Proyeksi Bagus, Yuk Ulik Alasan Saham Perusahaan Logistik Potensial Jadi Pilihan

Perkembangan teknologi membawa banyak perubahan terhadap aktivitas yang biasa dilakukan oleh masyarakat. Semenjak kehadirannya, kini banyak orang lebih cenderung memenuhi kebutuhannya dengan berbelanja online. Dengan demand yang tinggi tersebut, perkembangan industri logistik ikut merekah dan saham perusahaannya mulai banyak dilirik investor. 

Seiring perkembangan bisnis marketplace dan tingginya minat belanja online di masyarakat, geliat sektor logistik pasti akan ikut meningkat. Hal ini membuka kesempatan bagi investor untuk meraih cuan dengan membeli saham perusahaan logistik yang dianggap potensial.

Tapi, bagaimana sih sebenarnya peluang investasi di saham perusahaan logistik ini? Nah, bagi kamu yang tertarik menanam modal di sektor tersebut, simak penjelasan tentang perkembangan bisnis logistik, daftar perusahaan, serta faktor yang mendukung pertumbuhannya berikut ini. 

Geliat Industri Logistik Indonesia

loader

Bagi yang belum tahu, perusahaan logistik merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengiriman & pergudangan. Layanan logistik dibutuhkan untuk mengirimkan barang dari pihak produsen ke pihak konsumen, maupun dari produsen ke pihak distributor lain. 

Dalam beberapa tahun ke belakang, industri logistik mengalami perkembangan yang cukup signifikan di Indonesia. Penyebabnya tidak lain karena perubahan kebiasaan berbelanja masyarakat yang semakin banyak melalui marketplace dan toko online. Sehingga, demand pengiriman barang oleh perusahaan logistik melonjak drastis.

Untuk saat ini, mayoritas layanan logistik di Indonesia disediakan oleh perusahaan logistik dan transportasi. Sehingga, perusahaan tersebut menawarkan moda transportasi sendiri dalam mendukung layanan pengiriman logistiknya. Untuk jalur pengiriman logistik sendiri bisa melalui udara, darat, dan laut. 

Perkembangan industri logistik di Tanah Air beradaptasi pula menyesuaikan kemajuan teknologi serta kebutuhan masyarakat. Hal ini menjadikan bisnis di sektor tersebut memiliki potensi besar dan mampu memikat minat investor untuk mengincar saham perusahaan logistik. 

Bingung cari investasi Reksa Dana yang aman dan menguntungkan? Cermati solusinya!

Mulai Berinvestasi Sekarang!  

Deretan Perusahaan Logistik Ternama di Indonesia

Dengan tingkat permintaan yang tinggi atas jasanya, ada banyak perusahaan logistik terkemuka yang beroperasi di Indonesia. Berikut beberapa di antaranya. 

Nama Perusahaan Deskripsi
Pos Indonesia

Sebagai pionir jasa logistik dan pengiriman di Indonesia, Pos Indonesia merupakan perusahaan negara atau BUMN yang telah berdiri sejak tahun 1746. Pos Indonesia melayani jasa pengiriman dokumen serta paket barang antar daerah sampai antar pula di Tanah Air.

Beberapa layanan yang dikembangkan oleh Pos Indonesia mencakup Paket Pos, Pos Kilat Khusus, Pos Express, dan sebagainya dengan reputasi layanan yang cukup baik. 

TIKI

Selanjutnya ada TIKI, yaitu perusahaan logistik dengan perkembangan yang pesat dan bahkan berhasil melewati badai pandemi. Melalui jaringan operasional layanan yang luas, TIKI seringkali diandalkan oleh masyarakat untuk keperluan logistik dan pengiriman barang sejak pertama didirikan di tahun 1970.

Sejumlah layanan unggulan yang ditawarkan oleh perusahaan logistik ini adalah SDS atau Same Day Service, TDS atau Two Days Service, dan lainnya. 

JNE

Perusahaan logistik JNE bisa dibilang cukup populer dan sering kali dijadikan andalan masyarakat Indonesia untuk pengiriman logistik domestik. Layanan yang ditawarkan JNE sendiri tersedia pada hampir seluruh marketplace dan e-commerce dalam negeri.

Beberapa layanan populer yang disediakan perusahaan ini, antara lain JNE REG, JNE YES, dan JNE OKE.

Shopee Xpress

Tak hanya dikenal sebagai marketplace ternama di Indonesia, Shopee juga mengembangkan sayap bisnisnya di bidang logistik melalui Shopee Xpress.

Karena alasan itu pula perusahaan logistik ini mampu berkembang sangat pesat dan menjadi salah satu yang terdepan di industrinya. 

Ninja Xpress

Terakhir ada Ninja Xpress, perusahaan logistik yang berdiri sejak tahun 2014 dan telah beroperasi di sejumlah negara. Layanan logistik perusahaan ini sering kali dipilih karena dianggap aman dan terjangkau.

Beberapa layanan unggulan yang ditawarkan Ninja Xpress adalah COD dan REG. 

Performa Saham Perusahaan Logistik

Per tahun 2024, performa saham perusahaan logistik cukup bervariasi tergantung dari likuiditas saham dan kinerja bisnisnya. Sebagai layanan utama yang ditawarkannya, kinerja saham perusahaan logistik bergantung pada popularitas dan frekuensi masyarakat berbelanja online. Sehingga, performa bisnisnya bisa meningkat pesat ketika kuantitas belanja online konsumen melonjak, misalnya saat momen lebaran atau hari besar lainnya. 

Di samping itu, kenaikan kinerja industri logistik juga terlihat di perayaan Pesta Rakyat di mana jasanya disewa untuk memenuhi kebutuhan logistik kampanye serta pencoblosan. Meski tidak terlalu signifikan, tapi pertumbuhan saham perusahaan logistik terlihat cukup stabil serta positif sehingga layak untuk dipertimbangkan oleh investor yang tertarik membelinya. 

Faktor Pendorong Perkembangan Saham Logistik

Terkait faktor pendorong pertumbuhan saham perusahaan logistik utamanya adalah peningkatan permintaan layanan yang mampu mendongkrak keuntungan bisnis. Sentimen positif pada bisnis ini secara umum menyesuaikan kuantitas belanja online oleh masyarakat. 

Untuk kedepannya, pertumbuhan bisnis logistik diperkirakan masih sangat bagus. Terlebih dengan adanya perayaan Pilkada serentak di akhir tahun nanti di mana layanan perusahaan logistik dibutuhkan untuk mengirim surat suara dan kebutuhan lainnya. Jadi, pertimbangkan potensi pertumbuhan saham perusahaan logistik ini agar tak melewatkan peluang cuannya. 

Bisa Jadi Opsi Menarik, Pahami Dulu Potensinya Sebelum Investasi Saham Logistik 

Dari penjelasan di atas, bisa dipahami jika saham perusahaan logistik mempunyai potensi yang cukup menarik untuk dijadikan pilihan mengisi portofolio investasi. Dengan daya bisnis yang terus berkembang, potensi kenaikan saham di industri ini cukup menjanjikan bagi investor. Jadi, apakah kamu tertarik berinvestasi di saham perusahaan logistik untuk mendulang cuan?