Mengenal Ciri–Ciri Asuransi Mobil dan Manfaat Penggunaannya

Ciri-ciri asuransi mobil merupakan salah satu poin yang bisa menjadi pertimbangan dalam memilih layanan asuransi kendaraan. Asuransi kendaraan sendiri merupakan produk asuransi yang akan melindungi kendaraan dari berbagai risiko yang bisa terjadi kapan saja. 

Kendaraan adalah salah satu aset yang memiliki nilai tinggi, itulah mengapa sangat penting memiliki layanan asuransi untuk melindunginya. Saat ini, ada banyak perusahaan asuransi yang menyediakan produk tersebut, lengkap dengan berbagai penawaran menarik yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. 

Bingung cari asuransi mobil terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Tahun Kendaraan
Pilih Merek Mobil
Pilih Model Mobil
Pilih Tipe Mobil
Pilih Plat Kendaraan
Pilih Tipe Asuransi
 

Ini Ciri–Ciri Asuransi Mobil yang Profesional 

loader

Asuransi kendaraan adalah produk asuransi yang akan melindungi kendaraan dari berbagai risiko, termasuk kerusakan dan juga kehilangan. Kesadaran masyarakat untuk mengakses layanan ini sudah terbilang cukup tinggi, sehingga cukup banyak produk yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan. 

Namun sama dengan pembelian asuransi pada umumnya, sangat penting untuk memahami secara detail produk ini terlebih dahulu. Hal ini akan memudahkan pemilihan produk yang lebih tepat dan tentunya sesuai dengan kebutuhan kendaraan itu sendiri. 

Simak beberapa ciri-ciri asuransi mobil yang profesional berikut ini sebagai pertimbangan: 

1. Memiliki Izin Resmi dan Berada dalam Pengawasan OJK

Kepemilikan izin serta legalitas yang dimiliki perusahaan asuransi merupakan salah satu ciri-ciri perusahaan asuransi yang profesional. Penting untuk mencari informasi terkait izin ini sejak awal, sebab hal tersebut akan berkaitan dengan layanan yang dimiliki oleh perusahaan asuransi. 

Carilah informasi akurat dan pastikan perusahaan asuransi yang akan dipilih sudah berizin dan menjalankan usaha dengan profesional. Lakukan pengecekan di situs resmi OJK dan pastikan perusahaan tersebut sudah terdaftar dan berada di bawah pengawasan OJK.

2. Menerapkan Sistem Klaim yang Mudah

Proses pengajuan klaim juga bisa menunjukkan kinerja sebuah perusahaan asuransi dan menjadi poin penting dalam memilih layanan ini. Proses yang rumit dan merepotkan tentu akan menjadi masalah di masa depan, jika sewaktu-waktu terjadi risiko dan harus melakukan pengajuan klaim. Selain menghabiskan banyak tenaga, sistem yang seperti ini juga akan membuang banyak waktu.

Biasanya perusahaan asuransi profesional selalu menerapkan sistem klaim yang simpel dan mudah untuk dilakukan oleh nasabahnya. Hal ini akan memungkinkan nasabah memahami dengan baik prosedur dan mampu melakukan pengajuan klaim dengan cepat dan lancar. 

3. Mempekerjakan Agen yang Profesional

Urusan dengan perusahaan asuransi biasanya akan ditangani oleh agen perusahaan tersebut. Urusan-urusan ini bisa saja menjadi rumit, jika tidak ditangani oleh agen asuransi yang profesional. Meski mudah menemukan layanan asuransi kendaraan, namun tidak semua perusahaan asuransi mempekerjaan agen yang profesional.

Salah satu ciri-ciri asuransi mobil yang bagus adalah memiliki agen yang bisa diandalkan. Perusahaan asuransi seperti ini akan mempekerjakan agen yang profesional dengan kemampuan mumpuni di dalam pekerjaannya dan memahami dengan baik detail produk mereka. Agen seperti ini akan mampu menangani semua urusan nasabahnya dengan baik.

4. Membuat Perjanjian Tertulis untuk Nasabah

Perusahaan asuransi profesional juga akan membuat perjanjian tertulis untuk masing-masing nasabahnya terkait dengan produk asuransi yang mereka gunakan. Surat perjanjian ini akan memuat semua informasi penting tentang produk asuransi itu sendiri, termasuk aturan pengajuan klaim dan yang lainnya. 

Perjanjian tertulis seperti ini akan memungkinkan nasabah memiliki ketetapan hak dan kewajibannya terkait dengan produk asuransi kendaraan yang digunakannya. Penting untuk memastikan setiap poin di dalam surat perjanjian ini sudah sesuai dengan yang seharusnya, agar kelak tidak menimbulkan masalah. 

5. Memiliki Kondisi Finansial yang Layak 

Di dalam praktiknya, perusahaan asuransi yang bagus haruslah didukung dengan kondisi finansial yang layak. Kelayakan finansial ini disesuaikan dengan tingkat solvabilitas dan Risk Based Capital (RBC). Solvabilitas sendiri bisa diartikan sebagai kemampuan yang dimiliki perusahaan untuk melunasi semua kewajibannya, termasuk utang jangka pendek dan jangka panjang. 

Sedangkan RBC adalah kemampuan perusahaan asuransi untuk memenuhi semua klaim yang diajukan oleh nasabah. RBC ini tentu akan bisa diwujudkan dengan baik oleh perusahaan yang memiliki kondisi finansial yang layak, sehingga perusahaan tersebut mampu membayar semua klaim nasabahnya. 

