5 Tips Memilih Asuransi Mobil Listrik

Mobil listrik mulai merambah pasar otomotif Indonesia bahkan mendapatkan minat cukup bagus dari konsumen. Pasalnya kehadiran mobil listrik mendukung energi terbarukan yang ramah lingkungan. Sama dengan mobil biasa, mobil listrik sejatinya juga membutuhkan proteksi lebih melalui asuransi. Nah, pada artikel ini akan dibahas terkait asuransi mobil listrik yang bisa kamu ketahui.

Asuransi mobil listrik merupakan produk asuransi yang dikhususkan pada jenis mobil bertenaga listrik. Saat ini belum banyak perusahaan asuransi yang menawarkan proteksi tersebut. Namun, pada beberapa perusahaan yang menyediakan, manfaat dari asuransi mobil listrik tidak jauh berbeda dengan mobil konvensional. Hanya saja, harga premi dan bengkel rekanan akan sedikit berbeda.

Jenis Manfaat Asuransi Mobil Listrik

Sebagaimana diketahui, mobil listrik lebih mudah ditemui dan digunakan di negara-negara maju sehingga asuransinya pun lebih banyak ditawarkan di sana. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan asuransi ini juga tersedia di Indonesia. Adapun, beberapa jenis manfaat dari asuransi mobil listrik, di antaranya adalah perlindungan all risk dan TLO sebagai berikut.

  1. Pertanggungan All Risk

    Pertanggungan all risk  menanggung segala jenis kerusakan pada mobil, mulai dari kerusakan kecil, kerusakan besar, hingga kehilangan karena pencurian. Oleh karena itu, premi pertanggungan ini cenderung lebih mahal. Biasanya, jenis manfaat asuransi ini cocok bagi pemilik mobil baru sehingga dapat meminimalisir risiko pengeluaran saat terjadi pengeluaran kecil.

  2. Pertanggungan TLO

    Pertanggungan Total Loss Only atau TLO adalah pertanggungan asuransi pada kerusakan total atau perbaikan dengan nilai mencapai 75 persen atau lebih dari harga pasar kendaraan saat itu. Jenis produk asuransi ini cenderung memiliki premi lebih murah dari all risk sehingga cocok bagi kamu yang punya anggaran keuangan terbatas.

    Itulah dua jenis asuransi mobil listrik sesuai manfaat yang ditawarkan. Adapun, jika kamu memiliki mobil listrik dan minat untuk mendaftarkan asuransi sebagikan simak beberapa tips yang akan dijelaskan.

Tips Memilih Asuransi Mobil Listrik

Perlu diketahui bahwa Indonesia menjadi salah satu negara yang sudah dilirik oleh beberapa perusahaan otomotif untuk menawarkan produk mobil listrik. Meski belum masif, tetapi peminat mobil listrik di Indonesia terus meningkat. Hal ini membuat sejumlah brand berupaya menjalin kerja sama dengan perusahaan asuransi. Meski demikian, ada beberapa pertimbangan dalam menawarkan produk asuransi mobil listrik, seperti bengkel rekanan khusus hingga penyediaan perluasan manfaat banjir karena masih banyak kota di Indonesia yang langganan terkena musibah tersebut.

Namun, jangan khawatir untuk kamu yang ingin memiliki asuransi mobil listrik. Ada lima tips yang bisa kamu ketahui dan pelajari untuk membeli asuransi mobil listrik sebagai berikut.

  1. Bandingkan Polis dari Berbagai Perusahaan Asuransi

    Pertama-tama yang perlu kamu lakukan adalah membandingan polis dari beberapa perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi mobil listrik. Cara ini membantu kamu untuk mendapatkan asuransi yang cocok dengan kebutuhan.

  2. Pilih Produk dari Perusahaan Asuransi Terpercaya

    Selanjutnya, pilih produk asuransi mobil listrik dari perusahaan terpercaya. Melalui perusahaan asuransi terpercaya yang memiliki kredibilitas, kamu akan mendapatkan pelayanan terbaik dan manfaat sesuai harapan. Dalam hal ini, kamu bisa melakukan riset melalui internet untuk mengetahui kredibilitas perusahaan asuransi.

