Manfaat Memilih Anuitas Gabung atau Joint Life Annuity dalam Asuransi bagi yang Sudah Menikah

Dunia asuransi memiliki banyak istilah, salah satunya adalah anuitas sebagai produk keuangan yang mengumpulkan dan menerima dana secara berkala. Anuitas sendiri merupakan kontrak antara individu dan perusahaan asuransi. Ada beberapa jenis anuitas dalam asuransi. Pada artikel ini akan dibahas tentang jenis anuitas gabung.

Perlu diketahui, anuitas dirancang untuk mengatasi risiko kehabisan tabungan. Melalui anuitas, individu mendapatkan pendapatan yang stabil selama masa pensiun atau periode yang telah ditentukan, mulai dari bulanan, triwulanan, atau tahunan.

Lalu, apa itu anuitas gabung dan apa bedanya dengan anuitas tunggal? Simak informasi lengkapnya!

Pengertian Anuitas Gabung

Anuitas gabung atau joint life annuity dikenal juga dengan istilah anuitas seumur hidup bersama. Anuitas ini merupakan produk keuangan yang memberikan penghasilan kepadamu setelah pensiun hingga meninggal. Kemudian, tanggungan secara berkala lanjut diberikan kepada pasangan atau mitra sipil kamu, serta penerima manfaat lain yang dipilih. 

Oleh sebab itu, anuitas ini cocok dipilih kamu yang sudah menikah bahkan telah memiliki anak. Pasalnya, beberapa penyedia anuitas juga menawarkan joint life annuity untuk anak tanggungan, yang biasanya diberikan hingga mereka berusia 23 tahun.

Penerapan Anuitas Gabung

Jika memilih anuitas gabung itu tandanya kamu turut melibatkan orang lain sebagai penerima manfaat atau yang akan ditanggung setelah kamu meninggal. Mereka bisa merupakan suami, istri, mitra sipil yang masih hidup, atau orang lain yang secara finansial bergantung pada kamu.

Kemudian, kamu akan memilih berapa banyak pendapatan yang akan diberikan. Misalnya, jika membeli salah satu anuitas langsung, maka dapat memperoleh tanggungan sebesar 50%, 67% atau 100% dari pendapatanmu.

Jika pasangan yang didaftarkan dalam anuitas gabung meninggal lebih dulu, lantas bagaimana sistem penerimaan manfaat? Jangan khawatir, semua aturan sebenarnya telah dijelaskan dan disepakati di awal melalui perjanjian. 

Anuitas akan dibayarkan kepada kamu sampai dengan meninggal, jika pasangan atau tertanggung yang terdaftar meninggal sebelum kamu. Sementara, jika pasangan membuat anuitas bersama dan kamu merupakan tanggungan yang disebutkan, maka sebagian atau semua pembayaran yang diberikan kepada mereka akan mulai diberikan kepada kamu.

Itulah sistem penerapan anuitas gabung dalam dunia asuransi. Meski demikian, anuitas tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan yang juga perlu dipahami.

Sistem Pajak Anuitas Gabung

Perlu diketahui, setiap penghasilan anuitas gabung yang kamu terima merupakan bagian dari penghasilan kena pajak. Besaran pajak yang kamu atau tanggungan kamu bayarkan akan bergantung pada keadaan pribadi yang dapat berubah jumlahnya sesuai tarif pajak penghasilan.

Hal tersebut juga akan berlaku bagi siapa pun yang menerima pembayaran setelah kamu meninggal. Namun, jika pemilik anuitas meninggal dengan usia di bawah 75 tahun, maka penerima manfaat manfaat yang masih hidup tidak perlu membayar pajak apa pun atas pendapatan yang menjadi hak mereka.

Sebaliknya, Jika pemilik anuitas meninggal dunia di usia 75 tahun atau lebih, pasangan atau siapapun yang menjadi penerima manfaat kamu akan membayar pajak atas pendapatan anuitas pada tarif tertinggi.

Kelebihan dan Kekurangan Anuitas Gabung

Setelah mengetahui pengertian dan penerapan joint life annuity. Pahami pula terkait keuntungan serta kekurangan pada anuitas tersebut. Adapun keuntungan yang bisa didapat dari anuitas bersama atau gabung adalah anuitas tetap berlaku setelah kamu meninggal untuk tertanggung yang disepakati. Jika tanggungan kamu hidup lebih lama dari kamu.

Dengan demikian, bagi yang sudah menikah mungkin dapat menjadi proteksi tersendiri bagi pasangan dan anak. Dimana setelah kamu meninggal, pasangan masih dapat menerima pendapatan secara berkala sesuai dengan yang telah disepakati.

Namun, anuitas gabung tentu memiliki kekurangan pula. Kekurangannya adalah memberikan kamu penghasilan yang lebih rendah. Selain itu, kamu pun tidak bisa mengubah apapun terhadap anuitas yang telah dipilih.

Cara Memilih Anuitas Gabung

Setelah mengetahui sekilas informasi di atas, kamu mungkin mulai memahami manfaat anuitas gabung. Jika tertarik dengan hal tersebut, coba mulai mencari informasi lainnya, mulai dari berbagai penyedia anuitas gabungan, tingkat anuitas, dan lain sebagainya.

Namun, sebelum memilih anuitas, sebaiknya memperhatikan beberapa hal seperti: 

  • Mencari tahu besaran pendapatan pensiun kamu. 
  • Mempelajari lebih lanjut tentang sistem anuitas gabung. 
  • Mengecek berbagai penawaran dari penyedia anuitas bersama seumur hidup. 
  • Mencari panduan yang bisa diberikan secara gratis.
  • Lakukan konsultasi dengan ahli di bidangnya.

Itulah beberapa informasi terkait anuitas gabung atau joint life annuity. Setiap penyedia anuitas memiliki tingkat bervariasi. Maka dari itu, pelajari dan mencermati dengan baik dan bandingkan terlebih dahulu sebelum memilih.

Pasalnya, kamu tidak dapat membuat perubahan apa pun pada anuitas gabung yang telah disepakati. Oleh sebab itu, pastikan membuat pilihan yang tepat untuk kamu dan orang yang dicintai. Semoga informasi ini bermanfaat.