Asuransi Investasi, Apa Kelebihan dan Kerugiannya?

Asuransi adalah salah satu produk yang bertujuan untuk mengurangi risiko finansial atas kejadian yang tidak diinginkan di masa mendatang. Misalnya saat jatuh sakit, asuransi akan memberikan biaya ganti rugi atas biaya pengobatan. Di dalamnya termasuk biaya rumah sakit, dokter, obat-obatan, hingga biaya check up sampai kamu sembuh total.

Selain asuransi kesehatan, perusahaan asuransi juga menyediakan produk asuransi yang mengandung unsur investasi di dalamnya. Jadi, asuransi tidak hanya melindungi risiko finansial saja, tapi juga memberikan sejumlah investasi yang dapat dicairkan pada periode tertentu. 

Definisi Investasi dalam Asuransi

Asuransi dan investasi adalah dua istilah yang berbeda. Jika asuransi adalah produk keuangan yang bertujuan untuk melindungi polis dari risiko finansial. Sedangkan investasi adalah kegiatan menanamkan modal dalam jumlah tertentu pada perusahaan lain untuk memperoleh imbal hasil di masa mendatang.

Mengingat keduanya sama-sama penting, maka perusahaan asuransi menghadirkan produk asuransi investasi sehingga masyarakat dapat menikmati dua manfaat sekaligus dalam satu produk keuangan. Pertama, manfaat perlindungan atas risiko finansial. Kedua, hasil investasi berupa uang tunai dari premi yang dibayarkan secara rutin. 

Produk asuransi investasi sering disebut dengan asuransi unitlink. Secara keseluruhan, produk ini cukup menguntungkan karena polis akan mendapatkan imbal hasil dari pembayaran premi. Imbal hasil ini dapat dicairkan dalam periode tertentu untuk memenuhi kebutuhan finansial polis. Juga dapat digunakan sebagai modal untuk membayar premi asuransi apabila polis tidak dapat membayar premi sebagaimana mestinya. 

Namanya investasi, tentu memiliki sejumlah risiko. Nilai investasinya dapat naik dan turun, tergantung kondisi di pasar modal. Sebelum memutuskan untuk membeli produk asuransi investasi, sebaiknya pelajari dulu beberapa hal penting yang ada di dalamnya untuk menghindari adanya penyesalan di kemudian hari.

Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Investasi

Setiap produk keuangan tentu memiliki sejumlah kelebihan dan kekurangan, termasuk asuransi investasi. Lantas, apa saja kelebihan dan kekurangannya? Simak penjelasannya dalam uraian berikut ini.

Kelebihan Asuransi Investasi

1. Menawarkan Perlindungan Tambahan

Jenis asuransi yang satu ini biasanya menawarkan manfaat perlindungan tambahan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Hal ini sangat menarik, karena secara otomatis akan memaksimalkan perlindungan yang didapatkan. 

Premi yang dibayarkan tentunya akan lebih mahal jika kamu memilih produk dengan perlindungan tambahan. Kenaikan jumlah premi akan disesuaikan pada periode berikutnya di bulan berjalan. Jumlah kenaikan preminya berbeda-beda, tergantung jenis perlindungan yang ditambahkan pada produk asuransi investasi. 

2. Preminya Tidak Hangus

Salah satu hal yang menarik dari asuransi investasi adalah sistem premi yang tidak hangus, meskipun polis tidak pernah melakukan klaim selama polis berstatus aktif. Polis akan mendapatkan sejumlah uang selama rutin membayar polis, dan uang ini dapat dicairkan dalam periode tertentu. Berbeda dengan asuransi murni yang sama sekali tidak memberikan uang tunai saat masa polis berakhir. 

Jika kamu ingin mendapatkan hasil dari pembayaran premi berupa uang tunai, maka produk asuransi investasi adalah produk yang patut dipertimbangkan. Untuk besaran uang tunai yang didapatkan, ini tergantung dari jumlah premi yang dibayar. Semakin besar preminya, maka semakin besar alokasi untuk kebutuhan investasi di dalamnya.

3. Masa Pertanggungan Panjang

Asuransi investasi menawarkan masa pertanggungan yang lebih panjang dibandingkan asuransi murni. Manfaatnya dapat dirasakan hingga polis berusia 100 tahun. Hal ini sangat tergantung pada kebijakan masing-masing perusahaan asuransi. 

Bagaimana jika polis meninggal dunia sebelum berusia 100 tahun? Dalam kasus ini, polis akan mendapatkan imbal hasil dari investasi dan santunan kematian sesuai dengan jumlah yang telah disepakati di awal. Jika selama hidupnya polis belum pernah mencairkan hasil investasi, maka dapat dipastikan imbal hasil yang diperolehnya besar. 

4. Meningkatkan Minat untuk Berinvestasi

Meski investasi bukan hal yang baru lagi, tapi masih banyak masyarakat yang belum tertarik untuk berinvestasi. Alasan paling utama adalah karena takut akan risiko yang ditanggung, mengingat investasi tidak selamanya menguntungkan. Apalagi saat kondisi perekonomian di suatu negara terguncang. 

