Alasan Investasi Saham Cocok untuk Gen Z dan Tips Memulainya

Ketika membicarakan tentang investasi dengan peluang keuntungan tinggi, saham menjadi salah satu instrumen yang tak akan luput dari pembahasan. Biasa dipilih untuk jangka panjang, investasi saham mampu memberi potensi imbal hasil yang menjanjikan. Karena karakteristiknya itu pula investasi saham direkomendasikan untuk investor muda yang masih aktif bekerja, contohnya adalah Gen Z.

Dengan masa depan yang masih panjang, investasi saham ideal dijadikan pilihan oleh investor dari kalangan Gen Z. Terlebih, dibanding mengeluarkan uang untuk hal-hal yang tidak penting dan bersifat konsumtif, investasi saham untuk Gen Z mampu memberi jaminan kondisi keuangan yang lebih sejahtera di waktu mendatang. Pasalnya, menanam modal di instrumen tersebut mampu memberi keuntungan menggiurkan dan bagus jika dilakukan selagi muda. 

Lalu, apa saja sih alasan investasi saham untuk Gen Z begitu direkomendasikan? Nah, untuk tahu jawaban dan tips memulainya, simak penjelasan tentang investasi saham untuk Gen Z berikut ini.

Bingung cari investasi Reksa Dana yang aman dan menguntungkan? Cermati solusinya!

Mulai Berinvestasi Sekarang!  

Alasan Investasi Saham untuk Gen Z

loader

1. Membiasakan Diri Investasi Sejak Dini

Lahir di periode tahun 1997 sampai 2012, Gen Z adalah generasi muda yang saat ini mulai beranjak dewasa dan memasuki usia kerja. Didominasi kalangan dewasa muda dan remaja, generasi ini perlu membiasakan diri untuk mengelola keuangan dengan bijak, seperti, menabung atau investasi, ketimbang terus membelanjakan uangnya. 

Terlebih kebanyakan Gen Z saat ini baru memulai dunia kerja dan masih ingin menikmati hasil jerih payahnya bekerja. Jika hasrat belanjanya tidak dibendung dengan berinvestasi sejak dini, keuangannya berisiko terus stagnan. Oleh karena itu, investasi saham untuk Gen Z ini penting dilakukan agar menjamin kondisi keuangannya berkembang dan gajinya tak habis untuk membeli hal yang sifatnya konsumtif. 

2. Sebagai Tangga Meraih Financial Freedom

Investasi saham sering kali dijadikan pilihan untuk menanam modal karena peluang imbal hasilnya yang tinggi, terutama jika dibandingkan dengan instrumen lain seperti reksa dana, deposito, dan emas. Tak hanya keuntungan dari capital gain alias selisih harga jual dan harga beli saham, instrumen ini juga bisa memberi imbal hasil tambahan dari dividen yang cukup menjanjikan. 

Dengan potensi keuntungan tersebut, saham dianggap sebagai salah satu instrumen ideal jika kamu ingin meraih kebebasan finansial atau financial freedom di masa depan nanti. Ketika berhasil meraih kebebasan finansial, segala kebutuhanmu bisa terpenuhi dari pendapatan pasif investasi dan terbebas dari keharusan untuk bekerja. Jika dimulai sejak dini, Gen Z tentu bisa segera menikmati financial freedom dengan lebih cepat dari investasi dan merasakan hidup yang bebas dari belenggu tanggung jawab bekerja.  

3. Beri Potensi Pendapatan Pasif yang Tinggi

Berkaitan dengan poin sebelumnya, investasi saham untuk Gen Z memungkinkan mereka agar bisa mendapatkan pendapatan pasif dengan nominal yang cukup signifikan. Ketika berhasil menanam modal dengan jumlah besar, keuntungan yang diberikan dari aktivitas investasi tersebut mampu digunakan untuk memenuhi segala kebutuhanmu. 

Jadi, tanpa harus bekerja, di masa depan kamu tetap bisa mendapatkan uang dari hasil investasi saham yang telah dilakukan selama ini. Pendapatan pasif ini bisa kamu peroleh dari pemberian dividen secara berkala oleh perusahaan atau emiten yang sahamnya telah kamu beli. 

4. Mampu Mendukung Manajemen Keuangan

Alasan terakhir kenapa investasi saham untuk Gen Z penting dilakukan adalah kamu bisa lebih mampu mengelola keuangan dengan lebih bijak dan cermat. Pada awalnya, konsisten menyisihkan uang dan berinvestasi mungkin terasa sulit dilakukan. 

