Waspada Kampas Ganda Aus, Kenali Ciri dan Penyebabnya

Kampas ganda merupakan salah satu komponen penting pada mesin motor matik. Komponen ini digunakan untuk menekan dan menahan mangkung kopling sehingga transfer tenaga mesin bisa diteruskan ke roda belakang. Meski punya fungsi penting, tetapi seringkali ditemukan motor matik dengan kampas ganda aus atau menipis.

Sebelum jauh menjelaskan terkait kampas ganda yang aus. Sedikit informasi terkait fungsi dan cara kerja dari kampas ganda. Kampas ganda berfungsi sebagai penyalur tenaga, mengontrol transmisi, dan menentukan akselerasi. 

Sementara, cara kerja kampas ganda, yakni ketika mesin menyala maupun mati, serta saat gas ditarik. Maka dari itu, kampas ganda aus akan menyebabkan tenaga mesin bekerja tidak maksimal. Jika dibiarkan, hal ini juga dapat merusak mesin motor lebih parah. 

Oleh sebab itu, kamu mungkin perlu memperhatikan dengan baik kondisi kampas ganda pada motor yang dimiliki. Jangan sampai kampas ganda aus tidak diketahui dan merusak kendaraanmu.

Pada artikel ini akan dijelaskan seputar ciri dan penyebab kampas ganda aus. Yuk, simak informasi lengkapnya!

Bingung cari asuransi mobil terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Tahun Kendaraan
Pilih Merek Mobil
Pilih Model Mobil
Pilih Tipe Mobil
Pilih Plat Kendaraan
Pilih Tipe Asuransi
 

Ciri Kampas Ganda Aus 

loader

Bagi mereka yang paham mesin, mungkin sangat mudah mengenali kondisi kendaraan yang tidak baik akibat komponen rusak atau kurang berfungsi. Namun, tidak sedikit pula yang belum memahami ciri atau tanda kerusakan pada komponen mesin motor, di antaranya kampas ganda aus.

Mengingat pentingnya fungsi kampas ganda pada motor, kamu mungkin perlu memahami beberapa ciri kampas ganda aus yang perlu diganti. Berikut ciri-ciri kampas ganda aus.

  1. Gas Terasa Berat

    Salah satu ciri kampas ganda aus adalah membuat gas terasa berat. Saat digas dengan tekanan kencang, kampas ganda aus membuat tuas dan revolution per minute (RPM) tidak sinkron. Hal itu menyebabkan suara terdengar lebih berat yang tidak sesuai dengan tarikan gas.

  2. Tarikan Berat

    Ciri kampas ganda aus lainnya adalah tarikan motor yang terasa berat saat dikendarai. Pasalnya, kampas ganda yang mulai menipis membuat tarikan motor lemah. 

  3. Kick Starter Loss

    Kemudian, kampas ganda aus juga biasanya menyebabkan kick starter terasa loss saat diinjak. Sebagai informasi, saat memanaskan motor matik, sebaiknya gunakan kick starter dibandingkan tombol starter elektrik untuk menjaga performa kelistrikan.

  4. Kopling Sering Terselip

    Saat kampas ganda bermasalah biasanya akan menimbulkan kendala pada bagian kopling. Kopling seringkali terselip menjadi salah satu ciri kampas ganda aus. Kondisi ini bisa kamu perhatikan saat motor naik tanjakan curam atau saat digas dengan tekanan tinggi.

  5. RPM Semakin Tinggi

    Ciri terakhir kampas ganda aus adalah RPM yang tiba-tiba semakin tinggi, tetapi akselerasi lemah. Contohnya, kecepatan motor 50 km/jam idealnya membutuhkan putaran 5.000 RPM. Namun, jika kampas ganda aus atau mulai menipis makan putaran mesin membutuhkan 8.000 RPM.

    Itulah lima ciri kampas ganda aus yang bisa jadi perhatian pada kendaraan motor. Jika mengalami ciri-ciri tersebut sebaiknya segera servis ke ahlinya untuk diperbaiki maupun diganti.

    Lalu, apa sebenarnya penyebab dari kampas ganda aus? Simak informasi lengkapnya!

Penyebab Kampas Ganda Aus

Ada beberapa penyebab kampas ganda aus. Kamu mungkin perlu mengetahuinya untuk lebih mengamati penggunaan kendaraan dan perhatian terhadap keberfungsian komponen-komponen mesinnya. Berikut adalah beberapa penyebab kampas ganda aus.

  1. Sering Melintasi Jalan Menanjak

    Motor matik yang sering digunakan untuk melintasi jalan menanjak atau menurun, biasanya akan mempengaruhi kondisi kampas ganda. Saat menanjak kampas akan bergesekan. Akibatnya kampas akan mudah menipis.

  2. Sering Membawa Beban Berat

    Motor yang digunakan untuk membawa beban berat juga menjadi faktot penyebab kampas ganda aus. Sebab, berat yang melebihi kapasitas membuat v-belt semakin berat sehubffa kampas menipis dan mudah retak.

  3. Berkendara di Kemacetan

Bagi yang beraktivitas di Jakarta dan sekitarnya, pasti sudah sangat lumrah dengan kemacetan. Nah, ketahuilah bahwa sering berkendara di kemacetan menjadi penyebab kampas ganda aus. Saat macet, kampas akan bergesekan dan menahan rumah komponen agar ban motor tidak bergerak.

Itulah beberapa penyebab kampas ganda mudah aus atau menipis. Jika menggunakan motor untuk kegiatan beraktivitas sehari-hari, sebaiknya perhatikan faktor penyebab tersebut.

Perbaiki Kampas Ganda Aus

loader

Segera perbaiki kendaraan motor ketika mengalami kampas ganda aus. Bawa motor ke bengkel terdekat untuk melakukan perbaikan atau diganti dengan kampas ganda baru.

Jika mengalami beberapa ciri-ciri yang telah dijelaskan di atas, jangan menunda untuk mengganti kampas agar tidak mempengaruhi komponen lainnya. Adapun, kamu juga bisa mengecek kondisi kampas ketika melakukan servis rutin. 

Semoga informasi terkait penyebab dan ciri kampas ganda aus bisa bermanfaat. Dengan begitu, kamu bisa menjaga performa motor agar tetap baik dan optimal.