Jangan Buru-Buru! Pahami Dulu 13 Istilah dalam Bursa Saham Ini Sebelum Investasi

Selagi masih muda, investasi menjadi langkah finansial yang sebaiknya dilakukan secepat mungkin. Alasannya karena semakin cepat dilakukan, potensi keuntungan yang didapatkan dari investasi bisa menjadi optimal. Namun, bukan berarti kamu harus berinvestasi tanpa memahami informasi dasarnya terlebih dulu. 

Jika masih awam dengan dunia investasi, tentu ada banyak istilah dan hal baru yang belum kamu pahami maksud serta fungsinya. Terlebih jika berinvestasi saham dan terjun ke bursa, salah memahami istilah di dalamnya bisa mengacaukan rencana dan aktivitas investasi yang telah kamu buat. 

Namun, tak perlu risau, kamu bisa memahami dulu istilah dalam bursa saham agar mampu menjalani aktivitas investasi dengan lebih lancar. Untuk lebih jelasnya, berikut istilah dalam bursa saham dan artinya yang penting dipahami para investornya.

Mulai Investasi Saham Sekarang!  

Istilah-Istilah dalam Bursa Saham

1. Bid 

Dalam investasi saham, ada bid merupakan istilah yang tak boleh dilewatkan oleh investor. Secara sederhana, bid berarti antrean order beli dari saham. Ketika membeli saham, artinya kamu melakukan bid sesuai dengan harga yang berlaku atau biasa disebut bid price. 

2. Bid Price

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bid price merupakan istilah yang merujuk pada harga saham yang dimasukkan investor ketika ingin membeli saham. Investor bisa memasukkan bid price yang setara atau lebih rendah dari harga saham terakhir. 

3. Bid Volume

Bid volume adalah istilah dalam bursa saham yang mengacu pada jumlah dari lot saham yang ingin ditawar atau dibeli oleh investor. 

4. Offer

Kebalikan dari bid, offer adalah istilah dalam bursa saham yang berarti antrean order jual saham. Antrean order jual saham ini terjadi ketika kamu menjual saham dengan harga penawaran atau offer price tertentu dan masih belum ada investor yang tertarik untuk membelinya. 

5. Offer Volume

Istilah offer volume bisa diartikan sebagai jumlah lot atau volume penawaran yang sedang antre dengan harga jual tertentu. 

6. VWAP

VWAP adalah singkatan dari Volume Weighted Average Price, yaitu rerata harga aset yang sedang diperdagangkan di sepanjang hari bursa berjalan selama rentang waktu tertentu sesuai harga dan volume saham. Perhitungan VWAP dilakukan dengan menjumlahkan besaran keseluruhan nilai aset yang diperdagangkan lalu membaginya dengan jumlah volume perdagangan selama periode tertentu. Istilah ini penting dipahami agar investor bisa mengetahui kisaran harga jual atau beli saham incarannya.

7. Status Order

Dalam bursa saham, investor bisa melihat status order yang berisikan informasi pesanan beli dan pesanan jual yang telah dilakukannya. Melalui informasi tersebut, investor bisa mengetahui apakah order telah berhasil atau gagal. Dalam status order sendiri terdapat banyak istilah yang juga tak kalah penting dipahami oleh investor saham.

8. Open

Salah satu istilah pada status order di bursa saham adalah open. Status open terjadi saat order pembelian atau penjualan saham yang dimasukkan oleh investor masih dalam proses antrean. Hingga berhasil dijual atau dibeli selama proses bid ataupun offer, pesanan sahammu akan berstatus open. 

9. Amend

Amend adalah status order pada saham yang muncul saat investor ingin mengubah order yang masih berstatus open. Dengan melakukan amend, investor bisa melakukan perubahan pada harga, volume, dan sebagainya. Ketika perubahan telah dilakukan, status order ini akan berubah menjadi “Amended”.

10. Withdraw

Withdraw merupakan istilah dalam status order yang berarti kamu melakukan pembatalan atau penarikan dari order yang sedang berstatus open. 

11. Match atau Done

Ketika status order menunjukkan done atau match, artinya telah terjadi transaksi pada order bid atau offer yang sudah kamu lakukan. 

12. Trade List atau Trade Done

Dalam bursa saham, kamu selaku investor juga bisa melihat istilah trade list ataupun trade done. Dalam trade list, kamu bisa melihat seluruh transaksi investasi yang telah berhasil dilakukan sebelumnya. 

13. Order List

Terakhir, order list adalah istilah dalam bursa saham yang mengacu pada tempat di mana pesanan atau order bid dan order offer yang sudah kamu masukkan ditampilkan. Meskipun memiliki kemiripan dengan trade list, tapi order list hanya menunjukkan order yang masih open atau aktif ditawarkan pada bursa saham dan belum berhasil mencapai transaksi. 

Pahami Istilah dalam Bursa Saham agar Tidak Bingung saat Investasi

Sebagai instrumen investasi dengan tingkat risiko yang tinggi, memahami beragam istilah penting dalam saham sangat penting dilakukan, tak terkecuali istilah dalam bursa saham. Dengan mengenal istilah penting tersebut, aktivitas investasi saham tentu bisa berjalan dengan lebih lancar dan meminimalkan risiko kesalahan yang mampu memicu kerugian. Semoga penjelasan tentang istilah dalam bursa saham di atas bisa membantumu untuk lebih lancar dan tak bingung saat terjun ke dunia investasi.