Tips Kredit Mobil Tanpa Masalah Keuangan

Tips kredit mobil menjadi poin penting yang wajib diperhatikan saat akan mengajukan pembelian kendaraan roda empat dengan cara kredit. Pembelian mobil tentu akan menjadi pengeluaran yang cukup besar di dalam keuangan, sehingga penting untuk memastikan transaksi ini berjalan dengan lancar. 

Mobil seringkali menjadi kebutuhan tersendiri untuk sebagian orang, sehingga penggunaannya harus segera dilakukan. Tidak masalah jika sudah memiliki dana yang memadai untuk kebutuhan ini. Namun jika dana belum cukup, maka pembelian mobil dengan cara kredit tentu bisa jadi pertimbangan. 

Amankah Pembelian Mobil dengan Cara Kredit? 

loader

Membeli mobil dengan cara kredit merupakan salah satu cara untuk bisa segera memiliki kendaraan roda empat. Kondisi seperti ini biasanya banyak dilakukan oleh mereka yang sudah membutuhkan mobil, namun belum memiliki dana memadai untuk melakukan pembelian tunai. 

Ada banyak alasan untuk segera memiliki mobil, salah satunya untuk menunjang aktivitas kerja seseorang. Hal ini tentu tidak masalah, selama pembelian kendaraan tersebut bisa memenuhi kebutuhan dan sesuai dengan apa yang direncanakan sejak awal.

Namun sangat penting untuk selalu merencanakan pembelian mobil dengan matang, terutama jika dilakukan dengan cara kredit. Selain menyiapkan sejumlah dana sebagai uang muka, pembelian kredit juga tentu akan menyisakan sejumlah cicilan setiap bulannya. 

Tingginya harga mobil seringkali membuat tenor cicilan menjadi panjang, di mana hal ini akan menjadi pengeluaran tetap selama beberapa tahun di dalam keuangan. Penting untuk menghitung dan merencanakan pembelian mobil kredit dengan tepat, agar pengeluaran ini tidak mengganggu keuangan kedepannya.

Tenor dan jumlah cicilan yang tepat akan memungkinkan pembayaran kredit mobil bisa berjalan dengan lancar tanpa masalah keuangan. Hal ini akan membuat kondisi keuangan tetap stabil sepanjang waktu, sehingga cicilan mobil juga bisa dilunasi dengan tepat waktu. 

Miliki pertimbangan dan perhitungan yang tepat saat akan mengajukan pembelian mobil dengan cara kredit. Hal ini penting, untuk memastikan pembelian mobil tersebut bisa memberikan manfaat yang maksimal, tanpa menimbulkan masalah di dalam keuangan.

Bingung Cari Kredit Mobil Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Kredit Mobil Terbaik! 

Tips Kredit Mobil dengan Cerdas 

loader

Pembelian mobil secara kredit akan menimbulkan sejumlah beban utang di dalam keuangan, bahkan untuk jangka waktu yang terbilang panjang. Pastikan untuk merencanakan pembelian ini dengan matang, lakukanlah perhitungan yang tepat sejak awal.

Berikut ini adalah beberapa tips kredit mobil yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan: 

1. Cek dan Lihat Kemampuan Keuangan 

Tips kredit mobil yang pertama adalah melihat dengan jelas kemampuan keuangan untuk membeli aset yang satu ini. Lihatlah kondisi keuangan dan kemampuannya untuk menanggung sejumlah utang yang baru terlebih dahulu, sebelum akhirnya mengambil keputusan untuk membeli mobil ini. 

Pastikan kondisi keuangan sedang baik dan tidak berisiko mengalami masalah selama beberapa waktu ke depan. Tentukanlah berapa budget yang akan digunakan dan tersedia untuk membeli mobil tersebut. Tentukan juga berapa dana yang bisa disisihkan untuk membayar cicilannya setiap bulan. 

2. Lakukan Survei Sesuai Budget 

Jika sudah menentukan budget yang akan dialokasikan untuk membeli mobil, maka mulailah melakukan survey sesuai dengan budget tersebut. Lihat beberapa mobil yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan dan masih berada dalam jangkauan budget yang sudah ditentukan. 

Survey ini bisa dilakukan dengan beberapa pertimbangan, misalnya: merek mobil, tahun keluaran, bahan bakar yang digunakan, kapasitas mobil, dan yang lainnya. Jika perlu, mintalah saran pada keluarga atau teman yang sudah memiliki pengalaman dalam membeli mobil. 

3. Mobil Baru atau Mobil Bekas?

Tentukan juga apakah pembelian ini akan dilakukan untuk mobil baru atau mobil bekas? Kedua kondisi mobil ini tentu akan sangat berbeda, sehingga perlu dipertimbangkan dengan matang. Berikut ini adalah beberapa poin yang patut dijadikan sebagai pertimbangan: 

Kredit Mobil Baru

  • Mobil baru pada umumnya memiliki berbagai fitur terkini, sehingga bisa memberikan kenyamanan lebih bagi penggunanya. 
  • Memiliki layanan servis gratis selama beberapa bulan pertama setelah pembelian. Hal ini akan bisa mengurangi biaya perawatan mobil selama beberapa waktu ke depan. 
  • Risiko kerugian dalam pembelian lebih kecil, sebab mobil baru belum pernah digunakan sama sekali. Kondisi mobil masih mulus dan prima, sehingga tidak membutuhkan banyak perawatan.

