Praktis Atasi Masalah Keuangan, Ini Segudang Keuntungan KTA atau Kredit Tanpa Agunan

Kebutuhan yang selalu meningkat setiap tahunnya membuat tidak sedikit orang sering kali dihadapkan dengan masalah keuangan mendesak. Terkadang, mereka sampai diharuskan untuk mengajukan pinjaman agar bisa mengatasi kebutuhan darurat yang harus dipenuhi secepatnya. Untungnya, saat ini tersedia layanan pinjaman yang mudah dan praktis untuk diajukan, yaitu Kredit Tanpa Agunan atau KTA.

KTA sendiri merupakan jenis produk pinjaman yang tak mewajibkan pemberian aset berharga sebagai jaminan bagi pemohon yang membutuhkan bantuan dana tunai. Tentunya, hal tersebut membuat akses pada layanan kredit ini jauh lebih simpel dan mampu dijangkau oleh mayoritas kalangan. 

Tapi, tahukah kamu jika masih ada lebih banyak keuntungan KTA yang membuatnya menjadi salah satu layanan keuangan favorit saat ini? Bagi kamu yang masih ragu menggunakan KTA sebagai penyelamat keuangan di kondisi darurat, cek keuntungan yang diberikannya berikut ini. 

Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

Keuntungan KTA yang Perlu Diketahui

loader

Kredit Tanpa Agunan

Sebagai solusi finansial yang praktis, KTA menawarkan berbagai keuntungan yang dapat membantumu mengelola keuangan dengan lebih baik. Berikut adalah beberapa keuntungan KTA yang bisa kamu dapatkan. 

  1. Syarat Simpel dan Tak Menyulitkan 

    Keuntungan KTA yang pertama adalah persyaratannya yang simpel dan mudah untuk dipenuhi oleh setiap penggunanya. Seperti yang kita tahu, kebanyakan orang kesulitan mengakses layanan pinjaman karena adanya syarat pemberian aset berharga sebagai jaminan atau agunan, seperti kendaraan, rumah, dan sebagainya. 

    Karena tak lagi mewajibkan pemberian agunan, KTA menjadi layanan pinjaman yang bisa diakses oleh siapa pun tanpa terkecuali. Kemudahan inilah yang membuat layanan tersebut jauh lebih menarik dan kerap dijadikan pilihan untuk mendapatkan suntikan dana cepat oleh masyarakat.

    Tak hanya itu, syarat dokumen serta pendaftaran yang diperlukan juga cukup sederhana. Umumnya, kamu hanya perlu melampirkan dokumen identitas seperti fotokopi KK, KTP, NPWP, serta bukti riwayat pembayaran kartu kredit terakhir. Walaupun begitu, syarat bukti riwayat kartu kredit terakhir biasanya tak diwajibkan oleh sebagian layanan sehingga mampu memudahkanmu menggunakan layanan KTA ini. 

  2. Proses Pencairan Dana Tak Butuh Waktu Lama

    Karena syarat dan proses pengajuannya yang simpel, pencairan pinjaman dana KTA juga tak membutuhkan waktu yang lama. Sejak awal pengajuan KTA sampai dana kredit dicairkan ke rekening nasabah, waktu yang diperlukan hanya sekitar 2 sampai 3 hari kerja saja. Hal ini tentu menjadi nilai plus bagi kamu yang membutuhkan dana darurat untuk mengatasi masalah keuangan mendesak. 

    Akan tetapi, proses pencairan yang kilat ini mengharuskanmu untuk memenuhi segala persyaratan pinjaman tanpa terkecuali agar pengajuan disetujui dengan cepat. Jika ada satu saja persyaratan yang tak terpenuhi, kamu harus mengulang proses pengajuan dari awal. Oleh sebab itu, pastikan untuk memahami segala persyaratan dan ketentuan pengajuan KTA agar bisa segera diproses dan dananya dapat dicairkan tanpa menunggu lama. 

  3. Tersedia di Hampir Semua Perbankan

    Berkat tingginya minat masyarakat untuk menggunakan KTA, layanan ini sekarang sudah tersedia di hampir semua perbankan. Hal ini tentu memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk menggunakan pinjaman KTA karena aksesnya yang lebih luas. 

    Setiap perbankan juga menawarkan keunggulan tersendiri pada layanan KTA yang disediakan untuk memikat minat calon nasabahnya. Sehingga, kamu pun perlu membandingkan fitur dan kelebihan KTA di setiap perbankan untuk mencari layanan yang terbaik sesuai dengan kebutuhanmu. 

    Baca juga: Jenis-jenis KTA, Bisa Bayar Awal Tanpa Penalti

  4. Bebas Digunakan untuk Penuhi Kebutuhan Apa Pun

    Keuntungan KTA lain yang tak kalah menariknya adalah kamu bebas menggunakan dana pinjamannya untuk memenuhi kebutuhan apa pun tanpa terkecuali. Baik itu untuk modal bisnis, renovasi rumah, biaya hidup, hingga mengatasi kebutuhan darurat bisa dilakukan dengan mengajukan kredit tanpa agunan ini. 

    Namun, kebebasan penggunaan dana pinjaman KTA ini tetap harus digunakan dengan bijak. Jangan sampai penggunaannya hanya untuk hal-hal yang merugikan atau sekadar bersifat konsumtif. Sebab, hal ini hanya akan memberi beban bagi kondisi finansial. Selain itu, jangan menggunakan dana KTA secara berlebihan karena bisa memicu masalah keuangan serius saat kamu tak mampu membayar cicilannya tepat waktu.

  5. Pilihan Plafon Bervariasi dan Fleksibel

    Last but not least, keuntungan KTA lainnya adalah pilihan plafon pinjamannya yang bervariasi dan fleksibel. Meski tidak sebesar pinjaman dengan agunan, KTA masih mampu menjadi solusi mengatasi masalah keuangan mendesak karena plafon kreditnya bisa mencapai belasan juta. Pilihan tenornya pun cukup beragam sehingga mampu menyesuaikan besaran tagihannya agar tak terlalu memberatkan kondisi keuangan. 

    Meski begitu, pahami jika plafon KTA yang bisa kamu dapatkan tergantung dari kebijakan perbankan penyedia layanan dan faktor lainnya, seperti besaran gaji serta kondisi keuangan. Juga, walaupun bisa diajukan dengan nominal tinggi, tetap batasi besaran pinjamannya agar cicilannya tetap terjangkau dan mampu dilunasi hingga tuntas secara tepat waktu.

Punya Segudang Manfaat, Tetap Bijak Gunakan KTA agar Keuangan Selamat

Sesuai namanya, KTA atau Kredit Tanpa Agunan dikenal sebagai jenis pinjaman yang praktis diajukan karena tak mengharuskan nasabahnya memberi aset berharga sebagai jaminan. Selain itu, layanan ini juga menawarkan banyak keuntungan lain, seperti proses pencairan cepat, bebas digunakan untuk kebutuhan apa pun, serta opsi plafon yang luwes. Yang terpenting, tetap bijak menggunakan KTA dengan memahami kelebihan dan kekurangan KTA dan pastikan cicilannya terjangkau agar tak menjadi bumerang yang membahayakan kondisi keuangan.