait guna mengetahui perusahaan asuransi yang masih bersedia memberikan perlindungan untuk mobil dengan usia melampaui batas 15 tahun.

  2. Minta Perusahaan Asuransi Mengevaluasi Mobil Tua Milikmu

    Sebelum kamu memutuskan untuk membeli asuransi mobil tua. Minta perusahaan asuransi untuk melakukan penilaian menyeluruh. Periksa ketersediaan bengkel resmi dan suku cadang, yang nantinya akan menjadi tanggung jawab perusahaan asuransi.

    Selain karena kelangkaan suku cadang, alasan banyak perusahaan tidak menawarkan pertanggungan untuk mobil tua adalah nilai kendaraan yang terus mengalami penurunan dari harga beli awal.

  3. Lakukan Perbandingan Produk

    Tips penting berikutnya adalah melakukan perbandingan produk asuransi dari beberapa perusahaan. Cara ini dapat membantu kamu menemukan polis yang paling baik dan sesuai dengan kebutuhan.

    Itulah penjelasan mengenai tips asuransi mobil tua. Cara-cara di atas semoga bisa membantu kamu menentukan asuransi mobil tua yang tepat.

Asuransi Mobil Tua Bantu Minimalisasi Risiko

Mobil tua kadangkala dimiliki untuk hobi. Meskipun mobil tua atau antik ini mungkin jarang digunakan sehari-hari, tetapi keberadaan asuransi tetap penting untuk melindungi kamu dari berbagai risiko dan kejadian yang tidak terduga.

Untuk itu, sebaiknya tetaplah menggunakan asuransi pada mobil tua milikmu. Dengan demikian, kamu akan lebih meminimalisasi berbagai risiko yang timbul, mulai dari kerusakan, kecelakaan, serta bencana alam.

Demikianlah pembahasan seputar asuransi mobil tua. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat untuk kamu yang berniat mengasuransikan mobil lama milikmu.