Namun, investasi akan terasa aman ketika kamu memilih produk asuransi investasi. Kamu tidak perlu memikirkan bagaimana cara mengelola dana yang dialokasikan untuk keperluan investasi, karena dana ini sudah dikelola oleh manajer investasi. Tugasmu hanya membayar premi secara rutin, sehingga manfaat asuransi dan investasi dapat dinikmati secara bersamaan. 

5. Penarikan Dana Investasi yang Fleksibel

Kamu memiliki kendali penuh atas dana investasi yang ada dalam produk asuransi investasi. Kamu dapat menarik dana tersebut kapan saja jika dibutuhkan. Jika tidak dibutuhkan, dana tersebut bisa dibiarkan bertumbuh sampai mencapai jumlah tertentu. 

Jika suatu hari kamu mengalami kesulitan finansial dan tidak mampu membayar premi asuransi sebagaimana mestinya, kamu dapat mengajukan cuti premi. Artinya, kamu tidak perlu membayar premi pakai uang pribadi karena premi akan dibayarkan menggunakan dana investasi. Namun jika nilai investasi habis, kamu harus membayar premi asuransi menggunakan uang pribadi dan alokasi dana untuk investasi dalam asuransi akan dimulai dari nol.

Kerugian Asuransi Investasi

1. Premi Asuransi Investasi Lebih Mahal

Premi asuransi investasi jauh lebih mahal dibandingkan premi asuransi lainnya. Alasannya, karena penyedia asuransi akan mengeluarkan sejumlah dana untuk mempekerjakan manajer investasi guna mengelola dana investasi ini. Biaya tersebut akan diambil dari premi yang dibayarkan oleh pemegang asuransi. 

Jika kamu belum atau tidak memiliki keuangan yang stabil, sebaiknya pikirkan lagi jika ingin membeli asuransi investasi. Jika tetap ingin punya asuransi, pilihlah produk asuransi murni yang preminya lebih terjangkau. Alhasil, pembayaran premi lancar setiap bulannya. 

2. Tidak Ada Jaminan Bahwa Investasi Untung

Asuransi investasi menyediakan manfaat sekaligus, yaitu sebagai proteksi dan tempat untuk berinvestasi. Namun, perlu diketahui bahwa penyedia asuransi tidak menjamin bahwa dana yang dialokasikan untuk investasi akan menguntungkan. Dalam beberapa kasus, yang terjadi justru rugi karena adanya isu-isu yang membuat kondisi ekonomi menjadi bergejolak.

Jika kamu ingin menikmati keuntungan investasi secara maksimal, sebaiknya jangan mengharapkan imbal hasil dari asuransi investasi. Beralihlah ke produk investasi murni, seperti deposito, reksa dana, obligasi, atau emas yang lebih pasti. Keuntungan investasi akan otomatis diperoleh saat kamu menjual salah satu dari aset yang diinvestasikan.

3. Nilai Perlindungan Lebih Kecil

Kekurangan asuransi investasi yang terakhir adalah nilai perlindungannya lebih kecil dibandingkan asuransi murni. Dalam beberapa kasus, hal ini membuat pemegang asuransi merasa dirugikan karena uang pertanggungan yang diterima lebih kecil saat melakukan klaim kepada penyedia asuransi. 

Perlu diketahui bahwa besarnya persentase dana yang dialokasikan untuk investasi disesuaikan dengan kebijakan tertentu. Jika kamu menginginkan uang pertanggungan yang lebih besar, kamu harus bersedia membayar premi dengan jumlah yang lebih besar pula. Jadi sewaktu mengajukan klaim, kamu tidak merasa dirugikan oleh penyedia asuransi.

Tips Memilih Asuransi Investasi

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, ada beberapa tips dalam memilih asuransi investasi yang perlu diketahui, di antaranya.

1. Menghitung Kemampuan Finansial

Pertama, kamu harus menghitung kemampuan finansial sebelum memilih asuransi investasi. Mengingat ada dua manfaat yang bisa dimanfaatkan sekaligus, maka wajar jika premi yang dibayar jauh lebih mahal. Agar pembayaran asuransi lancar dan polis tidak terputus di tengah jalan, sebaiknya hitung secara hati-hati, ya!

2. Buat Rencana Investasi Jangka Panjang

Jika kondisi finansial cukup dan kamu ingin membeli produk keuangan yang memiliki manfaat investasi, maka asuransi investasi adalah pilihan yang tepat. Tapi, investasi sebaiknya tidak berhenti di sini saja karena kamu harus berinvestasi pada produk keuangan lain yang nilai keuntungannya lebih besar. Sebaiknya pilih investasi jangka panjang untuk dapatkan masa depan yang lebih cerah.

Dapatkan Informasi Lengkap Sebelum Membeli Produk Asuransi Investasi

Itu dia informasi seputar asuransi investasi yang perlu diketahui. Produk ini memiliki sejumlah kelebihan dan kekurangan yang sudah sepatutnya dipertimbangkan sebelum membeli. Selain itu, pastikan kamu mendapatkan informasi yang lengkap seputar asuransi investasi. 

Informasi ini bisa kamu dapatkan secara lengkap dari agen asuransi atau dari website resmi penyedia asuransi. Untuk informasi mengenai baik buruknya pelayanan, kamu bisa baca ulasan dari nasabah asuransi. Dengan begini, segala potensi kerugian dan risiko menyesal di kemudian hari dapat diminimalisir nantinya.