Rahasia Pengeluaran Lebih Hemat! Ini 4 Tips Gunakan Kartu Kredit Groceries saat Belanja

Tak bisa dipungkiri, mengatur budget belanja kebutuhan pokok merupakan tantangan tersendiri yang sering kali dirasakan semua orang. Khususnya bagi ibu rumah tangga, kerap kali kita harus memutar otak untuk bisa menghemat pengeluaran belanja keperluan dapur agar keuangan tidak boncos. 

Di saat ingin menghidangkan makanan yang lezat dan disukai anggota keluarga, harga kebutuhan pokok kian meningkat dan membengkakkan pengeluaran. Dilema seperti ini merupakan hal yang pasti dirasakan oleh setiap ibu rumah tangga setiap harinya. Untungnya, masalah tersebut bisa disiasati dengan memanfaatkan keuntungan kartu kredit groceries. 

Dengan menggunakan kartu kredit jenis ini, pengeluaran belanja untuk kebutuhan dapur dijamin tidak akan membengkak dan malah bisa diminimalkan. Lalu, seperti apa sih tips berbelanja dengan lebih hemat menggunakan kartu kredit groceries? Untuk mengetahui jawabannya, simak 4 tipsnya berikut ini. 

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Tulis Daftar Barang yang Ingin Dibeli secara Mingguan

Salah satu hal yang sering kali membuat pengeluaran ketika berbelanja membengkak adalah membeli barang atau produk yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Supermarket sebagai tempat berbelanja yang lengkap terkadang membuat kita latah dan membeli barang-barang yang tidak diperlukan. 

Misalnya, dari yang awalnya hanya berniat membeli kebutuhan dapur, kamu malah tergiur membeli camilan, minuman kemasan, atau semacamnya. Alhasil, tagihan belanja membengkak dan menambah pengeluaran.

Untuk menyiasatinya, tulis dulu barang yang ingin dibeli saat di rumah dengan lengkap sesuai anggaran yang tersedia. Bila perlu, buat daftar barang belanjaan secara mingguan agar mengurangi intensitas pergi ke supermarket. Dengan begitu, kamu menghindari risiko tergiur membeli barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan karena sikap impulsif, sekaligus menghemat pengeluaran untuk biaya transportasi. 

2. Cari Jadwal Khusus Belanja Daging dan Makanan Olahan

Ketika berbelanja kebutuhan dapur dan makan sehari-hari, membeli daging sering kali bisa membuat pengeluaran meningkat drastis karena harganya yang mahal. Padahal, untuk bisa memenuhi nutrisi tubuh, mengonsumsi daging sangat penting sebagai sumber protein hewani. 

Mengetahui hal tersebut, tentukan jadwal khusus tentang kapan waktunya untuk membeli daging. Contohnya, kamu bisa membeli daging ketika harganya sedang menurun atau saat ada promo menarik, maupun menjadwalkannya seminggu sekali. 

Alternatif lainnya, cari makanan pengganti daging yang bisa menjadi sumber protein. Beberapa di antaranya adalah ikan, telur, hingga tempe dan tahu yang harganya jauh lebih terjangkau. 

Selain itu, usahakan untuk menghindari makanan olahan seperti nugget atau makanan frozen lainnya. Tak hanya harganya yang lebih mahal, makanan olahan seperti ini umumnya mengandung bahan pengawet yang tidak baik jika dikonsumsi berlebihan. 

3. Buat Stok untuk Hemat Pengeluaran

Banyak orang mengira jika berbelanja kebutuhan dengan jumlah sedikit lebih ramah di kantong bisa menghemat pengeluaran. Padahal, kebiasaan tersebut hanya akan membuat pengeluaranmu semakin membengkak, apalagi jika barang yang dibeli sebenarnya memang dibutuhkan dan sering digunakan. 

Faktanya, kamu bisa mendapatkan harga barang dengan lebih murah ketika membelinya dalam jumlah besar sekaligus dan menyetoknya. Sebagai contoh, jika dihitung harga per kilonya, beras 5 kilo cenderung lebih mahal dibanding beras 10 kilo. 

Contoh lainnya, kamu bisa membeli sabun cuci piring kemasan refill ukuran 1 liter sekaligus karena harga per mililiternya lebih hemat. Hal ini penting untuk disadari agar pengeluaran berbelanja bisa menjadi lebih ditekan dan mengurangi beban keuangan bulananmu. 

4. Maksimalkan Promo dan Diskon Kartu Kredit Groceries

Tips yang terakhir, kamu bisa menghemat pengeluaran berbelanja dengan memanfaatkan promo yang ditawarkan oleh kartu kredit groceries. Untuk memikat minat nasabahnya, tidak jarang penyedia kartu kredit groceries menawarkan promo diskon atau cashback yang bisa membuat tagihan belanja menurun drastis. 

Sebagai contoh, dengan belanja dengan nominal tertentu, kamu bisa mendapatkan potongan harga sebesar Rp50 ribu atau lebih ketika bertransaksi dengan kartu kredit ini. Pun jika sering bertransaksi dengan kartu kredit, kamu bisa mengumpulkan poin reward yang bisa ditukarkan dengan voucher belanja atau diskon menarik lainnya di tempat perbelanjaan tertentu. 

Yang terpenting, pahami dulu promo apa saja yang ditawarkan oleh penyedia kartu kredit. Cari tahu pula syarat dan kriteria menikmati promo tersebut, seperti minimal transaksi, periode promo, dan mitra supermarket yang berlaku. 

Juga, tetap beli barang yang memang dibutuhkan dan tak menjadikan promo sebagai alasan untuk berbelanja secara berlebihan. Jika dilakukan, hal ini hanya akan membuat pengeluaran semakin tidak terkontrol dan berimbas buruk pada kondisi keuanganmu. 

Belanja Lebih Hemat dengan Tepat Manfaatkan Promo Kartu Kredit Groceries

Asal mengetahui tips menghematnya, berbelanja kebutuhan dapur tak akan lagi menjadi beban berlebihan bagi keuanganmu. Selain lebih bijak saat berbelanja, menggunakan kartu kredit groceries juga bisa menjadi cara menekan pengeluaranmu saat memenuhi kebutuhan mingguan atau bulanan. Jadi, jangan lewatkan kesempatan lebih asyik dan hemat berbelanja memanfaatkan promo yang ditawarkan kartu kredit groceries, ya!