Serba-Serbi Asuransi Pendidikan, Jawaban untuk Jamin Pendidikan Anak di Masa Depan

Menjadi orang tua tentu memberikan banyak sekali pengalaman dan tanggung jawab baru. Mulai dari hal yang menyenangkan seperti memiliki momongan menjadi sumber kebahagiaan tak ternilai yang pasti dirasakan oleh semua orang tua. 

Namun, perlu dipahami jika mempunyai anak mengharuskan kamu untuk menyiapkan berbagai macam hal sedini mungkin. Salah satunya adalah biaya pendidikan demi menunjang kesuksesan buah hati di masa depan. Terlebih, biaya pendidikan setiap tahunnya mengalami peningkatan yang cukup signifikan sehingga perlu diprioritaskan bagi orang tua untuk menyiapkannya secara optimal.

Tak perlu khawatir, rasa gundah menyiapkan besarnya biaya pendidikan ini bisa kamu atasi dengan mengajukan asuransi pendidikan. Untuk memahami lebih lanjut tentang apa itu asuransi pendidikan, jenis, manfaat, sampai tips memilihnya, kamu bisa menyimak penjelasannya berikut ini.

Pengertian Asuransi Pendidikan

loader

Pendidikan Anak

Sesuai namanya, asuransi pendidikan adalah jenis produk asuransi yang dirancang secara khusus untuk memberi dana ataupun biaya pendidikan anak pihak tertanggung di masa mendatang. Secara umum, asuransi pendidikan mengombinasikan manfaat proteksi dari asuransi jiwa dan investasi atau tabungan. 

Dalam kata lain, kamu selaku orang tua bisa mengajukan asuransi pendidikan untuk memberi proteksi finansial kepada anak ketika kamu meninggal dunia. Hal ini secara khusus diberikan untuk menyediakan dana demi melanjutkan pendidikan anak hingga jenjang tertentu sesuai kesepakatan pada polis asuransi. 

Jenis-Jenis Asuransi Pendidikan

Secara umum, perusahaan asuransi di Indonesia menawarkan 2 jenis produk asuransi pendidikan, yaitu asuransi dwiguna dan unit link. Berikut penjelasan tentang kedua jenis asuransi pendidikan tersebut.

Jenis

Penjelasan

Dwiguna atau Endowment

Asuransi pendidikan jenis dwiguna atau bisa juga disebut endowment adalah produk kombinasi dari perlindungan asuransi jiwa dengan investasi di instrumen pasar uang. Proteksi asuransi ini akan menjamin pertanggungan biaya pendidikan anak jika suatu saat nanti orang tuanya tak bisa lagi memberi nafkah akibat meninggal dunia ataupun cacat total. 

Tak hanya itu, imbal hasil investasi di instrumen pasar uang, misalnya deposito, cenderung memberi keuntungan yang pasti dan bisa dicairkan pada kurun waktu tertentu. Nominal keuntungan atau imbal hasil yang bisa diklaim menyesuaikan kontrak asuransi pendidikan yang sudah disepakati pada polis.

Unit Link

Produk ini juga mengombinasikan manfaat asuransi jiwa dengan keuntungan investasi. Hanya saja, yang membedakannya dengan asuransi dwiguna adalah asuransi unit link memiliki cakupan investasi yang lebih luas. 

Tak hanya menanam modal di produk deposito, unit link juga menempatkan dana nasabah asuransi di instrumen investasi lain, misalnya reksa dana. Pemberian keuntungan investasi di produk ini juga dilakukan beriringan menyesuaikan tahap pendidikan anak, contohnya ketika masuk SD, SMP, sampai universitas. 

Akan tetapi, pahami jika setiap instrumen investasi mempunyai risiko tersendiri. Sehingga, walaupun investasi pada produk unit link mampu memberi keuntungan menjanjikan, tapi di baliknya terdapat risiko kerugian yang tak kalah tingginya. Hal ini tentu bisa turut mempengaruhi nominal klaim asuransi pendidikan dan perlu menjadi bahan pertimbangan sebelum memilihnya.

Manfaat Ajukan Asuransi Pendidikan

Secara umum, mengajukan asuransi pendidikan mampu memberi 3 manfaat utama yang penting bagi para nasabahnya. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah manfaat mengajukan asuransi pendidikan untuk kamu selaku orang tua dan juga anak. 

  1. Memberi Jaminan Finansial

    Manfaat terlindungi asuransi pendidikan yang pertama adalah kamu selaku orang tua bisa memberi jaminan finansial kepada biaya pendidikan anak ketika kondisi tak terduga terjadi, misalnya meninggal dunia ataupun cacat total permanen. Dengan proteksi asuransi ini, anak akan tetap bisa memenuhi kebutuhan biaya pendidikan sesuai kesepakatan pada polis. 

  2. Menjadi Alternatif Tabungan Pendidikan

    Produk asuransi ini juga berguna menjadi tabungan maupun investasi demi memastikan biaya pendidikan anak terpenuhi. Dana yang terkumpul dari pembayaran premi akan digunakan untuk membayar biaya pendidikan anak di masa depan. Biaya pendidikan tersebut mencakup biaya sekolah, kuliah, sampai pendidikan lanjutan. 

