Mengenal Fenomena Santa Claus Rally di Akhir Tahun, Ini Cara Memanfaatkannya

Dalam pasar saham, ada fenomena akhir tahun yang biasa disebut santa claus rally. Fenomena ini merupakan tren positif pada pasar saham sehingga jadi salah satu momen yang dilirik oleh investor. Para investor bisa meraup keuntungan besar dari fenomena akhir tahun tersebut.

Perlu diketahui bahwa fenomena tren positif akhir tahun di pasar saham terus terjadi selama 10 tahun terakhir. Bagi pelaku saham mungkin sudah tidak asing lagi dengan santa claus rally, tetapi bagi sebagian investor baru mungkin perlu memahami dan mengenal lebih jauh terkait fenomena ini.

Nah, pada artikel ini akan dibahas terkait santa claus rally. Melalui informasi ini diharapkan membantu kamu semakin dalam mempelajari pasar saham.

Bingung cari investasi Reksa Dana yang aman dan menguntungkan? Cermati solusinya!

Mulai Berinvestasi Sekarang!  

Karakteristik Santa Claus Rally

loader

Apa itu santa claus rally? Ini merupakan istilah yang terjadi di pasar modal, dimana terjadi peningkatan harga pada periode akhir tahun. Umumnya, fenomena ini terjadi menjelang Natal dan berlanjut hingga awal Januari. Konsep santa claus rally pertama kali dikenal pada pertengahan abad ke-20. Meski tidak ada penyebab pasti terhadap tren ini, tetapi banyak analis saham mempercayai adanya berbagai faktor.

Ada beberapa karakteristik dari fenomena santa claus rally yang mendorong naiknya harga saham menjelang Natal dan Tahun Baru. Berikut adalah beberapa karakteristik santa claus rally yang perlu diketahui.

  1. Optimisme Akhir Tahun

    Fenomena naiknya pasar saham tersebut tidak terlepas dari atmosfer optimisme akhir tahun. Para investor cenderung lebih suka mengadopsi sikap positif dan melakukan transaksi beli selama liburan akhir tahun dengan harapan pertumbuhan positif di tahun berikutnya.

  2. Window Dressing dan Efek Psikologis Praktik

    Salah satu karakteristik santa claus rally adalah window dressing oleh manajer investasi yang memainkan peran signifikan. Mereka seringkali memperindah portofolio dengan menambahkan saham-saham yang tampil baik selama tahun itu. Hal itu dapat memberi dampak positif terhadap sentimen pasar.

  3. Peningkatan Aktivitas Perdagangan

    Salah satu karakteristik yang mencolok pada fenomena santa claus rally adalah meningkatnya aktivitas perdagangan. Meski volume perdagangan seringkali rendah karena liburan, tetapi perbandingan pada periode sebelumnya menunjukkan peningkatan. Hal ini yang mendorong terciptanya momentum positif.

  4. Dampak Likuiditas Tambahan

    Selama musim libur akhir tahun, likuiditas tambahan di pasar saham juga menjadi kontribusi signifikan pada fenomena santa claus rally. Para investor dan institusi yang memiliki likuiditas tambahan memanfaatkannya untuk meningkatkan aktivitas perdagangan dan mendorong kenaikan harga saham.

  5. Tren January Effect

    Perlu diingat bahwa setelah fenomena santa claus rally, ada pula tren January Effect. Pada awal tahun, berbagai saham, khususnya yang berkapitalisasi kecil mengalami kenaikan performa. 

Pro dan Kontra Santa Claus Rally

Fenomena santa claus rally sangat menguntungkan bagi para investor berpengalaman. Pasalnya, mereka dapat membeli saham pada saat itu dan berpotensi mendapatkan keuntungan yang sangat besar. Fenomena ini juga memiliki efek yang bagus dalam jangka panjang.

Dibalik banyaknya keuntungan yang bisa dituai dari santa claus rally, fenomena tersebut juga menuai kontra, terutama bagi investor yang belum berpengalaman. Pada periode ini, kondisi mudah berubah membuat pasar saham sangat berisiko bagi investor yang tidak berpengalaman. Mereka kesulitan mengelola risiko dalam waktu yang sangat singkat. Adapun, tren pasar saham di akhir tahun tersebut juga kurang diminati oleh para investor yang lebih suka melakukan investasi jangka panjang.

Meski demikian, memanfaatkan momen santa claus rally tentu tidak ada salahnya. Kamu bisa melakukan beberapa tips untuk memanfaatkan fenomena tersebut.

Tips Memanfaatkan Momen Santa Claus Rally

loader

Bagi kamu yang ingin memanfaatkan momen santa claus rally, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan.

  1. Menganalisis Pasar Saham

    Salah satu cara ampuh memanfaatkan momen santa claus rally yang dijelaskan oleh Stocks to Trade adalah menganalisis pasar saham. Pantau  berbagai pergerakan pasar saham dalam periode tersebut. Kemudian, kamu bisa mengembangkan strategi yang tepat untuk melakukan investasi.

    Dengan melakukan hal tersebut secara rutin, ada kemungkinan untuk mendapat keuntungan. Namun, tetap tanamkan pemikiran trader atau pedagang agar lebih mengetahui pasar saham.

  2. Tentukan Rencana

    Sudah jadi hal umum bahwa investasi dipenuhi dengan ketidakpastian. Pegiat saham kadang bisa mendapatkan keuntungan yang besar, tetapi kadang juga mengalami kerugian. Oleh karena itu, menentukan rencana saat mengambil keuntungan santa claus rally sangat penting untuk dilakukan. Tentukan saham yang ingin dibeli serta persiapkan diri terhadap risiko yang terjadi. Dengan demikian, kamu telah mengelola risiko dengan baik agar tidak mengalami kerugian besar. 

    Itulah dua tips memanfaatkan momen santa claus rally untuk meraih keuntungan dalam investasi saham. Meski demikian, kamu perlu mempelajari dengan baik setiap risiko yang mungkin terjadi

Manfaatkan Santa Claus Rally Tahun Ini

Berada di pertengahan tahun 2024, kamu mungkin boleh mulai bersiap-siap untuk memanfaatkan momen santa claus rally di akhir tahun nanti. Bagi investor yang sudah lama berkecimpung di pasar saham mungkin sudah memahami beberapa cara maupun celah di momen nanti. 

Sementara, bagi investor pemula, tidak ada salahnya untuk mulai mempelajari. Sebab, jika kamu mampu memanfaatkan momen positif akhir tahun pasar saham tersebut, sangat memungkinkan untuk meraup keuntungan yang tidak sedikit. 

Demikian penjelasan singkat mengenai santa claus rally beserta tips dalam memanfaatkannya. Dalam dunia investasi, hakikatnya kamu memang perlu mempersiapkan diri atas risiko. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah rutin mengamati perkembangan pasar dari waktu ke waktu.