7 Keuntungan Beli Mobil Bekas yang Membuatnya Lebih Menarik Jadi Pilihan

Mampu memudahkan mobilitas dalam kehidupan sehari-hari, mobil menjadi salah satu aset yang penting dimiliki. Akan tetapi, harganya yang mahal membuat tidak sedikit orang harus memutar otak untuk memenuhi kebutuhan tersebut dan memiliki mobil. Salah satunya dengan membeli mobil bekas. 

Dengan harga yang jauh lebih murah dibanding mobil baru, mobil bekas memang sering kali dijadikan alternatif bagi masyarakat yang ingin memiliki kendaraan roda empat tersebut. Meski saat memilihnya sangat tricky dan harus jeli, membeli mobil bekas bisa memberikan banyak keuntungan dan keunggulan. 

Nah, untuk kamu yang berencana untuk membeli mobil bekas tapi masih bingung, simak 7 keuntungan beli mobil bekas berikut ini agar tak keliru mengambil keputusan. 

Bingung Cari Kredit Mobil Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Kredit Mobil Terbaik! 

  1. Harga Jauh Lebih Terjangkau

    Ketika membicarakan keuntungan beli mobil bekas, pembahasan utamanya tidak jauh dari harganya yang sudah pasti lebih terjangkau. Harga yang lebih murah ini sering kali menjadi alasan banyak orang melirik mobil bekas untuk dibeli.

    Ya, harga mobil baru pasti akan terdepresiasi atau menurun cukup signifikan saat dijual kembali sebagai mobil bekas. Hal ini membuat membeli mobil second dirasa lebih menguntungkan dibanding mobil baru karena selisih harganya yang jauh. 

  2. Tarif Premi Asuransi Lebih Murah

    Keuntungan beli mobil bekas selanjutnya adalah kamu bisa mengajukan asuransi mobil dengan biaya premi yang lebih murah dibanding mobil baru. Alasannya karena tarif premi asuransi mobil umumnya menyesuaikan harga atau nilai mobilnya. Dengan harga yang lebih terjangkau, premi asuransi untuk mobil bekas tentu lebih rendah.

    Alasan lain kenapa premi asuransi mobil bekas lebih murah adalah biaya perbaikan dan harga suku cadangnya juga biasanya lebih ramah di kantong. Jadi, perusahaan asuransi menanggung risiko pengeluaran biaya pertanggungan yang lebih kecil untuk menutup risiko kerusakan tersebut dan membuat tarif preminya lebih murah.

  3. Risiko Depresiasi Lebih Kecil

    Jika depresiasi harga mobil baru saat dijual kembali sangat tinggi, risiko ini bisa kamu hindari dengan membeli mobil bekas. Pada mobil baru, penurunan harga jualnya bisa mencapai 20 persen di tahun pertamanya, dan akan terus terjadi hingga lebih dari 50 persen dalam 3 tahun pertamanya. 

    Sementara pada mobil bekas, risiko depresiasinya jauh lebih kecil karena penurunan harganya telah banyak terjadi di tahun-tahun awalnya pasca pembelian baru. Karena alasan ini pula membeli mobil bekas lebih cocok dijadikan sarana investasi sebab nilainya bisa dipertahankan dengan lebih optimal. 

  4. Lebih Banyak Variasi dan Pilihan

    Meski mobil baru menawarkan fitur dan fasilitas yang lebih canggih, tapi jika membicarakan soal variasi dan pilihan, mobil bekas jelas lebih unggul. Mulai dari merek, model, harga, fitur, dan beragam aspek lain yang kamu inginkan bisa ditemui saat memilih mobil bekas. 

    Bahkan, kamu juga bisa membeli kendaraan dari model atau jenis yang sebenarnya sudah tidak lagi diproduksi. Sehingga, jika kamu mempunyai preferensi khusus saat membeli mobil dan tidak ditemui lagi pada mobil baru, membeli mobil bekas menjadi satu-satunya opsi yang bisa dipilih. 

  5. Laporan Riwayat Kendaraan Jelas

    Karena kemajuan teknologi, laporan riwayat kendaraan sudah menjadi standar praktis pada transaksi mobil bekas. Pada laporan tersebut kamu bisa melihat informasi secara rinci terkait rekam jejak kendaraan, misalnya riwayat kepemilikan, kecelakaan, hingga catatan pemeliharaan atau servis. Dengan melihat laporan riwayat kendaraan, kamu bisa mempertimbangkan kondisi mobil bekas dengan lebih akurat serta menjadi bahan pertimbangan sebelum membelinya. 

  6. Proses Administrasi Ringkas dan Cepat

    Berbeda dengan mobil baru, proses administrasi pembelian mobil bekas relatif lebih ringkas dan praktis. Apalagi jika membelinya langsung dari pemilik tangan pertama, urusan administrasi tak perlu dilakukan dan hanya perlu menyelesaikan proses transaksional saja. 

    Begitu pula saat membeli di showroom atau dealer mobil bekas, proses administrasinya juga lebih simpel dibanding mobil baru, baik yang melalui sistem kredit atau tunai. Urusan administrasi tersebut bisa diselesaikan dalam hitungan hari saja, dan sudah mencakup proses balik nama, pemberian BPKB, serta sebagainya. 

  7. Bisa Langsung Digunakan

    Keuntungan beli mobil bekas yang terakhir adalah kamu bisa langsung menggunakannya pasca menerima surat legalitas utama kendaraan, seperti BPKB dan STNK. Kelebihan ini bisa menjadi nilai lebih bagi kamu yang memang perlu memiliki mobil dengan segera untuk kebutuhan tertentu. Jadi, ketika berkas legalitas kendaraan telah diberikan oleh pemilik sebelumnya, mobil bekas dapat langsung digunakan di kegiatan sehari-harimu.  

Sering Disepelekan, Beli Mobil Bekas Ternyata Beri Banyak Keuntungan

Itulah penjelasan tentang keuntungan mobil bekas yang ternyata cukup menarik untuk dijadikan pertimbangan sebelum mengambil keputusan. Dengan harga yang lebih terjangkau, membeli mobil bekas juga menguntungkan karena variasinya yang lebih banyak, potensi mendapatkan premi asuransi lebih murah, hingga proses administrasi ringkas. Yang terpenting, pastikan kondisi kendaraan masih prima dan selalu gunakan asuransi kendaraan agar pembelian mobil bekas tak menjadi bumerang yang malah bisa menguras keuanganmu karena harus banyak lakukan perbaikan.