Ketahui Cara Klaim Asuransi Kesehatan dengan Mudah Saat Dibutuhkan

Asuransi menjadi salah satu proteksi yang mulai dipilih masyarakat. Salah satu produk asuransi yang diminati adalah asuransi kesehatan. Dengan memiliki polis asuransi kesehatan, pemegang polis akan terlindungi secara finansial dari risiko masalah kesehatan. Contohnya, biaya rawat inap, rawat jalan, operasi, dan sebagainya. Adapun cara klaim asuransi kesehatan pun cukup mudah lho!

Sayangnya, di tengah gencarnya informasi serta beragam manfaat daripada asuransi kesehatan. Masih banyak masyarakat yang enggan memilih proteksi ini karena merasa akan kesulitan saat proses klaim. Padahal, sejak awal pembukaan polis biasanya sudah dijelaskan kemudahan proses klaim. Nah, buat kamu yang punya asuransi kesehatan atau baru akan mendaftar, jangan khawatir. Pada artikel ini akan dijelaskan cara mudah klaim asuransi kesehatan.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Jenis Perlindungan
Pilih Jenis Kelamin
Pilih Tanggal Lahir
Pilih Bulan Lahir
Pilih Tahun Lahir
Pilih Tipe Asuransi

Pengertian Klaim Asuransi

loader

Sebelum jauh membahas tentang syarat dan cara klaim asuransi kesehatan. Perlu diketahui, klaim asuransi adalah permohonan resmi yang dilakukan oleh pemegang polis asuransi kepada perusahaan asuransi sebagai penanggung. Hal ini dilakukan untuk melaksanakan hak pemegang polis yang tertulis dalam polis asuransi. Hak ini dapat diterima dengan mudah, jika pemegang polis atau nasabah melakukan kewajiban membayar premi secara rutin.

Contohnya, jika pemegang polis mengalami sakit dan harus dirawat di Rumah Sakit, maka dapat mengajukan klaim. Nantinya, pihak penanggung asuransi akan membayar biaya rawat inap serta biaya lainnya sesuai manfaat yang tertera pada polis asuransi.

Dari penjelasan dan contoh di atas, kita dapat mengartikan bahwa klaim asuransi kesehatan memberikan kemudahan finansial saat terjadi musibah sakit. Tanpa asuransi kesehatan, kamu mungkin akan kesulitan mengatur keuangan karena mengeluarkan biaya besar yang tidak terduga. Sementara, dengan adanya asuransi dapat mengalihkan risiko tersebut.

Adapun, untuk klaim asuransi kesehatan sendiri cukup mudah dilakukan. Hanya saja, pemegang polis terkadang tidak melakukan proses klaim sebagaimana mestinya sehingga terjadi berbagai kendala. Yuk, simak syarat dan cara klaim asuransi kesehatan dengan mudah!

Syarat Dokumen Klaim Asuransi Kesehatan

Syarat dokumen pengajuan klaim asuransi kesehatan menjadi hal penting sebelum kamu melakukan klaim. Ada beberapa dokumen secara umum yang perlu disiapkan sebagai berikut.

  1. Formulir Pengajuan Klaim yang bisa kamu dapatkan secara langsung di perusahaan asuransi maupun secara online melalui website.
  2. Resume medis yang sudah terisi secara lengkap dan jelas.
  3. Kwitansi asli biaya perawatan.
  4. Rincian biaya perawatan dan tindakan secara lengkap.
  5. Rincian biaya obat-obatan.
  6. Fotokopi hasil pemeriksaan diagnostik, seperti rontgen, laboratorium, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa syarat umum yang biasanya akan diminta dalam proses klaim asuransi kesehatan. Masing-masing perusahaan biasanya memiliki persyaratan lain yang berbeda-beda. Kamu bisa mengetahuinya melalui website resmi perusahaan asuransi tersebut.

Cara Klaim Asuransi Kesehatan

Setelah semua dokumen persyaratan selesai disiapkan. Kamu dapat mengetahui cara klaim asuransi kesehatan. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan klaim. Pertama, pastikan polis asuransi kesehatan aktif dengan telah membayar premi secara rutin. Kedua, pastikan penyakit yang diderita hendak diklaim tidak termasuk pada pengecualian dalam polis. Untuk lebih lanjut, berikut cara klaim asuransi kesehatan yang bisa kamu lakukan.

  1. Pastikan formulir klaim sudah terisi dengan benar.
  2. Kirim formulir klaim yang asli beserta dokumen persyaratan lain. Kamu bisa mengirim secara langsung ke kantor perusahaan asuransi maupun secara online dengan mengunggah melalui website.
  3. Tunggu perusahaan asuransi melakukan pengecekan dokumen klaim.
  4. Bila sudah disetujui, perusahaan asuransi akan melakukan pencairan dana sesuai manfaat yang didapat dan tertulis dalam polis.

Itulah beberapa cara klaim asuransi kesehatan yang bisa kamu ketahui. Mudah bukan langkah-langkah yang perlu dilakukan? Untuk lebih mudahnya, kamu juga bisa menghubungi tenaga pemasar asuransi saat sedang dirawat. Biasanya, mereka akan memberikan informasi langkah-langkah yang harus dilakukan untuk proses klaim.

Untuk diingat, simpan semua dokumen dari pihak rumah sakit yang akan dibutuhkan sebagai syarat klaim. Kemudian, lakukan proses klaim secepat mungkin saat sudah selesai proses rawat maupun tindakan di Rumah Sakit. Sebab, biasanya perusahaan asuransi memberikan tenggat waktu klaim maksimal 30 hari setelah perawatan.

Mudahnya Cara Klaim Asuransi Kesehatan, Segera Proteksi Dirimu!

Nah, sudah paham dong bahwa cara klaim asuransi kesehatan ternyata mudah. Selain itu, syarat yang umum diminta juga tidak rumit. Hanya saja, sering terjadi kesalahan informasi pada nasabah yang keliru atau lupa beberapa syarat dan ketentuan yang dijelaskan di awal pembukaan polis asuransi kesehatan. Hal ini seringkali membuat proses klaim menjadi sulit bahkan bisa ditolak jika tidak sesuai.

Untuk itu, kamu perlu cermat memperhatikan semua persyaratan dan hal-hal lain yang dituliskan dalam polis. Kamu juga bisa meminta penjelasan oleh pihak asuransi dengan detail terkait berbagai hal, terutama proses klaim. 

Jadi tunggu apa lagi? Segera proteksi diri kamu dengan asuransi kesehatan! Saat ini pun sudah banyak perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi kesehatan dengan berbagai manfaat. Semoga informasi kemudahan cara klaim asuransi kesehatan ini bermanfaat untuk kamu dan keluarga, ya!