3 Alasan Kenapa Asuransi Tambahan Penting

Asuransi merupakan salah satu produk keuangan yang penting dimiliki di era modern dalam rangka mewujudkan keamanan finansial. Asuransi dipercaya dapat mengurangi risiko finansial, sehingga kestabilan finansial menjadi terjaga. 

Sebelum membeli produk asuransi, penting untuk memahami istilah-istilah yang ada di dalamnya. Salah satunya adalah istilah asuransi tambahan atau yang sering disebut rider. Dengan pemahaman yang baik, maka produk asuransi yang dipilih sesuai dengan kebutuhan saat ini maupun di masa depan. 

Apa Itu Asuransi Tambahan?

loader

Asuransi tambahan atau rider adalah layanan manfaat tambahan yang terdapat pada dasar produk asuransi. Rider dapat dimiliki jika kamu sudah memiliki asuransi, dimana manfaat tambahannya dapat dibeli menjadi satu bundling dalam produk dasar asuransi. 

Rider bukanlah layanan wajib untuk semua nasabah, melainkan layanan pilihan. Nasabah boleh memanfaatkan rider, boleh juga tidak. Semuanya disesuaikan kembali dengan kebutuhan dan kondisi finansial karena pembelian rider akan dikenakan biaya tambahan yang dibebankan pada premi asuransi.

Sebelum membeli rider, sebaiknya ketahui dulu manfaat yang didapatkan dari rider asuransi yang ditawarkan. Jadi, kamu tidak asal membeli produknya yang menyebabkan uang terbuang secara percuma. 

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Jenis Perlindungan
Pilih Jenis Kelamin
Pilih Tanggal Lahir
Pilih Bulan Lahir
Pilih Tahun Lahir
Pilih Tipe Asuransi

Jenis-Jenis Asuransi Tambahan

Asuransi tambahan terdiri dari berbagai jenis yang akan dibahas dalam poin-poin berikut ini.

Jenis Asuransi Deskripsi

Waiver of Premium

Merupakan layanan pembebasan premi asuransi bagi nasabah yang tidak mampu melanjutkan pembayaran premi, baik karena kecelakaan, jatuh sakit, atau mengalami cacat tetap. 

Waiver of premium dapat dibeli saat pendaftaran asuransi untuk pertama kalinya. Harga rider ini biasanya akan menambah 5% atau 10% dari harga asuransi dasar. Sebelum disetujui, perusahaan asuransi akan melakukan tes kesehatan terlebih dahulu untuk mengetahui kondisi kesehatan nasabah.

Payor Benefit

Rider yang satu ini hampir sama dengan waiver of premium. Perbedaannya terletak pada tanggungan, dimana yang biasanya menerima manfaat rider ini adalah anak-anak yang terdaftar sebagai peserta asuransi pendidikan. 

Rider ini memberikan manfaat pembebasan premi apabila nasabah tidak mampu melanjutkan pembayaran atau mengalami risiko kematian. Singkatnya, risiko yang terjadi pada pemegang polis akan membuat pembayaran premi menjadi gratis. 

Asuransi Kesehatan

Rider yang biasanya ditambahkan dalam asuransi kesehatan adalah asuransi jiwa. Manfaat yang didapatkan dengan kepemilikan rider adalah mendapatkan ganti rugi biaya perawatan saat nasabah jatuh sakit. Biaya perawatan ditanggung sepenuhnya oleh perusahaan asuransi. 

Jangka waktu penerimaan manfaat rider dari asuransi kesehatan disesuaikan dengan perjanjian di dalam asuransi. Adapun pihak yang ditanggung bukan hanya nasabah saja, tapi juga anggota keluarga lainnya, seperti suami atau istri, dan anak-anak.

Asuransi Kecelakaan

Jenis asuransi tambahan selanjutnya terdapat pada asuransi kecelakaan. Manfaat yang diberikan berupa uang pertanggungan apabila nasabah meninggal dunia akibat kecelakaan. Uang pertanggungan diberikan selama polis asuransi dasar masih berlaku.

Pihak yang berhak menerima uang pertanggungan adalah ahli waris yang namanya tertulis dalam perjanjian asuransi. Besarnya uang pertanggungan yang diterima adalah akumulasi dari asuransi jiwa dan asuransi kecelakaan yang terdapat pada rider.

Asuransi Penyakit Kritis

Seperti namanya, asuransi tambahan untuk penyakit kritis ditujukan kepada nasabah yang sudah menginjak usia tertentu. Manfaatnya berupa proteksi dari berbagai penyakit kritis yang diderita oleh nasabah. 

Perlu diketahui bahwa tidak semua penyakit kritis ditanggung oleh perusahaan asuransi. Terdapat beberapa pengecualian yang bisa dibaca dalam polis asuransi agar kedepannya tidak mengganggu proses klaim. 

Asuransi Disability

Asuransi tambahan yang terakhir adalah disability. Manfaat yang diberikan berupa proteksi saat nasabah kehilangan anggota tubuh aktif yang menyebabkan kelumpuhan. Jenis ini cocok dibeli oleh seseorang yang bekerja di bidang yang cukup berisiko, misalnya pabrik, manufaktur, atau konstruksi. 

Jika suatu saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, maka nasabah akan mendapatkan uang pertanggungan dengan mencairkan manfaat rider asuransi.