    Sehingga, orang tua pun bisa lebih tenang dan tak perlu khawatir dengan kewajibannya tersebut demi menjamin masa depan buah hatinya. Di samping itu, besaran premi dan klaim pertanggungan juga bisa fleksibel disesuaikan dengan kebutuhan serta kondisi keuanganmu. 

  3. Ada Fitur Pengembalian Premi

    Manfaat yang terakhir, dari pembayaran premi asuransi yang dilakukan secara rutin, pada beberapa produk asuransi pendidikan menawarkan layanan pengembalian premi. Fitur ini bisa diklaim ketika kamu selaku orang tua dan anak masih hidup hingga akhir masa polis asuransi. Dengan mengklaim manfaat ini, premi yang telah dibayarkan bisa dikembalikan pada pihak tertanggung sehingga mampu menjadi opsi investasi sekaligus asuransi yang ideal untuk dipilih. 

Tips Memilih Produk Asuransi Pendidikan Terbaik

Meski manfaatnya begitu penting untuk didapatkan, tapi kamu harus bijak dalam memilih produk asuransi pendidikan. Agar mampu memaksimalkan proteksinya sesuai kebutuhan serta kondisi keuangan, ikuti 5 tips berikut ini dalam memilih produk asuransi pendidikan. 

  1. Pahami Kebutuhan Biaya Pendidikan

    Sebelum mengajukan asuransi pendidikan, kamu harus lebih dulu mengetahui berapa besar dana pendidikan yang diperlukan. Semua aspek biaya harus diperhitungkan, seperti biaya pendaftaran, uang gedung, SPP bulanan, biaya perlengkapan, biaya transportasi, sampai biaya ekstrakurikuler. Selain itu, jangan lupa pula untuk memasukkan nilai inflasi per tahun menyesuaikan kurun waktu anak akan memasuki jenjang pendidikannya agar bisa mendapatkan perhitungan yang akurat. 

  2. Cermati Dulu Plus Minus Produknya

    Perlu diketahui jika ada banyak perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi pendidikan dengan kelebihan dan kekurangan tersendiri. Untuk bisa mendapatkan produk yang terbaik, kamu wajib mencermati dulu plus minus asuransi pendidikan serta membandingkannya dari perusahaan asuransi berbeda. Beberapa aspek penting yang harus diperhatikan ketika memahami asuransi ini adalah besaran premi, jenis produk, nominal pertanggungan, opsi investasi, dan kemudahan proses klaim. 

  3. Ketahui Kondisi Keuanganmu

    Tak kalah pentingnya, kamu juga harus menyesuaikan pilihan asuransi pendidikan dengan kondisi keuangan. Ukur berapa nominal uang yang bisa disisihkan untuk membayar premi asuransi dengan lancar tanpa berisiko mengacaukan arus kas bulanan. Sebagai tanggungan jangka panjang, memperhatikan kondisi keuangan sebelum mengajukan asuransi pendidikan sangat penting untuk memastikan pembayarannya tak terhenti di tengah jalan. 

  4. Baca Detail Ketentuan Polis

    Ketika telah menentukan produk yang ingin dibeli, usahakan untuk membaca kembali detail ketentuan polisnya. Pastikan semua persyaratan serta ketentuannya sesuai dengan kebutuhan dan keinginanmu. Pahami juga seluruh hak serta kewajiban nasabah dan penyedia asuransi, serta pastikan nama tertanggung, nominal premi, durasi, biaya pertanggungan, dan beragam hal lain sesuai dengan kesepakatan bersama.  

  5. Ikuti Anjuran Ahli

    Jika masih ragu tentang cara memilih asuransi pendidikan terbaik, jangan ragu untuk meminta bantuan ahli dalam menentukan pilihan. Dengan bantuan ahli, kamu bisa lebih mudah memilah produk asuransi pendidikan mana yang terbaik berdasarkan kriteria yang diberikan. Jadi, tak ada alasan lagi kamu memilih produk yang kurang optimal hingga berisiko tak mampu memenuhi kebutuhan biaya pendidikan anak di masa depan karena telah mengikuti anjuran ahli. 

Ciri-Ciri Asuransi Pendidikan yang Bagus

  1. Jumlah dana yang dapat dicairkan bersifat pasti atau sama seperti ilustrasi saat asuransi jatuh tempo.
  2. Memiliki manfaat tambahan. Sebut saja manfaat kesehatan bagi anak.
  3. Preminya bervariasi dan bisa disesuaikan dengan kemampuan.
  4. Perusahaan memiliki reputasi yang baik di mata masyarakat.

Jangan Sepelekan, Siapkan Pendidikan Anak secara Maksimal dengan Asuransi Pendidikan

Tak dapat dipungkiri jika pendidikan adalah salah satu kunci untuk bisa mendulang kesuksesan bagi anak di masa depan. Sebagai orang tua, kamu tentu harus mampu memastikan jika buah hati bisa mendapatkan haknya mendapat jenjang pendidikan tertinggi sesuai keinginannya. Dengan biayanya yang terus melambung setiap tahun, jangan sepelekan pentingnya menyiapkan pendidikan anak di masa depan agar mimpinya tak terhenti dengan mengajukan asuransi pendidikan.