Tanda Kerusakan dan Cara Merawat Gear Motor

Ketika memiliki kendaraan bermotor, kamu bukan hanya tahu cara mengendarainya. Namun, ketahui juga perawatan mesin agar tetap optimal digunakan. Salah satu komponen yang perlu dirawat dan diperhatikan performanya adalah gear motor. 

Tanda Gear Motor Rusak

Berikut ini adalah tanda-tanda gear motor rusak:

  • Laju kendaraan motor yang tidak lancar.
  • Suara rantai motor terdengar berisik.
  • Rantai motor terlihat renggang.
  • Gear cepat aus.
  • Gear dan rantai menjadi sulit untuk disetel.

Sebagai informasi, gear motor berfungsi untuk menyelaraskan perputaran dan juga penggerak ban motor. Hal itu karena gear menjadi penyalur tenaga dari mesin motor ke ban atau roda. Kemampuan tersebut tentu akan menurun seiring waktu. Oleh karena itu, lakukan perawatan pada gear motor.

Bingung cari asuransi mobil terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Tahun Kendaraan
Pilih Merek Mobil
Pilih Model Mobil
Pilih Tipe Mobil
Pilih Plat Kendaraan
Pilih Tipe Asuransi
 

Cara Merawat Gear Motor

loader

Jangan pernah mengabaikan kebersihan gear motor. Untuk membuat gear motor selalu aman dan lancar kamu perlu melakukan perawatan. Perawatan gear motor bertujuan untuk membuat performanya tetap optimal dan tidak cepat menurun. Ada beberapa perawatan yang bisa dilakukan sendiri dengan cara-cara berikut!

  1. Rutin Membersihkan

    Gear sendiri sering terkena debu, air hujan dan pasir. Oleh karena itu bersihkan gear dengan rutin. Gear motor sebaiknya dibersihkan minimal satu bulan sekali menggunakan air dan sabun untuk merontokan berbagai kotoran yang menempel.

  2. Memberi Pelumas

    Cara merawat gear agar tetap awet yang pertama adalah menggunakan pelumas. Cara satu ini terbukti efektif dan mudah dilakukan. Cukup menyemprotkan pelumas ke permukaan gear set dan rantai untuk membuat kondisi tetap basah.

    Sebab, jika rantai dan gear kering akan mudah tercemar kotoran sehingga potensi kerusakan semakin besar. Kotoran dan gear yang kering bisa membuat lapisannya mengikis.

  3. Mencuci Gear Setelah Kehujanan

    Pada saat motor kehujanan atau bahkan kebanjiran, sebaiknya segera cuci dengan air bersih sesampainya di rumah. Hal ini menjadi cara merawat yang sederhana dan mudah untuk dilakukan.

    Kamu juga bisa mencuci dengan sabun agar lebih bersih. Hal itu bertujuan menghindari karat akibat kotoran yang terbawa air hujan maupun banjir.

  4. Perhatikan Posisi Gear Motor

    Cara merawat gear motor agar awet berikutnya adalah memperhatikan posisinya. Setel gear pada posisi tengah agar lebih nyaman saat berkendara. Hal ini seringkali tidak diperhatikan padahal menjadi salah satu cara merawat yang mudah.

  5. Ganti Gear Secara Berkala

    Kemudian, mengganti gear motor secara berkala juga bisa jadi langkah perawatan yang baik. Perhatikan suara gear tersebut untuk mengetahui apakah gear sudah aus. Biasanya gear yang aus akan menghasilkan suara lebih kasar dari biasanya.

    Selain itu, ciri gear motor yang sudah harus diganti adalah rantainya yang lebih mudah lepas. Jika mengalami hal tersebut, maka sebaiknya ganti gear motor.

  6. Gunakan Gear Berkualitas dan Original

    Untuk menjaga performa gear, maka gunakan gear berkualitas dan original. Dalam memilih gear motor, jangan hanya terpaku dan melihat model serta bentuk yang menarik. Pasalnya, gear digunakan dengan berat sehingga butuh produk yang original dan berkualitas agar lebih awet.

  7. Jangan Gunakan Oli Bekas untuk Gear Motor

    Seringkali, oli bekas digunakan untuk melumasi rantai dan gear motor. Itu merupakan hal yang salah dilakukan. Oli bekas bisa menimbulkan kerusakan pada gear. Hal ini karena pada oli bekas sendiri terdapat berbagai macam kotoran.

    Alih-alih menjadi bersih dan terawat, penggunaan oli bekas malah membuat gear motor kotor serta mudah rusak.

    Nah, itulah beberapa cara merawat gear motor agar tetap awet. Beberapa cara tersebut bisa diterapkan untuk memanjangkan usia gear motor.

Jaga Gear Motor Tetap Optimal

loader

Pada dasarnya semua benda dan komponen motor tentu saja memiliki usia sendiri-sendiri dan pastinya akan mengalami kerusakan sehingga dibutuhkan pergantian, namun tentu saja kita bisa mencegah dan merawat agar bisa memiliki usia yang panjang.

Seiring waktu kemampuan gear motor pun memang akan menurun. Terlebih, bila motor digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Oleh sebab itu, rawatlah gear motor yang kamu miliki. Semoga informasi di atas bisa membantu kamu merawat gear motor di rumah agar kendaraan lebih optimal digunakan.