Namun, jika telah terbiasa menanam modal, kamu bisa rutin menyisihkan sebagian pendapatan untuk berinvestasi demi meraih tujuan finansial. Pos-pos keuangan pun akan tertata lebih rapi menyesuaikan kebutuhan dan kondisi keuangan, serta membendung kecenderungan untuk bersikap konsumtif. 

Tips Investasi Saham untuk Gen Z

loader

Ketika belum atau baru memulai, investasi saham mungkin akan terasa berat untuk dilakukan. Untuk menyiasati hal tersebut, kamu bisa mengikuti beberapa tips agar lebih semangat berinvestasi saham untuk Gen Z berikut ini. 

1. Baca Cerita Kesuksesan Investasi Saham

Untuk menggugah semangatmu berinvestasi, tak ada salahnya mencari dan membaca cerita tentang kesuksesan investor saham. Menjadikannya sebagai motivasi, cerita kesuksesan investasi saham ini juga bisa memberi insight tentang bagaimana cara tepat menanam modal di instrumen tersebut. 

Lalu, jika kamu telah mulai investasi saham dan berhasil meraih cuan menggiurkan, jangan ragu untuk membagikan ceritamu tersebut ke orang lain. Selain berbagi ilmu dan memotivasi orang lain, kamu bisa membuka peluang menjadi content creator finansial demi membantu banyak orang untuk mulai berinvestasi dan memperbaiki kondisi keuangannya. 

2. Cari Tahu Kemudahan Memulai Investasi Saham

Sebagai Gen Z, kamu tentu menyadari jika memulai hal yang praktis dan mudah lebih mampu menarik perhatianmu. Hal ini berlaku pula pada investasi saham yang sebenarnya simpel dan mengasyikkan untuk dilakukan. 

Berkat kemajuan teknologi, investasi saat ini sangat mudah dilakukan melalui aplikasi yang bisa kamu unduh dan pasang secara gratis di smartphone. Syarat dan proses pengajuannya pun ringkas dan anti ribet, di mana kamu hanya perlu melampirkan beberapa dokumen dan melalui prosedur sesuai yang diminta. 

Tak berhenti sampai di situ, investasi saham di aplikasi ini juga sangat mudah dilakukan. Mulai dari pembelian, penjualan, hingga memantau grafik harga saham bisa dilakukan melalui satu aplikasi investasi digital. Jadi, kamu pun bisa berinvestasi saham kapan saja dan di mana saja tanpa khawatir banyak waktu tersita untuk aktivitas tersebut.   

3. Lihat Konten tentang Manfaat Investasi di Media Sosial

Sebagai pengguna dan penikmat media sosial terbanyak untuk generasi sekarang, Gen Z seringkali menjadikan platform tersebut sebagai sumber informasi utamanya. Untuk itu, manfaatkan media sosial untuk melihat edukasi tentang pentingnya investasi, serta tips menjalaninya agar bisa meraih keuntungan. 

Semakin sering kamu melihat konten tentang investasi di media sosial, kamu akan semakin tergugah untuk segera melakukannya. Apalagi belakangan ini investasi telah menjadi tren di kawula muda, Gen Z tentu lebih tertarik dan tak akan melewatkan tren tersebut. 

4. Mulai dengan Saham Blue Chip

Tips terakhir investasi saham bagi Gen Z adalah memulainya dengan membeli saham blue chip. Apa itu saham blue chip? Secara sederhana, saham blue chip mengacu pada saham yang diterbitkan oleh perusahaan yang kinerjanya telah terbukti selama puluhan tahun ke belakang. 

Investasi saham jenis ini memiliki tingkat risiko yang lebih rendah dan harganya cenderung stabil ketimbang saham tipe lain. Jadi, kamu bisa menjadikannya sebagai batu loncatan untuk menanam modal di instrumen ini sembari membiasakan diri dengan dunia investasi saham. 

Selangkah Lebih Cepat Siapkan Keuangan Masa Depan, Investasi Saham dari Sekarang!

Mumpung masih muda dan memiliki semangat yang tinggi, investasi saham sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh Gen Z sedini mungkin. Selain mampu memaksimalkan potensi keuntungan, menanam modal juga bisa menjadi cara cermat meraih kondisi keuangan lebih sejahtera di masa depan. Jadi, jangan lewatkan kesempatan ini dan mulai langkah pertama investasi saham untuk Gen Z dari sekarang.