Kredit Mobil Bekas: 

  • Harga beli bisa lebih murah, sebab kendaraan sudah bekas pemakaian orang lain. Hal ini juga akan membuat dana uang muka cenderung lebih kecil dan mudah untuk disiapkan.
  • Pengurusan dokumen kepemilikan mobil biasanya berjalan lebih cepat, sehingga transaksi pembelian bisa berjalan mudah dan mobil dapat segera digunakan. 

Pilih mobil dengan kondisi yang paling tepat dan sesuai dengan budget yang dimiliki untuk kebutuhan pembelian ini. 

4. Tentukan Jumlah Uang Muka 

Jika sudah menentukan jenis mobilnya, maka lakukan tips kredit mobil yang satu ini. Tentukanlah besaran uang muka yang akan dibayarkan untuk pembelian mobil tersebut. Pada umumnya, besaran uang muka ini adalah 20% sampai 30% dari harga mobil yang harus dibayarkan. 

Siapkan uang muka dalam jumlah yang tepat, sehingga pembelian mobil ini akan berjalan dengan lancar. Jika ada dana lebih, maka tidak ada salahnya mengalokasikan uang muka yang lebih besar, sehingga sisa utang dan cicilan menjadi lebih ringan. 

5. Pilih Leasing yang Tepat 

Ada banyak perusahaan yang menyediakan kredit kepemilikan kendaraan/ mobil, sehingga akan ada banyak pilihan yang bisa ditemukan. Lakukan perbandingan layanan antara satu leasing dengan yang lainnya untuk mendapatkan leasing terbaik. 

Pertimbangkan beberapa poin ini dalam memilih leasing, antara lain: izin/ legalitas perusahaan tersebut, besaran bunga, syarat pengajuan kredit, biaya-biaya yang diterapkan, akses pembayaran cicilan, tenor kredit, dan hal lainnya yang dianggap penting. 

6. Manfaatkan Promo Menarik

Jangan lupa untuk mencari informasi promo pembelian mobil yang sedang ada di pasaran, agar pembelian ini menjadi lebih hemat. Promo ini bisa saja datang dari perusahaan/ produsen mobil maupun dari leasing yang akan mendanai pembelian tersebut.  

Cek informasi promo dan pilihlah promo yang paling menguntungkan, misalnya: potongan harga/ diskon, layanan servis gratis selama beberapa bulan, penambahan fitur gratis maupun bonus lainnya. Pilih promo yang paling tepat dan menguntungkan. 

7. Lakukan Simulasi Kredit dengan Baik 

Tips kredit mobil berikutnya yang tak bisa diabaikan adalah melakukan simulasi kredit. Hal ini akan mempermudah untuk melihat besaran cicilan yang paling tepat dan juga pilihan tenor terbaik untuk pembelian mobil yang akan dilakukan tersebut. 

Lakukan simulasi kredit ini dengan cermat dan sesuaikanlah besaran uang muka, cicilan dan tenor kredit dengan kemampuan yang dimiliki keuangan. Hal ini akan sangat membantu dan membuat perencanaan kredit menjadi lebih mudah dan sesuai dengan kondisi keuangan. 

8. Pilih Dealer Terpercaya dan Bereputasi Baik 

Lakukan pembelian mobil di dealer terpercaya dan sudah memiliki reputasi yang baik di kalangan masyarakat. Biasanya dealer seperti ini sudah terdaftar di Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) dan memiliki izin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Carilah informasi akurat tentang dealer ini secara online pada forum-forum terkait. Selain itu, mintalah rekomendasi dari keluarga maupun teman yang sudah pernah membeli mobil sebagai pertimbangan. 

9. Cek Kondisi Mobil

Tips kredit mobil yang satu ini wajib dilakukan jika membeli mobil dalam kondisi bekas. Pastikan untuk melakukan pengecekan kondisi mobil secara detail terlebih dahulu, sebelum melakukan transaksi pembelian dan juga pembayaran kendaraan tersebut. 

Jika belum memiliki pengalaman dan pengetahuan memadai tentang mobil, maka ajaklah teman, keluarga atau teknisi yang berpengalaman di bidang tersebut. Pastikan orang tersebut dapat dipercaya dan bisa memberikan rekomendasi yang tepat dan sesuai kenyataan. 

10. Susun Anggaran Keuangan yang Baru 

Saat melakukan pembelian mobil secara kredit, maka ini akan menimbulkan pengeluaran tetap selama beberapa tahun ke depan di dalam keuangan. Penting untuk menyusun kembali anggaran keuangan yang baru, sehingga cicilan mobil ini kelak tidak menjadi masalah dan bisa terlunasi dengan baik. 

Lakukan Pengajuan Kredit Mobil dengan Cara Tepat  

Membeli mobil dengan cara kredit merupakan salah satu solusi bagi yang membutuhkan kendaraan dan tidak mampu melakukan pembelian tunai. Pastikan untuk melakukan pembelian kredit ini dengan cara yang tepat dan sesuai kondisi keuangan. Lakukan pembayaran cicilan tepat waktu, sehingga pelunasan utang ini bisa selesai tanpa masalah.