  3. Pilih Jenis Perlindungan yang Sesuai Kebutuhan

    Tips ketiga adalah memilih jenis perlindungan sesuai kebutuhan dan tipe mobil listrik. Kamu juga perlu mempertimbangkan domisili serta akses jalan yang dilewati. Contohnya, asuransi all risk cocok bagi kamu yang tinggal di area berisiko membuat mobil lecet. Lalu, asuransi TLO cocok dipilih jika kamu tinggal di daerah rawan kriminalitas.

  4. Cari Asuransi dengan Jaminan Pihak Ketiga

    Sama dengan mobil konvensional, mobil listrik juga membutuhkan perlindungan jaminan pihak ketiga. Pasalnya, asuransi mobil dengan jaminan tanggung jawab pihak ketiga akan memberi ganti rugi jika terjadi kecelakaan yang melibatkan pihak ketiga. Misalnya, jika kamu menabrak mobil lain tanpa sengaja, maka biaya perbaikan kerusakan mobil tersebut menjadi tanggungan perusahaan asuransi.

  5. Pilih Asuransi yang Memiliki Banyak Bengkel Rekanan

    Terakhir, dalam memilih asuransi mobil listrik juga perlu memperhatikan kerjasama dengan bengkel rekanan. Kamu perlu memilih asuransi yang memiliki banyak bengkel rekanan sehingga bisa melakukan perbaikan di mana saja.

    Itulah beberapa tips memilih asuransi mobil listrik yang perlu dipahami dan dipelajari sebelum membeli produk asuransi agar tidak salah pilih.

Perhitungan Premi Asuransi Mobil Listrik

Setelah mengetahui beberapa tips yang dibutuhkan dalam memilih asuransi mobil listrik. Rasanya kamu juga perlu mengetahui perhitungan harga premi asuransi ini. Sama seperti mobil konvensional, premi asuransi mobil listrik mengikuti ketentuan surat edaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 6/SEOJK.05/2017 tentang Penetapan Premi atau Kontribusi pada Lini Usaha Asuransi Harta Benda dan Asuransi Kendaraan Bermotor Tahun 2017.

Sebagai informasi, harga premi asuransi mobil listrik cenderung lebih mahal. Hal ini karena biaya perbaikan mobil tersebut lebih mahal, terutama pada komponen krusial, seperti baterai hingga panel bodi. Selain itu, kebanyakan mobil listrik di Indonesia juga masih melakukan impor komponen dan perbaikanya melibatkan teknisi khusus.

Adapun, ada beberapa hal yang mempengaruhi biaya premi asuransi mobil listrik, yakni wilayah domisili kendaraan, nilai kendaraan, tipe atau jenis kendaraan, tipe proteksi atau jenis asuransi yang dipilih, usia kendaraan, jenis penanggungan, dan perluasan jaminan yang dipilih.

Cara Klaim Asuransi Mobil Listrik

Untuk mengajukan klaim asuransi mobil listrik caranya tidak jauh berbeda dengan asuransi mobil konvensional. Kamu perlu memperhatikan prosedur dan dokumen persyaratannya secara seksama pada polis asuransi agar klaim yang diajukan tidak ditolak. Kemudian, kamu bisa mengajukannya secara online, menghubungi call center perusahaan, serta langsung mengirimkannya maupun datang ke kantor perusahaan asuransi terdekat.

Itulah informasi seputar asuransi mobil listrik yang dijelaskan pada artikel ini. Kamu bisa mempelajarinya jika tertarik membeli proteksi untuk mobil listrik yang dimiliki. Perlu diketahui, asuransi kendaraan merupakan proteksi penting yang perlu dimiliki untuk keamanan dan minimalisasi risiko. Oleh karena itu, kamu perlu memiliki asuransi mobil listrik mengingat harga beli mobil tersebut yang juga tidak murah. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu, ya!