6. Besaran Premi Sepadan dengan Perlindungannya

Perusahaan asuransi yang profesional juga tidak akan memberi janji premi murah kepada nasabahnya. Besaran premi tentu akan sepadan dengan manfaat yang bisa didapatkan oleh nasabah asuransi. Jika preminya kecil, maka sudah tentu cakupan pertanggungannya juga minim. 

Jika nasabah menginginkan perlindungan yang baik dan maksimal, maka nasabah harus siap membayar jumlah premi yang sebanding dengan layanan tersebut. Perusahaan asuransi yang profesional akan memberikan perlindungan yang baik pada kendaraan, namun hal ini juga akan dibarengi dengan jumlah premi yang sepadan. 

Manfaat Penggunaan Asuransi Mobil

loader

Jika sudah memahami ciri-ciri asuransi mobil dengan baik, maka penting untuk mengetahui manfaat layanan tersebut untuk kendaraan. Secara garis besar,  layanan asuransi mobil akan melindungi kendaraan dari berbagai risiko yang mungkin saja terjadi, kapan saja dan di mana saja. 

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari penggunaan asuransi mobil: 

1. Membuat Hidup Lebih Tenang 

Penggunaan asuransi mobil akan membuat hidup pemilik kendaraan jadi lebih tenang. Pemilik mobil tidak lagi perlu khawatir akan berbagai risiko yang bisa terjadi pada aset berharga miliknya tersebut, sebab risiko-risiko ini sudah ditanggung oleh perusahaan asuransi. 

Berkendara akan jadi lebih nyaman dan menyenangkan saat menggunakan layanan asuransi mobil. Layanan asuransi mobil bahkan tidak hanya sekedar melindungi kendaraan atas risiko kerusakan saja, namun juga risiko kehilangan pada kendaraan tersebut. 

2. Mendapatkan Perlindungan Atas Risiko Kecelakaan

Risiko kecelakaan tentu saja selalu ada saat sedang berkendara. Mobil bisa saja mengalami kecelakaan/ tabrakan, terperosok atau bahkan ditabrak oleh kendaraan lainnya. Jika sampai mengalami kecelakaan, biaya untuk memperbaiki kendaraan tentu tidak bisa dianggap kecil. 

Namun jangan khawatir, sebab asuransi mobil juga memberikan perlindungan atas berbagai risiko kecelakaan yang mungkin terjadi pada kendaraan. Masalah kerusakan kendaraan akan ditangani oleh perusahaan asuransi dengan baik, termasuk tagihan-tagihan yang muncul untuk proses perbaikannya. 

3. Mendapatkan Ganti Rugi saat Mobil Hilang 

Selain kecelakaan atau kerusakan mobil, kehilangan mobil akibat tindak pencurian tentu akan menimbulkan kerugian bagi para pemilik kendaraan. Jumlah kerugian ini tentu akan sangat besar dan bisa saja menimbulkan masalah serius di dalam keuangan. 

Manfaat lainnya dari asuransi mobil yang bisa dinikmati nasabah adalah perlindungan ganti rugi atas hilangnya kendaraan akibat tindak pencurian. Perusahaan asuransi akan membayarkan ganti rugi yang sepadan, tentunya sesuai dengan besaran premi dan isi polis yang sudah disepakati sejak awal.

4. Mempermudah Penataan Keuangan

Asuransi mobil juga akan membantu nasabah lebih mudah untuk menata keuangan, terutama terkait dengan risiko atas kepemilikan kendaraannya. Kerugian akibat adanya kerusakan atau kehilangan mobil merupakan kondisi yang mampu membuat keuangan menjadi berantakan. 

Namun saat kendaraan sudah memiliki asuransi, maka berbagai risiko ini akan dikelola dengan baik oleh perusahaan asuransi. Kondisi keuangan akan berjalan dengan tertata, di mana pemilik mobil hanya perlu membayarkan sejumlah premi tetap setiap bulannya. Jika terjadi risiko, maka hal tersebut akan menjadi urusan perusahaan asuransi, tanpa mengganggu keuangan pemilik kendaraan.

5. Mencegah Terjadinya Penurunan Harga

Penggunaan asuransi mobil juga akan membantu pemilik kendaraan untuk mencegah terjadinya penurunan harga aset tersebut. Setiap kerusakan bisa ditangani dengan baik, tanpa mengeluarkan biaya sama sekali. Jika kondisi mobil terawat dan tidak bermasalah, maka harga pasarannya juga akan tetap tinggi, jika sewaktu-waktu kendaraan tersebut akan dijual. 

6. Bebas dari Tanggung Jawab Pihak Ketiga

Asuransi mobil juga akan memberi tanggung jawab kepada pihak ketiga, jika sewaktu-waktu mobil mengalami insiden dengan melibatkan kendaraan lainnya. Perusahaan asuransi akan menyelesaikan masalah (kerusakan dan yang lainnya) yang timbul dalam kecelakaan, termasuk jika ada pihak ketiga yang terlibat dalam insiden tersebut. 

Kenali dan Gunakan Asuransi Mobil yang Tepat 

Asuransi mobil merupakan produk asuransi yang memberikan perlindungan terhadap kendaraan. Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari penggunaan layanan ini, termasuk tanggung jawab terhadap pihak ketiga. Kenali ciri-ciri asuransi mobil profesional dan pilih produk terbaik, agar layanan tersebut bisa memberikan manfaat maksimal.