Tips Memilih Asuransi Syariah dan Manfaatnya Untuk Kamu

Dunia asuransi terus berkembang mengikuti kebutuhan masyarakat, di antaranya asuransi yang menerapkan prinsip syariah. Perlu diketahui, asuransi syariah merupakan produk investasi keuangan dan kesehatan dengan menggunakan prinsip aturan agama islam. Meski demikian, masyarakat tetap perlu memahami manfaat serta tips memilih asuransi syariah.

Sebagai informasi, asuransi syariah terdiri dalam tiga jenis, yakni asuransi kesehatan, asuransi jiwa, dan asuransi pendidikan. Dengan kepemilikan asuransi ini, kamu bisa lebih memproteksi diri serta masa depan keluarga. Namun, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih asuransi syariah, seperti transparansi dana pemegang polis, tidak berlakunya sistem ‘dana hangus’, pembagian keuntungan, serta kepemilikan dana yang seimbang.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Jenis Perlindungan
Pilih Jenis Kelamin
Pilih Tanggal Lahir
Pilih Bulan Lahir
Pilih Tahun Lahir
Pilih Tipe Asuransi

Manfaat Memilih Asuransi Syariah

loader

Ada beberapa alasan asuransi dianggap penting dalam kehidupan. Hal ini juga merupakan manfaat dari memilih asuransi syariah sebagai berikut.

  1. Proteksi Kesehatan

    Manfaat pertama memilih asuransi syariah adalah melindungi diri dari risiko kesehatan. Peserta dapat memperoleh biaya pengobatan, pemeriksaan, dan prosedur medis lainnya. Dalam unsur syariah, asuransi tidak hanya memberikan perlindungan fisik, tetapi juga finansial tanpa unsur riba.

  2. Proteksi Finansial Jangka Panjang

    Memilih asuransi syariah juga bermanfaat untuk melindungi atau proteksi keuangan dalam jangka panjang. Misalnya, risiko kebakaran, bencana alam, dan kejadian tidak terduga lainnya yang menimbulkan kerugian finansial. Dengan prinsip syariah, proteksi yang didapatkan tentunya tetap mengedepankan unsur ajaran Islam.

  3. Proteksi Pendidikan

    Manfaat memilih asuransi syariah lainnya adalah memberikan jaminan bahwa rencana pendidikan anak akan terlaksana dengan baik. Dengan membayar kontribusi secara teratur, adanya kepastian dana yang cukup untuk membiayai pendidikan anak-anak.

  4. Proteksi Jiwa

    Memilih asuransi syariah untuk jiwa juga memberi manfaat terhadap perlindungan finansial keluarga dalam situasi yang tidak terduga. Jika pemegang polis meninggal dunia, santunan asuransi dapat diklaim dan akan dibayarkan sesuai dengan ketentuan yang ada sesuai prinsip Syariah.

  5. Investasi Aman sesuai Syariah

    Memilih asuransi syariah tidak hanya memberikan perlindungan, tetapi dapat menjadi saluran investasi yang aman. Dengan mematuhi prinsip syariah kamu dapat berpartisipasi dalam investasi sesuai dengan ajaran Islam. 

  6. Perlindungan dari Risiko

    Asuransi Syariah memberikan perlindungan dari berbagai risiko, termasuk kecelakaan, penyakit kritis, dan situasi tidak terduga lainnya. Manfaat ini memberikan keamanan finansial tantangan dan risiko dalam kehidupan sehari-hari.

    Itulah beberapa manfaat memilih asuransi syariah sebagai perlindungan dan keamanan di masa mendatang. Namun, kamu tetap perlu memperhatikan beberapa hal dalam memilih asuransi syariah.

Tips Memilih Asuransi Syariah

Sebelum memilih asuransi syariah, kamu bisa mempertimbangkan beberapa hal. Berikut adalah tips dalam memilih asuransi syariah.

  1. Menyesuaikan Kebutuhan

    Tips pertama dalam memilih asuransi syariah adalah menyesuaikan dengan kebutuhan. Perhatikan kembali kebutuhan dan kondisi keuangan kamu. Kemudian sesuaikan jenis asuransi yang dibutuhkan.

  2. Pilih Pengelola Bereputasi Baik

    Saat ini ada banyak perusahaan pengelola asuransi. Namun, kamu perlu mencari pengelola dengan reputasi baik, terpercaya, diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta memiliki rekam jejak baik dalam pembayaran klaim pesertanya. Sebab, tak sedikit perusahaan asuransi bereputasi buruk yang dapat menyebabkan kerugian bagi pesertanya.

  3. Manfaat dan Fasilitas

    Tips terakhir dalam memilih asuransi syariah adalah memperhatikan kembali manfaat dan fasilitas produk asuransi yang akan dipilih. Pastikan memilih asuransi syariah yang memberikan manfaat dan fasilitas sesuai dengan kebutuhan dan prinsip syariah.

    Nah, itulah beberapa tips memilih asuransi syariah yang bisa kamu ketahui. Lalu, jika dirasa sudah cocok atau sudah menemukan jenis yang tepat, kamu bisa mendaftar secara online maupun offline.

Cara Daftar Asuransi Syariah

loader

Produk asuransi syariah umumnya diperjualbelikan langsung oleh perusahaan asuransi. Untuk itu, kamu bisa mendaftar secara langsung dengan mendatangi kantor perusahaan asuransi maupun melalui agen asuransi. Namun, saat ini berbagai perusahaan asuransi juga menyiapkan laman khusus untuk mendaftar secara online.

Secara umum, untuk mendaftar sebagai nasabah asuransi syariah, calon peserta akan dimintai data diri, data keuangan, dan juga beberapa surat administrasi yang perlu diisi. Akan tetapi, setiap perusahaan asuransi mungkin menerapkan beberapa cara pendaftaran berbeda. Untuk itu, kamu bisa mencari tahu lebih lanjut terkait informasi pendaftarannya.

Siapkan Proteksi Diri dengan Asuransi Syariah

Demikianlah beberapa informasi seputar memilih asuransi syariah. Kamu bisa mengetahui terkait manfaat, tips, hingga cara pendaftaran asuransi tersebut. Nah, dari informasi itu, kamu dapat lebih memahami terkait pentingnya suatu polis asuransi sebagai bentuk proteksi, baik dalam hal kesehatan, jiwa, maupun pendidikan.

Kemudian, memilih asuransi syariah tentu menjadi hal yang lebih tepat bagi seorang muslim. Pasalnya, asuransi tersebut menerapkan prinsip sesuai hukum atau ajaran Islam. Maka dari itu, kamu pun lebih tenang dan nyaman tanpa adanya unsur riba. Yuk, siapkan proteksi diri dengan memilih asuransi syariah yang tepat dengan kebutuhan kamu!