Automatic Premium Loan (APL)

Merupakan rider asuransi yang mengatur penggunaan uang apabila nasabah absen membayar premi. APL membantu nasabah untuk terus membayar premi, sehingga manfaat asuransi tidak terputus. 

APL merupakan salah satu jenis rider yang banyak dicari oleh nasabah untuk mengantisipasi kondisi finansial yang tidak stabil. Selain itu, APL cocok bagi nasabah yang kerap kali lupa membayar premi asuransi, sehingga polis asuransi tetap aktif.

Guaranteed Insurability

Merupakan jenis asuransi tambahan yang memungkinkan nasabah untuk membayar premi dengan tarif standar. Jenis ini banyak dimanfaatkan oleh nasabah yang berusia lanjut. Sebab, proses underwriting di usia lanjut lebih ketat dan rumit.

Sejatinya, tidak semua pengajuan disetujui oleh perusahaan asuransi. Namun, nasabah akan terbantu dengan adanya guaranteed insurability karena proses verifikasi yang dilalui lebih mudah dan singkat.

Hospital Cash Plan

Merupakan jenis asuransi tambahan yang memberikan manfaat santunan uang harian kepada nasabah yang dirawat inap. Nominal yang diberikan kepada nasabah berbeda-beda, tergantung dari kebijakan setiap perusahaan asuransi. 

Perusahaan asuransi juga memiliki batasan maksimal untuk santunan harian. Nominalnya bisa dibaca di dalam perjanjian polis asuransi. Yang pasti besaran santunan harian yang diterima disesuaikan dengan besar premi asuransi nasabah setiap bulannya.

4 Alasan Kenapa Asuransi Tambahan Penting

Sebagian besar nasabah memilih untuk menambahkan manfaat asuransi pada produk yang sudah dimilikinya. Hal ini tidak lepas dari empat alasan berikut ini.

1. Asuransi Menjadi Lebih Fungsional

Menambahkan rider asuransi cukup penting karena menjadikan asuransi lebih fungsional. Nasabah terproteksi secara maksimal karena manfaat asuransinya lebih luas.

Salah satu contoh manfaat dari rider adalah biaya perawatan gigi di dokter gigi. Manfaat ini jarang sekali ada di produk asuransi biasa. Seandainya ada, maka biaya premi bulanannya cukup mahal sehingga beberapa orang memilih untuk membeli rider saja.

2. Finansial Lebih Terproteksi

Saat ini, biaya perawatan di rumah sakit cukup mahal. Tanpa tambahan manfaat, maka proteksi yang didapatkan nasabah cukup terbatas. Biaya-biaya yang dikecualikan di dalam asuransi pasalnya harus ditanggung sendiri oleh nasabah.

Namun dengan rider, biaya tersebut menjadi tanggung jawab perusahaan asuransi. Hal ini membuat kondisi finansial menjadi lebih terproteksi kapan saja. Jika seandainya anggota keluarga jatuh sakit, kamu bisa hadapi situasi ini dengan tenang karena sudah ada pihak yang menanggungnya.

3. Memperluas Nilai Proteksi Nasabah

Menambah rider dalam produk asuransi akan otomatis menambah nilai proteksi nasabah. Misalnya, dengan premi asuransi jiwa sebesar Rp1.000.000 per bulan, maka nasabah akan mendapatkan uang pertanggungan hingga Rp2.000.000.000. Dengan menambahkan premi rider untuk penyakit kritis sebesar Rp500.000, maka nasabah berhak mendapatkan proteksi kesehatan.

Jika nasabah jatuh sakit, maka nasabah bisa mengajukan klaim kepada perusahaan asuransi karena sudah memiliki rider. Dengan membayar biaya tambahan, maka risiko dapat dikelola secara optimal dan kesehatan finansial menjadi terjaga. 

4. Fasilitas Pembebasan Premi

Alasan yang terakhir adalah adanya fasilitas pembebasan premi bagi nasabah yang membeli rider. Manfaat ini bisa diklaim apabila nasabah sudah tidak mampu membayar premi karena kondisi tertentu. Misalnya, jatuh sakit dan mengalami risiko cacat tetap.

Meski tidak membayar premi lagi, tapi asuransi tetap dalam kondisi aktif. Segala peristiwa yang terjadi pada nasabah tetap ditanggung oleh perusahaan asuransi selama manfaatnya sesuai dengan perjanjian dalam polis asuransi.

Fasilitas ini bisa didapatkan dengan membeli rider jenis waiver of premium. Rider ini akan langsung ditambahkan dalam produk asuransi dasar dan manfaatnya bisa langsung aktif. 

Pilih Asuransi yang Mampu Menanggung Risiko Kamu

Asuransi merupakan produk keuangan yang sangat penting karena menawarkan sejumlah manfaat yang tidak dapat diberikan oleh produk keuangan lain. Menariknya lagi, asuransi memiliki fitur asuransi tambahan bernama rider yang dapat dibeli oleh setiap peserta asuransi sesuai dengan kebutuhan dan kondisi finansial masing-masing. Dengan fitur tambahan ini, maka proteksi yang didapatkan oleh nasabah pun menjadi maksimal.

Bagi yang ingin mendapatkan proteksi maksimal, maka bisa mempertimbangkan pembelian rider dari perusahaan asuransi terpercaya. Pastikan produk asuransi dan rider yang dibeli mampu menanggung risiko yang kamu butuhkan saat ini dan di masa mendatang, sehingga risiko tersebut tidak berdampak pada kondisi finansial. Jadi, tunggu apa lagi?